Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Tomat dan Cabai Yang Perlu Anda Ketahui

Buah Tomat dan Cabai

Duniahobiku.com  -  Manfaat buah tomat dan cabai mungkin banyak yang belum diketahui padahal keduanya sering dijumpai dalam berbagai masakan. Siapa yang tidak mengenal buah tomat dan cabai ?  Bagi para pencinta kuliner dan ibu rumah tangga yang gemar memasak pasti tidak asing dengan kedua buah yang sering ada pada berbagai jenis masakan. Tapi tahukah anda bahwa ternyata kedua buah ini memiliki manfaat yang tidak kalah hebat dengan rasanya. Ingin tahu manfaat kedua buah ini ? simak terus artikel ini dan temukan manfaatnya buat kesehatan anda.

Buah tomat kaya akan vitamin C. Biasanya buah ini banyak dijadikan jus tomat. Rasanya yang segar sangat cocok jika diminum pada siang hari.Buah yang satu ini memang sangat merakyat. Harganya yang murah mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Buah tomat banyak dijual dipasar-pasar, harganya pun sangat bervariasi dan bisa dibilang murah meriah. Dewasa ini perkembangan cara menanam tomat pun sangat beragam. Yang terbaru yaitu budidaya tomat organik. Budidaya tomat organik yaitu pemeliharaan tomat tanpa menggunakan bahan kimia.

Tentunya cara budidaya ini memerlukan biaya yang lebih besar daripada budidaya pada umumnya. Tingkat kesehatannya pun jauh lebih tinggi daripada tomat biasa, karena budidaya tomat organik tidak memakai bahan kimia dan pasti jauh lebih sehat. Namun harga tomat organik lebih mahal jika dibandingkan tomat biasa. Itu terjadi karena budidaya tomat organik memerlukan perlakuan khusus.

Buah tomat termasuk buah yang paling sering kita jumpai. Berapa kali kalian mengkonsumsi buah tomat? Tahukah kalian jika buah tomat meiliki banyak manfaat? Apa sajakah manfaat buah tomat? Berikut ulasannya :

1.Mengandung vitamin C

Buah tomat banyak mengandung vitamin C. Kita semua tahu bahwa vitamin C sangat berguna untuk tubuh kita. Vitamin C berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin memakan buah tomat, tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang selalu ada disekeliling kita. Saat anda merasa daya tahan tubuh anda menurun dan flu mulai menyerang, segelas jus tomat dapat menjadi solusi melawan flu.

2.Menjaga kesehatan kulit.

Dengan memakan buah tomat secara rutin, niscaya kulit kita akan tetap bersih dan sehat. Para wanita wajib makan buah ini, jika kalian ingin memelihara kesehatan kulit

3.Melancarkan sistem pencernaan

Tomat memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga sangat berguna bagi sistem pencernaan kita. Jadi, jika anda menginginkan pencernaan yang sehat, mulailah mengkonsumsi buah tomat mulai sekarang. Karena jika sistem pencernaan kita tidak lancar, maka siklus tubuh kita juga akan terganggu.

4.Memperkuat tulang dan gigi

Tomat juga kaya akan vitamin K. Vitamin K berguna untuk kesehatan tulang dan gigi. Jadi tak ada salahnya kita mulai mengkonsumsi tomat mulai sekarang. Dengan menjaga kesehatan tulang mulai dini, maka kita telah menabung untuk kesehatan di masa tua.

5.Mencegah penyakit diabetes

Buah tomat mampu menyeimbangkan kadar gula dalam darah kita, sehingga kemungkinan terkena penyakit diabetes bisa sedikit berkurang. Apalagi jaman sekarang, dimana penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu hendaknya kita menjaga kesehatan tubuh dari sekarang.

Selain dapat dimakan langsung, tomat juga bisa dibuat jus. Tertarik membuat jus tomat? Ikuti caranya berikut ini :

Bahan-bahan :

Tomat segar

Madu

Lemon

Es batu

Cara Pembuatan :

Cuci bersih tomat dengan air, kemudian potong kecil-kecil.

Setelah dipotong, blender tomat hingga halus. Lalu tuang dalam gelas.

Tambahkan sedikit madu dan perasan lemon.

Terakhir tambahkan es batu. Nah jus tomat pun siap di minum.

Selain buah tomat, cabai juga memiliki manfaat yang tak kalah dengan tomat. Salah satunya yaitu cabai dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh kita. Warna merah cerah pada cabai menunjukkan adanya beta karoten yang tinggi. Hanya dengan 2 sendok teh cabai merah, kebutuhan vitamin C telah tercukupi sekitar 6%.

Selain  itu cabai juga mengandung 10% lebih vitamin A yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan juga sistem pencernaan kita.

Dibalik rasanya yang pedas, cabai menyimpan banyak manfaat yang diperlukan tubuh kita.

Semoga artikel  Manfaat Buah Tomat dan Cabai Yang Perlu Anda Ketahui dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang berbagai khasiat dari buah yang sering anda jumpai.