Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

 5 Manfaat Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan dan Cara Pengolahannya

Duniahobiku.com - Apa saja manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan? Dan bagaimana cara pengolahan ramuan daun  kumis kucing sehingga bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit?  Tanaman kumis kucing  banyak tumbuh dan mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Tumbuhan ini sebenarnya tumbuhan liar yang sering ditemukan di semak belukar. Tetapi sejak banyak orang yang mengetahui manfaatnya yang beragam tanaman ini banyak ditanam para penggemar tanaman herbal. 

Berikut manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan :

Manfaat daun kumis kucing

Daun dari kumis kucing  memiliki  kandungan kalium yang sangat tinggi bukan cuma itu teryata ada lagi glikosida orthosiponin yang sangat bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat dan oksalat dari dalam tubuh kita.

Kumis kucing itu sendiri dapat anda manfaatkan untuk penyembuhan yang berkaitan dengan organ dalam seperti penyakit kandung kemih.

Selain itu juga dapat anda gunakan sebagai pembersih empedu, ginjal, rematik, menjaga tekanan darah dan diabetes militus.

Ramuan Daun Kumis Kucing Untuk Kencing Batu

Inilah beberapa ramuan yang dapat membuat anda sembuh dari penyakit kencing batu yaitu siapkan daun kumis kucing rebus dengan air 2 gelas dan rebus sampai hanya tersisa 1 gelas saja dan minumlah ramuan ini sebelum tidur.

Ramuan Kumis Kucing Untuk Memperlancar Buang Air Kecil

Ramuan untuk memperlancar air seni yaitu siapkan 30 gram kumis kucing kemudian akar alang-alang, meniran dan kemudian cuci sampai bersih rebus sampai airnya hanya tersisah 1½ gelas saja. Ramuan ini dapat anda minum sebanyak 3 kali sehari.

Ramuan Kumis Kucing Untuk Batu Ginjal

Bagi anda yang mengalami masalah batu ginjal juga dapat menggunakan cara siapkan kumis kucing sebanyak 3 gengam kemudian daun keji beling 5 lembar dan cuci sampai bersih kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas sampai mendidih kemudian minum sebanyak 2 kali sehari.

Ramuan Kumis Kucing Untuk Diabetes

Manfaat lain dari kumis kucing juga dapat anda gunakan pada penyakit diabetes dengan cara petik sekitar 15 lembar daun kumis kucing kemudian cuci bersih rebus dengan 2 gelas air kemudian angkat ketika rebusan tersebut hanya tersisa 1 gelas saja. Minum sebanyak 1 kali sehari.

Ramuan Kumis Kucing Untuk Mengatasi Keputihan

Kumis kucing juga bermanfaat bagi anda yang mengalami masalah keputihan dengan cara rebus daun kumis kucing kemudian siapkan daun beluntas dan siapkan 1 sendok teh jintan kemudian 10 biji kemukus dan rebuslah sampai mendidih kemudian minum sebanyak 1 kali dalam sehari.

Semoga artikel tentang Manfaat kumis kucing, dan cara mengolah ramuannya untuk mengobati berbagai penyakit dapat bermanfaat dan menjadikan tubuh kita sehat kembali dapat bermanfaat. Sebaiknya anda mengkonsumsi kumis kucing secara teratur agar memperoleh hasil yang memuaskan.