Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Buah Sirsak Yang Mudah

 Cara Menanam Buah Sirsak Yang Mudah

Duniahobiku.com  -  Cara mudah menanam buah sirsak yang bisa anda terapkan dihalaman rumah. Ada banyak sekali tanaman buah di Indonesia yang sering ditanam oleh masyarakat salah satunya adalah buah sirsak, buah sirsak memiliki rasa yang enak juga mempunyai khasiat yang sangat berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu banyak masyarakat yang tertarik  menanam buah sirsak dihalaman rumah, selain untuk disantap buahnya juga untuk pengobatan herbal.

Hampir seluruh bagian tanaman sirsak bisa dimanfaatkan, mulai dari buahnya, kulitnya, bijinya bahkan daunnya bisa digunakan sebagai pestisida alami. Masing-masing bagian dari tanaman buah sirsak tersebut mengandung karbohidrat dan juga kandungan nutrisi lainnya. Karena berbagai kelebihan itulah buah sirsak banyak diminati untuk ditanam di halaman rumah.

Buah sirsak yang dalam nama Jawa dikenal dengan nangka landa ini masih masuk dalam family Annonaceae. Buah sirsak ini dapat tumbuh disembarang tempat, tapi tumbuh subur ditempat yang mengandung banyak air. Asal mula dari nama sirsak sendiri berasal dari nama Belanda yaitu Zuurzak yang artinya kantung yang asam.

Buah sirsak banyak sekali mengandung vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, harga buahnya pun lumayan tinggi dan dipasaran memiliki nilai ekonomi yang baik. Untuk menanam buah sirsak sebenarnya cukup mudah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa tipsnya.

Beberapa Tips menanam tanaman buah sirsak

Sebelum anda melakukan menanam tanaman sirsak, anda perlu tahu beberapa fakta yang menarik mengenai buah sirsak. Karena buah ini merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Mengkomsumsi daging buah sirsak sebanyak 300 gram sudah dapat memenuhi kebutuhan manusia akan vitamin C dalam sehari.

Pertama, jika anda ingin memmenanamkan buah sirsak, anda harus memilih bibit atau benih sirsak. Anda bisa menanam buah ini dengan cara menyemai bibit sirsak sendiri. Atau anda juga bisa mencangkok tanaman sirsak yang lain. Sehingga menanam tanaman sirsak pun tidak memerlukan banyak waktu. Tapi, jika melakukan cara pencangkokan maka umur tanaman sirsak cangkokan akan sama dengan induknya yaitu umur dari tanaman sirsak yang dicangkok. Ini merupakan cara yang efektif jika anda berbisnis pembibitan tanaman sirsak ataupun ingin memperoleh pohon sirsak yang berbuah lebih cepat dibandingkan menyemai dari biji.

Jika menyemai bibit sendiri ada kemungkinan bahwa umur tanaman sirsak akan jauh lebih lama. Itulah perbedaan antara teknik mencangkok dengan menyemai bibit atau benih sirsak sendiri.

Kedua, Jika sudah dipilih antara cara cangkok atau membuat benih sendiri, maka yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah lahan tempat menanam. Pilih tempat yang potensial untuk menanam sirsak ini. Pastikan tempat yang teduh dan banyak air, maka pohon sirsak akan tumbuh dengan maksimal. Sediakan lahan kira kira 6 x 4 meter. Dan perhatikan jarak antara pohon sirsak satu dengan lainnya. Jangan terlalu dekat karena akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman sirsak dan juga jangan terlalu jauh, karena akan boros lahan.

Ketiga, Lakukan perawatan pohon sirsak. Jauhkan pohon sirsak dari hama dan gulma. Karena jika lingkungan sekitar banyak ditumbuhi  gulma maka akan menghambat pertumbuhan tanaman sirsak itu sendiri. Walaupun sejatinya, tanaman sirsak ini lebih bandel terhadap gulma dan  hama. Walaupun tidak dilakukan perawatan yang intens pun tanaman sirsak tetap akan bisa tumbuh dan berbuah. Walaupun bisa tumbuh tanpa dipupuk tapi pemupukan akan memberikan hasil yang lebih maksimal karena pupuk berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman, panen lebih cepat, hasil buah berukuran besar dengan tampilan menarik. Bukankah itu yang selalu diidamkan oleh penggemar tanaman buah.

Keempat, Lakukan pemanenan yang benar. Biasanya buah sirsak yang sudah matang akan tercium bau dari buah sirsak yang menyengat.  Lindungi buah sirsak dari hama seperti ulat dan kelelawar dengan cara membungkus / menutupnya dengan bahan-bahan tertentu yang banyak dijual di toko pertanian sehingga buah sirsak aman dari “pengganggu buah”.

Semoga artikel Cara Menanam Buah Sirsak Yang Mudah dapat bermanfaat dan memberi informasi yang anda butuhkan. Selamat Mencoba!