Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Tanaman Suplir Populer Yang Ada Di Indonesia

 

jenis tanaman suplir

Duniahobiku.com - Berapa banyak jenis tanaman suplir yang anda ketahui sering ditanam sebagai tanaman hias? Tanaman Suplir adalah jenis tanaman paku yang banyak ditanam sebagai dekorasi, baik dekorasi dalam ruangan ataupun luar ruangan dan sering juga digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik tampilan teras atau halaman rumah agar terkesan lebih natural. Sekilas tanaman ini sulit dibedakan antara jenis yang satu dengan lainnya, bentuknya yang hampir mirip membuat para pemula yang baru mengenal tanaman ini akan sulit mengidentifikasinya. Untuk mengetahui lebih jelas tentang tanaman suplir  silahkan simak penjelasannya pada artikel dibawah ini.

Tanaman ini termasuk dalam spesies Adiantum. Nama lain dari Tanaman Suplir yaitu chevelure dalam bahasa Perancis, yang di artikan “seluruh rambut dikepala” dan diperkenalkan di Indonesia oleh bangsa Belanda.

Diperkirakan ada sekitar 230 lebih jenis tanaman suplir yang telah diidentifikasi oleh para peneliti yang tersebar diseluruh dunia. Spesies suplir terbanyak bisa ditemukan dipegunungan Andes. Tanaman ini hidup didaerah dengan kelembapan tinggi, namun dari banyaknya spesies yang ada tidak semuanya menjadi tanaman hias yang populer, khusus di Indonesia kita bisa menemukan beberapa jenis tanaman suplir yang sering ditanam oleh para penggemar tanaman suplir  antara lain :

1.      Paku Suplir

Paku Suplir ialah spesies dari tanaman pakis dari genus adiantum, tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan tersebar diseluruh penjuru dunia, tanaman ini sering ditanam sebagai penghias halaman atau sebagai tambahan dekorasi di dalam rumah. Tanaman ini bisa memperbanyak diri dengan spora pada sisi bawah daun ataupun secara vegetatif melalui stek rimpang, tapi sebaiknya stek rimpang dilakukan pada tanaman yang telah dewasa.


paku suplir
Gambar Paku Suplir

2.           Suplir Kelor (Adiantum Raddianum)

Suplir kelor ialah jenis tanaman suplir yang cukup populer dikalangan banyak orang sebagai penhias meja atau taman. Nama dari tanaman suplir kelor ini di ambil dari bentuk daunnya yang berukuran kecil dan berkumpul seperti daun kelor. Seperti umumnya tanaman suplir yang tidak terlalu tahan terhadap sinar matahari langsung sebaiknya tanaman ini diletakkan dibawah naungan seperti pohon buah atau menggunakan paranet.

suplir kelor
Gambar Suplir Kelor

3.           Suplir Lima Jari (Adiantum Petadum)

Pakis lima jari termasuk dalam keluarga spesies suplir yang berasal dari hutan hujan di Amerika Utara. Tanaman pakis ini biasanya tumbuh setinggi 1,5 hingga 2 cm, dan paling banyak ditemukan dihutan yang memiliki iklim teduh dan lembab. Daunnya memiliki tekstur yang halus serta berbentuk seperti jari, bergerigi serta tangkainya melengkung dan terbagi menjadi 2 bagian, warna dari batang tanaman ini berwarna coklat kemerahan, dan biasanya juga berwarna hitam.

suplir lima jari
Gambar Suplir Lima Jari

4.           Suplir Himalaya (Adiantum Venustum)

Suplir Himalaya ialah jenis tanaman suplir yang daunnya tunggal dengan tangkai yang berwarna hitam mengkilap dan biasanya pula daunnya terbagi dan berbentuk seperti kipas. Tanaman ini sangat menyukai media tanam yang gembur dan mengandung banyak unsur hara serta bahan organik seperti kompos. tanaman ini tidak dapat tumbuh di tanah yang memiliki banyak pasir dan tanah liat.

suplir himalaya
Gambar Suplir Himalaya

5.           Pakis Maidenhair (Adiantum Aleuticum)

Pakis maidenhari dengan nama latin Adiantum Aleuticum adalah spesies dari Genus Adiantum. Tanaman ini mempunyai daun setinggi 15-110 cm daunnya berbentuk seperti kipas dengan warna hijau muda. Sedangkan batang dari tanaman ini berwarna coklat, tanaman ini biasanya tumbuh pada celah-celah batu. Jika anda memelihara tanaman ini jangan lupa untuk selalu menyiramnya, tanaman suplir yang mengalami kekeringan akan terlihat kurang menarik karena selain daun akan mengering juga tampak menggulung.

pakis maidenhair
Gambar Pakis Maidenhair

6.           Suplir Mawar (Adiantum Hispidulum)

Adiantum Hispidulum biasanya dikenal dengan pakis meidenhair dengan daunnya yang masing-masing panjangnya 14 cm dan melengkung, setiap daun dari tanaman ini berasal dari batang tengah tanaman, tanaman suplir mawar berasal dari hutan hujan dan banyak ditemui di negara yang beriklim tropis. Saat anda menanam tanaman ini dirumah usahakan agar lingkungan tinggalnya dibuat seperti kondisi asalnya agar tanaman tumbuh subur. Taruh tanaman ini dibawah rerimbunan pohon dan tanaman hias lainnya.

suplir mawar
Gambar Suplir Mawar

7.           Adiantum Peruvianum

Adiantum Peruvianum ialah tanaman pakis dalam genus Adiantum. Tanaman ini memiliki ciri batang yang rata serta berwarna hitam, tanaman ini sering digunakan sebagai dekorasi rumah yang cocok diletakkan di dekat jendela serta fungsi lain dari tanaman ini dapat juga digunakan sebagai obat. Beberapa herbalis kadang menggunakan daun suplir untuk mengatasi gangguan ginjal dan penyakit yang berhubungan dengan saluran kencing.

adiantum peruvianum
Gambar Adiantum Peruvianum

8.           Adiantum philippense

Adiantum philippense adalah jenis tanaman suplir yang sangat banyak dijumpai di daerah tropis terkhususnya kawasan Asia. Tumbuhan ini tidak memiliki cabang, serta tumbuh menjalar. Tumbuhan ini sangat banyak ditemukan di dataran tinggi, tempat yang lembab, serta tepi sungai.

adiantum philippense
Gambar Adiantum Philippense

9.           Suplir Kedondong (Adiantum trapeziforme)

Suplir kedondong dengan nama latin Adiantum Trapeziforme termasuk dalam keluarga tanaman paku, tanaman ini mempunyai daun yang berbentuk seperti daun dari tanaman Kedondong. Tanaman ini masuk ke Indonesia di bawa oleh pedagang tanaman hias pada era Belanda. Ciri khas dari tanaman suplir kedondong ini yaitu ukurannya yang besar dengan panjang yang bisa mencapai 1,5 meter.

suplir kedondong
Gambar Suplir Kedondong

10.      Adiantum Reniforme

Adiantum Reniforme ialah spesies tanaman pakis dengan ciri memiliki daun yang bulat serta batang tanaman yang ramping, tanaman ini banyak ditemukan tumbuh secara liar dihutan, dicelah batu, tanaman ini juga dapat tumbuh di celah-celah dinding.

adiantum reniforme
Gambar Adiantum Reniforme

Semoga artikel 10 Jenis Tanaman Suplir Populer Yang Ada Di Indonesia ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan pembaca yang ingin menanam suplir sebagai tanaman hias.