Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Ikan Laut Berkuah Sederhana Paling Lezat

 Resep Masakan Ikan Laut Berkuah Sederhana Paling Lezat

Duniahobiku.com - Jika anda bukan pecinta daging ayam, anda bisa mengkonsumsi ikan laut sebagai makanan untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh anda. Ya, ikan laut memberikan protein yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk anda yang bosan dengan daging sapi, misalnya. Mengolah ikan laut pun bisa dengan berbagai cara. Salah satu menu yang sangat lezat dan banyak disukai adalah resep masakan ikan laut berkuah.

Mengapa resep masakan ikan laut berkuah sangat banyak penggemarnya? Bahkan, hampir semua kalangan mencintai resep yang satu ini. Cita rasanya yang sangat segar, dan membuat siapapun rela makan nasi dalam jumlah yang banyak. Beberapa juga tidak peduli dengan berat badannya yang membengkak, atau program dietnya hanya karena melihat makanan ikan laut berkuah. Cita rasanya yang segar adalah karena tambahan asam atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya.

Memang, memasak ikan laut menjadi menu masakan berkuah bukanlah masalah yang mudah. Bau amis pada ikan laut bisa menjadi kendala bagi para ibu, sehingga mereka cenderung malas memasaknya. Sebab, pada akhirnya mereka harus membersihkan kompor dan area dapur karena bau amis dimana-mana. Padahal, hanya dengan menambahkan perasan jeruk nipis saja anda sudah bisa menghilangkan baunya.

Nah, anda sudah siap menyimak resep masakan ikan laut berkuah yang paling sederhana dan benar-benar lezat? Anda bisa mencoba resep berikut ini. Resep ini tergolong tidak ribet karena anda bisa menggunakan ikan apapun sebagai bahan utamanya sesuai selera. Namun, lebih disarankan untuk menggunakan ikan patin..

Bahan-bahan resep ikan laut berkuah:

Ikan apa saja sesuai selera, 1 kg

Belimbing wuluh diiris besar-besar, 10 buah

Air, 1 liter

Minyak goreng untuk menumis, 4 sdm.

Tomat dipotong kotak-kotak, 1 buah

Bumbu halus resep ikan laut berkuah:

Bawang putih, 3 siung

Cabe merah, 5 buah

Jahe, 2 cm

Kunyit, 1 ruas

Garam, 1 sdm.

Merica, ½ sdt.

Kemiri yang sudah disangrai, 3 butir

Serai yang dimemarkan, 1 batang

Daun jeruk yang sudah dibuang tulangnya, 2 lembar

Cara membuat resep ikan laut berkuah:

Cuci dan bersihkan ikan. Masukkan 1 liter air untuk direbus bersama ikan yang sudah siap.

Haluskan semua bumbu.

Tunggu ikan benar-benar empuk dan panaskan minyak di wajan yang akan digunakan untuk menumis bumbu. Tumis bumbu sampai benar-benar harum.

Angkat wajan, ambil tumis bumbu yang sudah matang. Kemudian, masukkan tumis bumbu pada rebusan ikan.

Tambahkan belimbing wuluh kedalam rebusan. Tunggu sampai ikan benar-benar empuk.

Masukkan irisan tomat saat ikan hampir matang.

Nah, gampang kan?

Anda bisa mencoba resep ini dengan menambahkan cabe utuh didalam kuah ikan jika anda ingin menambah cita rasa pedas didalamnya. Agar rasa pedasnya lebih terasa, anda bisa menghaluskan cabai tersebut di piring, dan siramkan kuah, serta tambahkan nasi hangat.

Resep ini bisa juga dicoba untuk anda yang masih belajar masak. Ikan apa saja yang ingin anda masak, anda bisa mencoba menggunakan resep masakan ikan laut berkuah santan ini. Anda bisa menyantapnya bersama keluarga dalam momen apapun, baik saat momen berkumpul atau momen akhir pekan. Cita rasanya yang lezat tentu akan membuat seluruh keluarga tidak ragu untuk makan dalam porsi banyak, selamat mencoba!