Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

 Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui

Duniahobiku.com - Sudahkah anda mengetahui manfaat dari brotowali untuk kesehatan tubuh? Indonesia memang terkenal dengan jenis beragam tanaman tanaman obat didalamnya. Salah satunya adalah tanaman brotowali. Jenis tanaman ini banyak di temui d Indonesia dengan bentuk yang merambat dan memiliki rasa yang sangat pahit.

Tanaman Brotowali

Tinospora crispa adalah nama latin dari tanaman brotowali yang sering digunakan sebagai tanaman obat atau herbal. Meskipun rasanya sangat pahit tetapi demi kesembuhan banyak orang yang mencarinya sebagai obat herbal.

Tanaman ini biasa ditemukan di hutan atau pun ditanam dipagar rumah dan sering di jadikan sebagai obat. Tanaman ini  tumbuh subur didaerah tropis. Tanaman ini bisa merambat pada ketinggian pohon sekitar 2.5 meter dengan batang yang berukuran sebesar jari kelingking. Daun brotowali memiliki lebar 5 - 10 cm dan berbunga kecil dan warna hijau muda berbentuk tanda semu. Batang brotowali memiliki rasa yang pahit. Jika anda ingin memperbanyak tanaman brotowali bisa menggunakan cara stek batang.

Tanaman Brotowali

Tanaman Brotowali

Menurut bahasa sunda brotowali ini dikenal dengan nama “patrawali” dengan rasanya yang pahit banyak digunakan untuk menyapih balita yang sudah berusia 2 tahun agar berhenti mengkonsumsi ASI.

Tanaman ini memiliki kandungan kimia yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kandungan alami yang terdapat didalamnya seperti : alkaloid, resin lembut, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretein, harsha, berberin, palmatin, columbine, dan kokulin.

Brotowali mengandung zat pahit seperti pikroretin dan alkaloid yang terbukti bagus dalam membunuh bakteri jahat dalam saluran pencernaan termasuk cacing. Dengan kandungan alami yang dimilikinya menjadikan brotowali sangat cocok untuk menekan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi, terutama pada luka, bekas luka atau memar. Selanjutnya brotowali ini memiliki sifat analgesik sehingga dapat digunakan sebagai obat nyeri otot, demam, antipiretik serta melancarkan aliran meridian.

Dijaman yang serba modern dan seba canggih ini anda tidak perlu sulit untuk mendapatkannya. Tidak hanya langsung berupa batangnya namun saat ini brotowali juga telah banyak ditemui yang sudah melalui pemrosesan sehingga memudahkan anda untuk mendapatkan dan mengkonsumsinya dalam bentuk jamu tradisional maupun modern.

Adapun bahan yang sering di gunakan untuk obat yakni bagian batang dan daunnya saja. Kedua bagian tersebut akan menghasilkan rasa pahit. Dari semua bahan alami yang ada dalam brotowali dapat disimpulkan terdapat beberapa jenis manfaat yang bisa dimiliki dari jenis tanaman ini.

Batang dan Daun Brotowali
Batang dan Daun Brotowali

Berikut inilah beberapa manfaat brotowali untuk kesehatan tubuh yang bisa anda peroleh dari Brotowali diantaranya :

Penambah Nafsu Makan

Anda sering mengalami gangguan nafsu makan? Hal ini tentunya bisa terjadi karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi seperti adanya suatu penyakit, depresi, perubahan mood dan sebagainya. Saat nafsu makan turun atau bahkan hilang maka tubuh akan kehilangan energi dan akan mengakibatkan mendapatkan penyakit yang serius dan terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Untuk mengatasi hal tersebut anda cukup mengambil tindakan untuk mengkonsumsi vitamin penambah nafsu makan atau dengan ramuan alami dengan menggunakan air rebusan tanaman brotowali sebagai solusinya.

Membantu Menyembuhkan Luka

Brotowali mengandung alkaloid dan columbina yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri pada luka. Penggunaan brotowali dalam penyembuhan luka adalah dengan menumbuk daun brotowali dan menempelkannya ke bagian yang terkena luka.

Menyembuhkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit merupakan salah satu gangguan kulit yang pastinya akan mengganggu penampilan kita. Selain itu, penyakit kulit sebagian ada yang bersifat menular. Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan terjadi cukup dengan mengkonsumsi ramuan dengan menggunakan bahan utama brotowali sebagai solusinya.

Mengobati Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang jika di biarkan akan bisa menyebabkan kematian. Hal tersebut terbukti jika kelainan metabolik pada tubuh akan menyebabkan kematian. Hal tersebut terjadi karena adanaya obesitas, kurang berolahraga, kehamilan, pola makan yang tidak sehat dan faktor keturunan. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan daun brotowali sebagai solusinya. Cukup dengan mengkonsumsi air rebusan brotowali, daun sambiloto dan daun kumis kucing 2 kali sehari.

Menurunkan Demam

Kandungan antipiretik dan analgesik yang terdapat dalm brotowali mampu membantu menurunkan demam. Cukup dnegan mengkonsumsi air rebusan brotowali dan jika tidak ingin pahit bisa di campur dengan madu.

Menyembuhkan Penyakit kuning

Penyakit kuning atau dikenal dengan hepatitis merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya warna kuning pada kulit serta kelenjar ludah yang terjadi akibat tinginya bilirubin pada tubuh.

Penyembuhan Rematik

Rematik merupakan suatu penyakit yang ditandai dengan adanya peradangan sendi yang disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tuuh pada saat melawan virus, bakteri dan jamur pada tubuh. Gangguan ini sering terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut.

Semoga artikel Manfaat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Ketahui dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang kekayaan tanaman herbal yang berada di sekitar kita.