Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Praktis Mengatasi Mobil Mogok Di Jalan Yang Benar

 tips mengatasi mobil mogok dijalan

Duniahobiku.com – Peristiwa yang paling tidak kita hendaki saat melakukan suatu perjalanan yaitu mobil tiba-tiba mogok ditengah jalan. Mobil tidak akan mogok bila kita melakukan perawatan mesin mobil dengan teratur dan benar. Tetapi siapa yang bisa menebak nasib seseorang, di mana peristiwa mobil mogok terjadi secara tiba-tiba dan hal ini bisa menerpa siapapun tanpa melihat waktu dan keadaan.

Penyebab Mobil Mogok

Pada intinya, ada 3 komponen yang menggerakkan mesin hingga mobil dapat hidup atau menyala, yakni pemasok daya, pengapian, dan supply (penyuplai) bahan bakar.

Bila satu diantara ke-3 komponen itu ada yang tidak jalan dengan baik maka sudah bisa dipastikan mobil juga akan mogok atau susah menyala.

Sudah pasti, kita tidak mau masalah mobil mogok terjadi pada mobil kita. Peristiwa mobil mogok terkadang terjadi karena banyaknya faktor, tentu ada saatnya (bila sekali lagi apes) kita mesti mengalami hal demikian.

Untuk seorang yang mengerti seluk beluk mesin, mobil mogok di perjalanan mungkin saja bukanlah hal yang menakutkan dan membuat cemas. Namun hal tersebut berlainan bila peristiwa itu menerpa orang yang minim sekali pengetahuan tentang mesin mobil.

Sebelum kita membahas tentang Tips Praktis Mengatasi Mobil Mogok Di Jalan Yang Benar, kita harus mengetahui dahulu penyebab mobil mogok di jalan. Berikut ini penyebab mobil mogok di jalan raya, diantaranya :

1.          Kelistrikan

Salah satu yang sering terjadi pada mobil mogok adalah mobil tidak dapat distarter meskipun anda mencobanya berulang kali. Hal ini ditandai dengan bunyi mesin yang tidak sempurna, hal ini mungkin disebabkan masalah kelistrikan.

Bila mobil anda tidak dapat distarter karena problem kelistrikan, umumnya masih tetap dapat dinyalakan dengan cara didorong. Tetapi perlu diingat kalau tidak semuanya mobil dapat dinyalakan dengan didorong.

Untuk problem kelistrikan, anda dapat memeriksanya pada bagian-bagian sebagai berikut:

Aki

Aki atau Accu yaitu sumber paling utama kelistrikan, waktu terjadi persoalan kelistrikan, bagian paling utama yang perlu anda curigai yaitu bagian aki. Penyebabnya aki tidak berfungsi maksimal karena usia aki yang telah berumur dan tidak menyimpan arus listrik.

Kabel Sekring Utama

Sesudah anda mengecek aki tetapi kemampuannya normal, anda perlu mengecek kabel sekring yang utama. Biasanya kabel sekring paling utama ada di dekat aki di bagian positif. Bila kabel putus, maka  kabel mesti ditukar dan diperbaiki.

Socket Dan Kunci Kontak

Sesudah anda mengecek aki dan kabel sekring, tetapi tidak temukan kerusakannya, anda perlu mengecek bagian socket dan kunci kontak. Ini dapat menjadi biang paling utama mobil tidak dapat distarter. Socket yang kendor dapat menjadi penyebab mobil tidak dapat distarter.

Bila anda menstarter mobil anda dan tak ada bunyi dari dinamo starter maka besar kemungkinan ada masalah pada socket dan kunci kontak. Anda dapat memperbaikinya dengan mengencangkan dan meyakinkan socket dan kunci kontak dalam kondisi yang tepat dan benar.

Persoalan pada mobil tidak cuma terjadi pada kelistrikannya saja, namun juga di bagian yang lain. Pengetahuan anda tentang tiap-tiap bagian mobil dapat menolong anda menangani setiap persoalan dimobil anda. Berikut ini merupakan penyebab mobil tidak dapat menyala.

2.          Rusaknya Mesin

Bila kelistrikan pada mobil anda normal, starter juga normal, tetapi tidak dapat dinyalakan.kemungkinan lain terjadi pada mesin mobil anda. Rusaknya komponen mesin  mengakibatkan mobil tidak dapat menyala yang dapat terjadi pada bagian-bagian mesin mobil. Berikut ini beberapa diantaranya, yaitu:

Platina Mobil

Pada mobil yang masih tetap memakai platina, rusaknya platina dapat mengakibatkan mobil tidak dapat dinyalakan.

Karburator

Mobil yang belum memakai teknologi injeksi, paling rawan terjadi persoalan di bagian karburator. Karburator yang bermasalah mengakibatkan mesin mobil tidak dapat dinyalakan.

Nah setelah kita mengetahui penyebab dari mobil mogok maka, pada kesempatan ini kami juga akan memberi tips mengatasi mobil mogok di jalan.

Cara Memperbaiki Mobil Mogok

Saat mobil mogok ditengah jalan ada hal-hal yang perlu anda lakukan sebelum mencari tahu penyebab mobil mogok :

Amankan tempat kendaraan anda.

Bila mobil anda mogok ditengah jalan, pertama kalinya yang perlu anda lakukan yaitu mendorong mobil anda ketepi jalan supaya anda bisa leluasa mengecek keadaan kendaraan anda. Mintalah bantuan warga sekitar jika anda anda ditempat keramaian atau meminta bantuan warga yang melintas.

Cek Bagian Pemasok Daya

Komponen pemasok daya adalah komponen yang diperlukan untuk menghidupkan mesin kendaraan.

Aki menjadi sumber daya pertama untuk menghidupkan mesin mobil. Aki mobil memiliki tegangan 12 volt . Tegangan listrik dari aki akan di salurkan ke busi untuk pengapian oleh distributor dan platina atau CDI.

Langkah menangani mobil mogok pada komponen ini cek sambungan di tutup kepala pada aki dan yakinkan sambungan tidak kendor atau tertutup karat.

Cek juga bagian kabel pada koil untuk meyakinkan kabel tidak dalam kondisi terlepas atau kendor. Bila aki anda alami tekor maka jalan keluarnya yaitu lakukan charge pada aki anda.

Cek pengapian

Bila anda percaya di bagian supply daya tidak mengalami masalah, anda bisa meneruskan kontrol pada komponen pengapian.

Cek komponen distributor, CDI atau platina, dan busi. Untuk penelusuran busi anda bisa mencabut setiap busi pada mesin kendaraan dan coba lakukan pembersihan.

Penyuplai Bahan Bakar

Periksa komponen untuk menyuplai bahan bakar seperti karburator (bila anda memakai mobil yang masih memakai karburator) dan pompa bensin. Masalah pada karburator dapat terjadi bila karburator kekurangan bensin.

Langkah mengatasinya buka filter udara dari karburator dan biarlah terbuka, lantas hidupkan mesin tanpa ada memijak pedal gas, bila belum juga hidup jadi injak pedal gas dalam-dalam lantas nyalakan mesin kembali.

Di bagian komponen pompa bensin lakukan kontrol dengan melepas selang bahan bakar lalu masukan ujung selang dalam botol dan starter mobil anda.

Jika bahan bakar tidak mengalir dengan baik atau tidak lancar itu dapat menjadi pertanda bahwa pompa bensin tidak bekerja dengan baik sehingga jalur distribusi bahan bakar tidak terjadi sehingga mobil anda sulit untuk dihidupkan. Jika anda telah memeriksa dengan seksama dan tidak menemukan penyebab mobil mogok sebaiknya telepon bengkel mobil untuk menderek mobil anda untuk diperiksa lebih lanjut dan mencari tahu penyebabnya. Mungkin saja ada bagian mesin yang bermasalah dan hanya dapat dikerjakan dibengkel dengan perlengkapan yang memadai.

Demikian panduan yang kami berikan mengenai tips praktis mengatasi mobil mogok di jalan yang benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua.