Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Akik dari Batu Giok Aceh dan Jenis Batu Giok Aceh

Batu Akik dari Batu Giok Aceh dan Jenis Batu Giok Aceh

Duniahobiku.com – Beberapa waktu yang lalu kita dihebohkan dengan penemuan batu giok Aceh yang memiliki ukuran luar biasa besar, bahkan aparat harus turun tangan ke lapangan untuk memantau penemuan tersebut.  Ada banyak jenis-jenis batu giok Aceh yang dapat dijadikan batu akik yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Dimana batu tersebut masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Artikel dibawah akan mengupas berbagai jenis batu akik yang ada di Aceh yang mungkin salah satunya sudah anda miliki.

Mungkin nama batu giok Aceh memang tidak setenar sekarang dan hanya beberapa orang yang mengetahuinya. Namanya semakin tenar saja sejak awal tahun 2015, saat pencinta batu akik semakin diminati oleh berbagai kalangan atau lapisan masyarakat Indonesia khususnya di Aceh. Jika dulunya batu akik ini hanya dikenal oleh para pencita batu akik atau komunitas batu akik saja tapi keadaannya berbeda dengan sekarang.

Mungkin dahulu batu akik hanya dipandang sebelah mata dan hanya orang-orang tertentu yang memakainya tetapi kini para remaja atau kaum muda pun mengenakannya. Entahlah apa karena ikut-ikutan tren atau hanya sekedar bisnis, karena tidak dapat dipungkiri bisnis batu akik telah menjalar keberbagai lapisan masyarakat untuk meraih keuntungan yang cepat dan berlimpah pastinya.

Salah satu batu akik yang ramai digandrungi yaitu jenis batu akik giok Aceh. Batu giok Aceh memang memiliki ragam dan jenis yang berbeda-beda pastinya. Contoh batu giok Aceh idocrase dan giok solar yang termasuk kedalam batu giok paling popular. Tapi ternyata masih banyak jenis dari batu giok Aceh lhooo. Penasaran? Jenis batu giok apa saja yang ada di Aceh? Berikut beberapa jenis batu akik Aceh yang telah dirangkum oleh duniahobiku.com:

Batu Giok Lumut (Idocarase)

Batu giok ini merupakan salah satu jenis batu giok yang paling fenomenal karena memenangkan kompetisi batu akik yang telah diadakan beberapa tahun yang lalu di Jakarta. Batu giok jenis ini memiliki warna hijau muda dan transparan serta terdapat bercak hijau terdapat didalamnya, hal ini menandakan bahwa batu ini adalah batu giok asli.

Batu Giok Lumut

Batu Giok Solar

Batu jenis ini memiliki 2 dua macam yaitu batu giok solar dan batu giok bio solar Aceh. Kenapa dinamakan solar karena warna dari batu ini mirip dengan minyak solar (cokelat muda transparan). Batu giok jenis ini terjual dengan harga yang waahhh mencapai 2,5 milyard dengan berat 2,5 kg.

Batu Giok Solar

Batu Giok Nenas

Batu giok ini memiliki warna putih serta memiliki serat yang terdapat didalam batu tersebut yang menyerupai daging buah nanas atau nenas.

Batu Giok Nenas

Batu Giok Anggur

Karena warna yang menyerupai daging buah anggur serta memiliki warna yang mirip dengan daging buahnya maka batu ini dinamakan batu giok anggur.

Batu Giok Anggur

Batu Giok Loreng

Batu giok yang memiliki corak loreng ternyata sangat jarang untuk ditemukan serta  termasuk kedalam batu giok super.

Batu Giok Loreng

Batu Giok Salju

Tentu dapat ditebak dari namanya, warna batu ini mirip salju yaitu putih, pada bagian dalamnya terdapat bintik putih seperti layaknya butiran salju.

Batu Giok Salju

Batu Giok Hitam (Black Jade)

Memiliki warna hitam pekat serta mempunyai serat khas batu giok.

Batu Giok Hitam (Black Jade)

Batu Giok Neprhite

Batu yang jenis nephrite ini merupakan jenis batu giok yang memiliki warna hijau dan batu ini termasuk yang sering banyak ditemukan di Aceh dan di China.

Batu Giok Neprhite

Batu Giok Nephrite Pucuk Pisang

Batu giok nephrite memang masih termasuk kedalam jenis batu giok niprite yang membedakannya hanyalah warnanya yang agak hijau muda. Walaupun harga batu giok ini cukup terjangkau, tetapi batu ini tetap indah dan elok dipandang. Terlebih jika batu ini sudah diasah menjadi batu cincin, gelang dan aksesoris lainnya.

Batu Giok Nephrite Pucuk Pisang

Dari ke sembilan batu Aceh diatas tidak menutup kemungkinan masih ada lagi jenis batu giok Aceh yang lainya yang belum ditemukan dan keberadaanya masih tersembunyi di alam.

Semoga artikel Batu Akik dari Batu Giok Aceh dan Jenis Batu Giok Aceh dapat memberi manfaat dan menambah wawasan anda tentang berbagai jenis batu permata yang di Indonesia khususnya Aceh.