Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biasakan Teratur Memberi Makanan Kucing Agar Terhindar dari Obesitas

 Biasakan Teratur Memberi Makanan Kucing Agar Terhindar dari Obesitas

Duniahobiku.com - Terkadang karena ingin kucing kita menjadi kucing gemuk dan lucu kita memberinya porsi makan yang berlebihan akibatnya kucing menjadi obesitas. Apalagi untuk kucing persia, tentu akan menggemaskan jika terlihat gemuk.  tetapi menurut dokter hewan memberi makan kucing secara teratur merupakan solusi terbaik dalam merawat kucing hal ini bertujuan untuk menghindari obesitas.

Karena itu, biasakan memberi makan yang teratur untuk kucing kita. Selain untuk menghindari obesitas, makan yang terlalu banyak bisa membuat kucing mencret atau bosan yang akhirnya menghilangkan selera makan karena kekenyangan. Takaran makan yang berlebihan bisa berdampak kepada produktifitas kucing. Biasanya kucing yang terlalu banyak makan, masa birahi nya akan menurun. Dikarenakan badan kucing yang tidak ideal untuik melakukan perkawinan.

Takaran yang tepat untuk memberi makan kucing

Kucing dewasa

Jika anda tidak memiliki kegiatan diluar rumah, berikan makanan sehari 3 kali misalnya pagi hari, siang hari, dan malam hari. Dan bila anda memiliki kegiatan diluar rumah anda bisa memberikan sehari 2 kali seperti pagi hari dan sore hari. Tetapi penakaran makanan ini dilakukan untuk kucing dewasa yang telah terbiasa makan teratur, jumlah takaran yang di berikan pada kucing dewasa tergantung pada berat badan, umumnya setiap hari kucing makan hanya sekitar 2% dari berat badannya. Contohnya, berat kucing anda sekitar 5 kg jadi makanan yang di perlukan adalah sekitar 2 % x 5 kg yaitu 100 gram per hari di bagi menjadi 2 kali dalam sehari atau 3 kali dalam sehari. Perhatikan makanan untuk kucing dewasa. Karena, dengan berat badan 5 kg  akan membutuhkan energi makanan sekitar 300 kalori. Jadi usahakan anda memperhatikan jumlah kalori pada makanan dan kebutuhan kalorinya dalam satu hari, lalu bagikan dengan frekuensi 2 atau 3 kali sehari.

Kitten

Berbeda dengan pemberian makan untuk kucing dewasa. Pemberian makan pada kitten jauh lebih mudah. Seorang Dokter Hewan menganjurkan, untuk pemberian makan pada kucing anakan/kitten sebaiknya dilakukan dengan cara standby makanan. Maksudnya adalah, jika anda memiliki kitten sebaiknya pemberian makanya tidak perlu ditakar. Karena kitten membutuhkan asupan nutrisi lebih tinggi dari pada kucing dewasa. Karena kucing pada masa kitten (umur <4bulan) sampai masa Junior ( umur 4 bulan – 10bulan ) akan memasuki masa pertumbuhan terbaik.

Setiap makanan kucing habis, sebaiknya langsung di isi kembali. Kecuali, anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus kucing. Anda bisa menyimpan makanan dengan jumlah banyak dengan perkiraan waktu selama anda berada di luar rumah. Bertujuan agar kitten selalu mendapatkan asupan nutrisi dalam masa pertumbuhan. Seiring berjalanya umur, maka kebutuhan nutrisi pun akan menurun. Nah, saat kitten beranjak dewasa sebaiknya pemberian makannya dengan metode takar. Kucing berumur 9 bulan, akan memasuki umur dewasa, dan akan memasuki Masa Produktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas.Pemberian makan secara teratur bertujuan agar badan kucing selalu ideal, dan untuk mendapatkan siklus perkembang biakan yang terbaik.

Semoga artikel Biasakan Teratur Memberi Makanan Kucing Agar Terhindar dari Obesitas dapat bermanfaat dan memberikan informasi tentang bagaimaca cara yang baik dalam pemberian pakan kucing.