Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Pakan Kelinci Selain Rumput Dan Sayuran

 Pakan Kelinci

Duniahobiku.com – Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa hewan kelinci memakan sayuran dan rumput baik jenis kelinci hias maupun kelinci pedaging sebagai makanan alami kelinci akan tetapi, semakin majunya perkembangan teknologi maka banyak kita jumpai pakan alternatif kelinci selain rumput dan sayuran yang penyajiannya lebih simpel dan memiliki kandungan gizi dan vitamin yang lengkap.

Kelinci merupakan salah satu hewan tergolong mudah dan tidak rewel dalam tata cara pemberian pakan, jika ia tidak tertarik dengan pakan yang kita berikan, mungkin tidak akan di makannya, berbeda dengan kambing dan sapi, apabila pakan yang kita berikan tidak sesuai, maka akan ribut dan berteriak-teriak.

Sangat jauh berbeda dengan kelinci, salah satu jenis hewan piaraan paling mudah dalam tata cara pemberian pakan dan juga tergolong binatang rakus. Hampir bisa semua jenis rumput dan sayuran akan di embat habis. Inilah salah satu kelebihan kelinci jika kita bandingkan dengan jenis hewan piaraan lainnya.

Berikut beberapa jenis pakan kelinci yang bisa anda berikan baik untuk jenis kelinci hias maupun untuk kelinci pedaging selain pakan rumput dan sayuran adalah seperti berikut.

Pakan Biji-Bijian

Pakan berupa biji juga sangat bagus dan harus kita berikan pada kelinci.memang pakan jenis biji-bijian bukan pakan utama kelinci, hanya saja sebagai pakan tambahan yang memiliki banyak manfaat dan khasiatnya tidak terdapat pada jenis pakan lainnya.

Pakan berupa biji sangat tepat jika kita berikan pada indukan kelinci yang mulai bunting dan menyusui anaknya. Pakan ini mampu membuat air susu induk lebih banyak. Lancarnya air susu induk kelinci akan menjamin pertumbuhan anak kelinci yang baru lahir.  Pemberian pakan biji-bijian untuk makanan bayi kelinci umur 1 bulan maupun kelinci dewasa bisa kita haluskan terlebih dahulu, dengan cara di tumbuk atau digiling jika merasa terlalu besar dan kasar untuk anakan kelinci. Pakan biji yang telah dihaluskan akan lebih mudah dicerna oleh kelinci, apalagi jika masih kelinci anakan.

Pakan Jenis Konsentrat

Pakan konsentrat yang bisa kita berikan pada kelinci merupakan kombinasi dari berbagai bahan lain. Pakan jenis ini juga bukan  merupakan pakan utama, melainkan pakan tambahan saja yang bisa kita berikan 3-5 hari sekali dengan mencampurkan beberapa bahan yang mudah kita dapatkan.

Selain lebih simpel, pakan jenis ini juga lebih banyak kandungan gizi dan sangat tepat jika kita berikan pada jenis kelinci pedaging. Beberapa bahan untuk membuat pakan konsetrat antara lain bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang, ampas tahu, ampas tapioka, gaplek, dll yang intinya semua bahan kita jadikan satu dan kita berikan sedikit air hangat agar bahan mudah untuk di campur.

Pakan Jenis Pelet

Mungkin banyak yang bertanya pelet yang bagus untuk kelinci. Pakan pelet khusus untuk kelinci banyak di jual di toko unggas dan merupakan salah satu pakan paling mudah untuk di dapatkan. Selain itu, pakan pelet juga bisa kita buat sendiri.pakan ini juga sangat cocok jika kita berikan pada kelinci hias dan tidak akan mengotori kandang. Pakan ini sangat praktis untuk digunakan, tinggal menakar sesuai kebutuhan dan umur kelinci. Pelet yang biasa diberikan untuk ayam pun bisa menjadi alternatif dikala pelet khusus kelinci dirumah sedang habis dan anda belum sempat membelinya.

Beberapa jenis bahan yang bisa kita buat menjadi pelet antara lain ampas tahu, bekatul, biji-bijian, sayuran, jagung, dll yang mana pakan pelet adalah salah satu pakan yang memiliki kandungan lengkap sehingga dapat mendukung pertumbuhan kelinci baik kelinci anakan maupun kelinci dewasa.

pakan kelinci

Semoga artikel 3 Jenis Pakan Kelinci Selain Rumput Dan Sayuran dapat bermanfaat buat anda semua para pencinta kelinci, penggunaan 3 jenis pakan diatas juga memiliki keunggulan dimana daya tahannya lebih lama dibandingkan sayuran yang mudah layu.