Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hobi yang dapat menambah kecerdasan

 5 Hobi yang dapat menambah kecerdasan

Duniahobiku.com – Apa betul ada hobi yang dapat menambah kecerdasan ? Seperti yang kita tahu, otak itu seperti otot, untuk menjadikannya lebih cerdas, maka yang diperlukan adalah berlatih beban, tentu saja bebannya adalah beban intelektual dan rutin dilakukan. Penelitian menunjukan bahwa latihan rutin terhadap otak dapat meningkatkan kecerdasan, setiap ada rangsangan baru ke otak atau ketika belajar sesuatu yang baru, otak akan mengalami perkembangan. 

Teka teki silang dan sudoku adalah salah satu cara yang briliant untuk mempertajam kecerdasan serta mengasah kemampuan otak anda untuk lebih berkembang. Tapi teka teki silang dan sudoku bukanlah hobi yang akan kita bahas. 5 hobi berikut termasuk yang dapat menambah kecerdasan.

Olahraga

Berolahraga ternyata terbukti dapat memicu peningkatan kecerdasan kita, bahkan dengan berkeringat tidak hanya menambah kemampuan fisik, namun juga mempengaruhi ingatan jangka panjang serta object recognition memmory yaitu kemampuan dalam mengingat bentuk dan nama objek yang telah dilihat sebelumnya, jadi lain kali pertimbangkan untuk tetap pergi ke tempat gym. Namun olahraga yang dapat meningkatkan kecerdasan tidak harus olahraga yang berat, olahraga ringan sekedar lari, yoga atau apapun itu juga mempengaruhi kemampuan otak, jadi lakukan yang kamu suka.

Memainkan Alat Musik

Bermain alat musik bagi sebagian orang hanyalah untuk kepuasan saja, tapi ternyata bermain alat musik, tidak hanya untuk mendatangkan kepuasan. Kemampuan memainkan alat musik ternyata dapat meningkatkan ketrampilan kognitif dan prestasi akdemik dengan keunggulan pada pengembangan bidang tertentu.

Tak peduli kemampuan bermain tersebut ada karena bakat atau dengan bantuan seorang guru. intinya semua orang dapat belajar bagaimana cara memainkan sebuah alat musik. Jika memungkinkan mulailah pada umur yang lebih muda untuk mendapatkan hasil maksimal dari hobi bermusik anda.

Anak yang mampu memainkan alat musik, menunjukan peningkatan kemampuan dalam kefasihan berbahasa dan kecepatan dalam memproses informasi.

Bermain Video Games

Video game selama ini memang sering dipandang jelek, tapi tidak selamanya video game itu merusak, beberapa dari video game yang beredar sangat berguna dalam melatih otak

Beberapa manfaat yang didapatkan dari bermain video games adalah mengembangkan kemampuan kerja memori otak, kememampuan tersebut disebabkan adanya sistem yang bertanggung jawab dalam memegang informasi baru dan yang telah disimpan.

Bermain game ternyata juga dapat meningkatkan kemampuan navigasi dan kemampuan gerak. Bermain video game selama 30 menit sehari dapa meningkatkan kemampuan otak secara signifikan.

Belajar Bahasa Baru

Belajar bahasa tidak hanya berguna untuk mempermudah kita ketika melakukan traveling, belajar bahasa baru ternyata dapat membantu penuaan otak serta memberkan efek positif pada kemampuan pengenalan dikemudian hari. Kemampuan berbicara bermacam bahasa meningkatkan fungsi otak tertentu yang berpengaruh terhadap kemampuan mental untuk bekerja lebih baik lagi.

Mampu berbicara menggunakan dua bahasa juga berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan teka teki, perencanaan serta manajemen, hal ini disebabkan adanya peningkatan kemampuan otak dalam pembagian tugas dan mempunyai kejelian yang lebih dibanding yang hanya mampu satu bahasa saja.

Membaca

Mempunyai hobi membaca sudah diketahui orang awam sebagai suplemen kepintaran. Kebiasaan membaca mampu meningkatkan jumlah pembendaharaan kosa kata kita, selain itu kebiasaan rutin membaca juga meningkatan konektivitas di kortex otak bagian kiri kita, area sama yang juga berhubungan ketika menangani kemampuan berbahasa.

Pengalaman membaca juga menyebabkan proses semantik, yaitu sebuah proses yang mencerminkan konektivitas yang terjadi ketika dalam kondisi yang sebenarnya, misal, membaca cerita tentang mengemudi dapat memicu hubungan syaraf yang sama dengan syaraf  yang terpicu ketika kondisi benar benar mengemudi.

Itulah 5 hobi yang dapat meningkatkan kemampuan otak. semoga bermanfaat !! Jadi tidak selamanya hobi itu hanya untuk senang-senang dan mengeluarkan biaya.