Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Mancing Lobang Target Ikan Nila Dan Mujair

 Teknik Mancing Lobang

Duniahobiku.com -  Target ikan teknik mancing lobang adalah ikan nila dan mujair yang sudah dewasa, jadi kalau dapat sudah di pastikan ikan besar. Penasaran dengan teknik mancing lobang ikan nila dan mujair? Simak terus artikel ini dan temukan informasi menarik cara mancing lobang ikan nila dan mujair.

Ikan nila atau ikan mujair di saat mau kawin, nila dewasa akan membuat lobang dengan cara menggosokan tubuhnya kedasaran sungai/kolam,  lobang berbentuk bagus seperti penggorengan sifat dari nila yang mau bertelur bukannya mau memakan umpan kita tapi membersihkan apapun kotoran yang masuk kelobang sarang ikan tadi.

Di sinilah teknik mancing lobang di pakai, karena kita menggangu sarang ikan kalau kail kita sudah masuk lobang sarang nila dan memang lobang itu ada ikannya kemungkinan besar pasti di gondol tapi kalau terlambat sedikit sudah di pastikan ikan akan lepas.

Nila gak akan memakan umpan kita hanya di ambil lalu di keluarkan di luar lobang.

Setelah kita mengetahui sifat dari ikan nila dewasa yang siap bertelur, sekarang cara mancingnya supaya di gondol ikan.

Cara mancing lobang Ikan Nila dan Mujair

Joran 

Gunakan joran tegek yang agak kaku panjangnya, bebas di sesuaikan tempat mancing kalau di tambak yang agak luas pakai yang lebih panjang .begitu juga sebaliknya.

Kenur

pakailah kenur yang agak kaku karena teknik mancing lobang adalah teknik mancing rampok alias maksa ikan di angkat keluar.

Kail

pakai kail yang ukuran agak besar no 5-6  rangkai jadi satu seperti kail garong.

Umpan

Umpannya bukan cacing juga bukan lumut ataupun pelet kita hanya mengganggu ikan jadi pakai umpan bisa strerofom ,bisa kapas, bisa cotton bud atau apapun yang kelihatan mencolok masukan kedalam kail sedikit saja.

Pemberat

tujuanya bisa buat melempar yang jauh semaksimal mungkin  dari panjang kenur.

Pelampung

Pelampung adalah alat fital dari mancing teknik lobang ini karena kita mengetahui posisi lobang dengan cara melempar jauh ke depan terus tarik perlahan-lahan kalau tiba-tiba pelampung tenggelam ini berarti sudah menemukan posisi lobang ikan, terus kita berhenti menarik pelampung. Amati pelampungnya, tunggu semenit dua menit lalu amati pergerakan pelampung. Bila umpan di makan ikan, pelampung  biasanya hanya bergoyang saja, atau turun kedasar sungai.  Jika pelampung tiba-tiba tenggelam kedalam air tanda ikan sudah membawa umpan. Segera hentakkan joran  naik keatas.  Kalau strike bisa di ulangi sampai dua kali atau lebih pada lobang yang sama karena satu lobang biasanya terdapat dua ikan. Jika mendapat ikan lebih dari satu di lobang yang sama sebaiknya lobang ikan tadi di ingat-ingat tempatnya. Besok/kapan-kapan  kalau mau mancing lagi sudah tahu posisi lobang ikan karena lobang yang tidak ada penghuninya akan di tempati lagi oleh ikan yang lain.

Jika air sedang jernih biasanya lobang / sarang ikan nila atau mujair akan terlihat dari atas dan kita bisa melihat ikan bermain disekitar lobang. Anda bisa membuang umpan diarah sekitar lobang untuk menggoda ikan agar menyambar umpan.

Teknik ini hanya manjur di gunakan di sungai yang dangkal, kolam, dan tambak tapi kurang cocok buat mancing di waduk ataupun di danau.

Semoga artikel “Teknik Mancing Lobang Target Ikan Nila Dan Mujair” dapat bermanfaat buat anda yang hobi memancing. Kesabaran bermain dengan ikan dilobang dan mengangkatnya merupakan kepuasan tersendiri bagi para pemancing.