Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Persiapan sebelum Melakukan Budidaya Kambing

7 Persiapan sebelum Melakukan Budidaya Kambing

Duniahobiku.com -  Persiapan apa yang mesti diketahui sebelum melakukan budidaya kambing ?  tentunya kita harus mengenal pola kehidupan dan tingkah laku kambing sehari-hari. Tujuannya agar ketika melakukan budidaya kambing, kita tidak bingung dan sudah siap untuk melakukan perawatan rutin pada kambing. Terkadang ketidaksiapan dan kekurangtahuan kita akan berdampak buruk pada kondisi kambing dan bisa berujung kematian. Dalam artikel ini akan dibahas tujuh pola kehidupan dan tingkah laku kambing yang perlu kita ketahui sebelum melakukan budidaya kambing.

1. Kambing merupakan hewan yang dekat dengan lingkungannya, cerdas, dan mandiri. Hewan ini bisa merasakan bosan dan kesepian jika sedang sendiri. Oleh karena itu jika berencana untuk melakukan budidaya kambing, diusahakan minimal kita mulai dengan dua ekor kambing. Lebih bagus lagi jika bisa memelihara beberapa pasang kambing agar bisa dikawinkan.

2. Kambing itu suka mendaki, melompat, merangkak, dan berjalan di atas apa pun yang mereka inginkan. Mereka lebih suka memilih tempat sesuai dengan keinginannya.

3. Kambing tidak menyukai lingkungan basah dan biasanya dia akan pergi jika ada genangan air. Kita perlu menyiapkan tempat yang kering dan rerumputan agar mereka merasa nyaman.

4. Memerah susu kambing harus dilakukan secara rutin. Biasanya kambing merasa tidak nyaman atau marah ketika ada perbedaan dari cara pemerahan atau orang yang melakukan pemerahan berganti-ganti. Diusahakan pemerahan dilakukakan secara konsisten dan dengan orang yang sama.

5. Kambing adalah hewan yang menyukai makanan yang bersih. Mereka tidak suka makanan yang sudah terkontaminasi bakteri atau yang sudah jelek. Porsi makan kambing pun cukup banyak, jadi kita harus mempersiapkan anggaran yang cukup untuk menyediakan pakan dalam budidaya kambing. Pakan kambing cukup mudah diperoleh karena hewan ini mudah beradaptasi dengan jenis pakan yang tersedia.

6. Susu kambing perlu diperah setidaknya sekali sehari. Jangan meninggalkan mereka berpergian, karena mereka akan kaget bila pemerahan tidak dilakukan secara rutin.

7. Ada beberapa jenis penyakit yang sering menyerang kambing seperti kembung,  cacingan, diare, dan penyakit kulit.. Oleh karenanya pengawasan dan perawatannya harus dijaga sebaik mungkin. Lakukan vaksinansi dan pengobatan yang tepat jika terindikasi suatu penyakit agar tidak menyebar ke kambing lain.

Itulah 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum kita melakukan budidaya kambing. Persiapan yang matang tentunya akan membantu memudahkan kita saat mulai menjalankan budidaya kambing di tempat kita. Semoga bermanfaat.