Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Aduan Yang Benar

 Cara Mengawinkan Ikan Cupang Aduan Yang Benar

Duniahobiku.com - Cara mengawinkan ikan cupang aduan yang benar memang gampang-gampang susah. Bagi yang sudah berpengalaman mungkin akan mengatakan bahwa mengawinkan cupang tergolong mudah, sebab sudah mengerti beberapa faktor yang harus dipahami sebelum memulai dan tahu apa yang harus dilakukan setelahnya. Nah, jika anda ingin mengembangkan ikan cupang aduan, tentu dibutuhkan pengetahuan, komitmen, dan juga kesabaran dalam prosesnya.

Anda harus tahu apa alasan anda untuk melakukan budidayanya, sebab dalam sekali bertelur, ikan cupang betina bisa menghasilkan hingga 300 – 600 ekor anak cupang. Anda pun bisa mengurusi paling tidak 50% anak ikan cupang setelah proses mengawinkan sukses.

Cara Mengawinkan Ikan Cupang Agar Berhasil

Usaha bisnis yang baik adalah ketika anda mampu mengawinkan ikan cupang dan kemudian memasoknya ke toko hewan peliharaan. Selain perlu investasi dan keuangan, anda harus belajar banyak, tidak langsung untung, dan baru bisa menghasilkan setelah beberapa kali kegagalan. Berikut langkah-langkah utuk mengawinkan ikan cupang agar berhasil.

Lakukan seleksi Induk

Beli sepasang ikan cupang dengan usia kurang dari 12 bulan. Dua ikan cupang tersebut harus memiliki ukuran tubuh yang hampir sama, tidak ada cacat, warna cerah, dan sisik tidak boleh ada yang hilang. Insang kedua calon indukan harus baik, tidak ada yang bengkak dan beli di tempat yang terpercaya.

Cari jenis ikan cupang Aduan

Terdapat 10 kelompok spesies ikan cupang yang ada dengan jumlah jenis mencapai 42 dan memiliki metode kopulasi yang tidak sama. Biasanya spendens, coccina, dan bellica memilii ciri membuat sarang gelembung guna perkembangan telur. Sedangkan moutbrooders seperti green throat mouthbrooders atau forest betta cenderung menelan telur dan meletakkan di leher untuk mendukung perkembangannya.

jenis ikan cupang Aduan 

Siapkan wadah

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan sebagai cara megawinkan ikan cupang aduan adalah menyiapkan wadah. Wadah yang harus disiapkan adalah yang mampu memuat hingga 10 galon. Wadah juga harus dilengkapi dengan pemisah yang mudah dilepas, disertai dengan tempat persembunyian dan dilengkapi dnegan pemanas yang bisa diatur pada suhu ruang, yaitu 26 derajat celcius. Hindari menambahkan kerikil dan juga pasir. Hal ini disebabkan telur malah bisa hilang ketika jatuh.

Tahap perkenalan Induk

Ikan cupang betina dan ikan cupang jantan tidak langsung ditaruh dalam satu wadah. Sebab, mereka yang tidak saling kenal malah bisa saling menyerang, kalau tidak ya satunya stress karena malah dikejar-kejar oleh yang agresif. Bahkan bisa mengakibatkan kematian salah satunya. Untuk itu, anda harus meletakkan ikan di bagian sisi yang berlawanan pada wadah supaya mereka saling melihat terlebih dahulu. Jika mereka sudah terbiasa saling melihat, dan tidak menunjukkan sisi agresivitas masing-masing, anda patut senang. Hal ini menjadi pertanda bahwa mereka sudah tertarik satu sama lain.

Perhatikan perilaku kedua indukan

Ikan cupang jantan jika tertarik pada si betina biasanya akan berenang, kemudian memamerkan siripnya ke cupang betina. Sedangkan pada ikan cupang betina biasanya akan menunjukkan garis vertikal di tubuhnya, dan dengan kepala yang menuduk. Jika anda melihat sedikit agresivitas pada bagian ini, tidak akan jadi masalah. Tetapi, jika mereka saling menyerang, maka anda harus memisahkan mereka kembali, dan beri waktu agar mereka bisa saling melihat terlebih dahulu. Alternatif lainnya adalah dengan menggganti pasangan lain.

Perhatikan perilaku kedua indukan

Tahap perkawinan Ikan Cupang Aduan

Sarang gelembung akan dibuat oleh cupang jantan, sebagai pertanda bahwa ia sudah siap kawin. Sedangkan pada cupang betina menunjukkan adanya perilaku patuh, perut kembung dan tidak agresif. Anda bisa mencampurkan keduanya. Biasanya si jantan akan mulai mengejar-ngejar si betina. Selama tidak ada luka, maka tidak masalah.

Tahap perkawinan Ikan Cupang Aduan

Di bawah sarang gelembung, cupang jantan akan mengambil telur yang jatuh, menaruhnya satu per satu di sarang. Biasanya cupang betina akan ikut membantu, tapi anda harus mengawasinya. Jika cupang betina malah memakan telur-telurnya, maka anda harus memindahkan ikan ini terlebih dahulu. Gunakan Maroxy, produk untuk menyembuhkan sirip cupang jika ada yang terluka.

Itulah informasi tentang bagaimana cara mengawinkan ikan cupang aduan yang benar agar berhasil, semoga bermanfaat!