Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bengkak Karena Disengat Lebah

 

Cara Menghilangkan Bengkak Karena Disengat Lebah

Duniahobiku.com – Pernah disengat lebah? Saya harap anda tidak mengalaminya. Selain terjadi pembengkakan pada kulit rasa nyut-nyut juga terasa pada area kulit yang bengkak dan itu bisa membuat anda kesakitan dan merasa tidak nyaman bahkan bisa menyebabkan demam bahkan pada kasus tertentu sengatan lebah bisa mengakibatkan kematian dan hal ini terjadi pada orang yang memiliki riwayat alergi parah terhadap sengatan lebah. Bagaimana cara agar tidak bengkak jika disengat lebah? Simak apa yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama saat disengat lebah dan sengatan lebah tidak terlalu bengkak.

Secara naluri lebah akan menyengat jika merasa terancam atau terganggu, apakah disengaja ataupun tidak disengaja anda berada pada area sarang lebah. Lebah menggunakan ekornya sebagai sengat yang runcing seperti jarum, sehingga saat disengat pun terasa seperti saat disuntik. Lebah akan mengalami kematian setelah menyengat korbannya karena sengat dan kantung lebah akan tertinggal dilapisan kulit korbannya.

Lebah akan menyerang dan agresif ketika melihat gerakan refleks di sekitar stup atau sarang lebah, maka jika anda disengat dan lari maka akan semakin banyak lebah menyengat, karena obyek yang bergerak cepat akan menjadi sasaran utamanya

Selama sengat menancap pada kulit, sengat tersebut akan menyuntikkan racun, melalui ujung jarum sengat dan sengat terlepas bersama kantung racun dari lebah, racun lebah akan masuk pada pembuluh darah yang mengakibatkan terjadi alergi dan bengkak.

Sengatan Lebah
Sengatan Lebah

Sengat berserta kantung racun tetap aktif walaupun lebah sudah mati. Sengat lebah akan aktif selama 3 jam setelah terlepas dari pantat lebah, jika semakin cepat sengat di ambil maka resiko alergi bengkak akan semakin ringan. Masa bengkak biasanya berlangsung selama 3 hari, dan akan semakin mengecil.

Pertolongan Pertama Disengat Lebah

Apa yang harus dilakukan jika digigit lebah? Anda bisa menggunakan es batu yang dibalut pada kain atau tissue lalu letakkan pada area yang terkena sengatan lebah. Rasa dingin bisa membantu mengurangi nyeri dan bengkak akibat sengatan lebah.

Setelah itu keluarkan sengat lebah yang tertinggal dengan menggunakan pinset untuk mencabutnya dari permukaan kulit lalu oleskan lidah buaya pada area yang terkena sengatan lebah sebagai obat alami yang bisa mengurangi pembengkakan kulit. Anda juga bisa menggunakan krim hidrokartison atau obat anthitasmin sebagai penghilang gatal dan iritasi kulit. Jika merasa demam akibat tersengat lebah terutama pada anak-anak anda bisa meminum obat yang mengandung ibuprofen untuk menghilangkan rasa nyeri dan demam.

Cara Mengeluarkan Sengatan Lebah
Cara Mengeluarkan Sengatan Lebah

Terapi Sengat Lebah

Tidak selamanya sengatan lebah dianggap berbahaya. Beberapa terapis menggunakan lebah sebagai alat terapi dengan menyuntikkan “jarum lebah” ke titik-titik tertentu untuk mengobati berbagai penyakit. Bahkan para peternak lebah biasanya memiliki kekebalan terhadap sengatan lebah dan efeknya tidak berbahaya seperti orang orang yang belum pernah tersengat lebah.

Jika anda belum atau jarang disengat lebah maka alergi pada kulit akan menimbulkan bengkak yang besar menonjol, akan tetapi jika terlalu sering disengat, lebih dari 50 sengatan, maka tubuh anda akan lebih kebal, dan tidak bengkak lagi, hanya bentol kecil.

Apakah Para Peternak Lebah Tidak Pernah Tersengat Lebah?

Peternak lebah yang tiap harinya berada dilingkungan lebah pastinya pernah tersengat lebah tetapi efeknya tidak sekeras orang biasa. Meskipun sering disengat tetapi anehnya semakin lama sengatan itu seperti tidak berfungsi dan hanya bengkak kecil itupun hanya beberapa jam dan hilang dengan sendirinya, alergi akan terus berkurang pada sengatan ke 3 dan seterusnya’

Pengasapan Pada Koloni Lebah

Pengasapan ketika membuka stup akan membuat lebah menjadi lebih jinak, karena lebah juga berkomunikasi dengan aroma, ketika aroma asap membaur pada lebah lebah, maka komunikasi antar mereka terganggu, dan mereka akan kehilangan komunikasi dengan yang lainnya, ketika lebah terganggu komunikasinya maka lebah tidak seagresif saat tidak diasapi dan itu bisa memudahkan para peternak lebah tradisional memanen lebah alam.

Pengasapan Lebah alam
Pengasapan Lebah Alam

Lebah dan Tawon Berbeda?

Lebah dan tawon memiliki perbedaan, walaupun dimasyarakat kadang disebut dengan nama yang sama. Padahal dari bentuk fisik saja terdapat perbedaan yang mencolok. Lebah adalah penghasil madu sedangkan tawon tidak menghasilkan madu.  Sengatan tawon jauh lebih berbahaya dibanding lebah, karena tawon racunnya lebih keras dan rasa sakit yang ditimbulkan lebih lama. sengatan tawon akan terasa sakit selama 18 jam bahkan rasa sakit ini disertai demam dan akan mulai mereda dalam 5 jam kedepan. Sedangkan bengkak pada sengatan tawon bisa mencapai 4 hari.

Lebah vs Tawon
Lebah vs Tawon

Semoga artikel cara agar tidak bengkak bila di sengat lebah dapat bermanfaat buat anda dalam mengatasi sengatan lebah. Walaupun manfaat madu sangat luar biasa tetapi anda harus berhati-hati terhadap sengat yang terdapat diekor lebah.