Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Pencegahan Penyakit Myasis Pada Anjing

penyakit myasis pada anjing

Duniahobiku.com - Penyakit Myasis pada anjing biasanya terjadi akibat infeksi larva lalat pada bagian luka yang terbuka. Luka ini akan menimbulkan kondisi yang lebih parah dengan timbulnya banyak belatung di bagian dalam luka. Bila tidak segera diobati, biasanya luka akan semakin mudah menyebar di sekitar bagian kulit lainnya. Bahkan, pada beberapa kasus besar, penyakit seperti ini akan menyebabkan kematian. Tentu saja kondisi seperti ini tidak harus terjadi pada anjing kesayangan anda dengan melalui perawatan dan pencegahan yang benar. Anda juga bisa melakukan konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

Apa itu penyakit myasis (miasis)?

Kata Myasis berasal dari bahasa Yunani, myia yang berarti lalat. Penyakit myasis adalah infestasi larva lalat (belatung) dari ordo diptera yang memakan jaringan kulit hewan maupun manusia dan ini biasanya terjadi pada luka yang terbuka bahkan jika serangan penyakit sudah semakin parah kita bisa melihat larva tersebut pada daerah yang terluka dan jika dibiarkan maka akan semakin melebar bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditangani karena bisa infeksi dan  menyerang organ vital.

Belatung penyakit myasis
Belatung penyakit myasis

Indonesia menyebut penyakit ini dengan nama belatungan, baulat, koreng ataupun borok (sinonim) sedangkan di India menyebutnya dengan peenash atau scholechiasis. Penyakit ini tidak hanya dapat menyerang hewan tetapi juga manusia dan khusus pada manusia penyakit ini umumnya menyerang golongan sosial ekonomi rendah yang hidup dilingkungan yang buruk dan kotor.

Penyebab penyakit Myasis pada Anjing

Salah satu faktor yang menjadi penyebab penyakit myasis pada anjing adalah luka terbuka pada bagian kulit yang tidak segera ditangani secara cepat. Luka ini bisa terjadi karena berkelahi, tersayat benda tajam, gigitan serangga (caplak), atau bisa juga saat melakukan pencukuran bulu hewan.

Biasamya luka ini akan mudah untuk dihinggapi lalat. Lalat akan mudah melakukan penyebaran bakteri hingga telur belatung di bagian luka. Hal ini yang harus menjadi perhatian khusus dengan mengobati luka dengan benar dan cepat. Bahkan, beberapa dokter juga menyarankan untuk menutup bagian luka dengan tambahan kapas yang cukup tipis untuk menghindari lalat hinggap.

Pencegahan penyakit Myasis pada anjing yang disarankan

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan perawatan yang sangat sederhana. Namun, penerapan seperti ini juga harus disesuaikan dengan kondisi luka. Bila masih tergolong kondisi luka ringan, anda bisa melakukan pencegahan dengan cukup mudah. Namun, sebaiknya anda membawa ke klinik hewan bila kondisi luka cukup parah.

Berikut ini beberapa tips pencegahan penyakit Myasis pada anjing yang bisa membantu anda, seperti:

1.      Melakukan perawatan bulu anjing

Hal pertama yang bisa anda lakukan biasanya dengan menerapkan perawatan pada seluruh bagian bulu anjing secara berkala. Anda bisa memandikan anjing dengan menggunakan sampo khusus atau dengan menjaga kualitas bulu. Gunakan sisir untuk menghindari bulu anjing yang menggumpal. Kondisi seperti ini bisa memicu luka pada bagian kulit anjing akan mudah terserang bakteri atau dikerubungi lalat.

2.      Perhatikan kondisi atau perilaku anjing setiap hari

Anda harus memperhatikan perilaku anjing setiap hari. Bila anjing terlihat lebih lemas atau selalu murung biasanya kondisi dari fisik anjing mulai menurun. Hal ini bisa disebabkan luka yang cukup sakit dirasa oleh anjing. Nafsu makan yang berkurang juga bisa menjadi penyebabnya. Bahkan jika bagian kaki anjing terkena penyakit ini dan dibiarkan tanpa penanganan dapat membuat kaki anjing berlubang.

3.      Gunakan antiseptik

Bila terdapat luka di bagian kulit terluar anjing, sebaiknya gunakan antiseptik untuk membersihkan bakteri yang menempel. Anda bisa menggunakan kapas bersih untuk mengoleskan antiseptik di bagian luka. Lakukan secara perlahan untuk menghindari rasa sakit berlebihan pada anjing.

4.      Jaga kebersihan di lingkungan sekitar

Hal ini adalah faktor penting yang bisa mendukung pencegahan penyakit Myasis pada anjing. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan di sekitar lingkungan anjing. Anda bisa memulainya dengan membersihkan kandang secara berkala. Buang semua kotoran disekitar kandang yang memungkinkan lalat hidup dan berkembang.

5.      Cara Membunuh belatung pada luka anjing

Anda bisa menggunakan beberapa obat anti belatung seperti gunavex, campuan minyak tanah, alkohol, kapur barus maupun tembakau. Produk tersebut ada yang disemprotkan pada bagian luka maupun dioles.

Semoga 5 Cara Pencegahan Penyakit Myasis pada Anjing dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang cara mencegah berbagai penyakit pada anjing kesayangan anda.