Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tanaman Herbal Apotik Hidup Beserta Manfaatnya

 Tanaman Herbal

Duniahobiku.com  - Di dunia ini ada banyak sekali jenis tanaman. Ada tanaman yang fungsinya hanya sebagai hiasan, sering disebut dengan tanaman hias, ada yang tanaman yang hanya diambil buahnya saja disebut tanaman buah, dan ada juga tanaman yang fungsinya untuk sebagai pengobatan disebut dengan tanaman obat atau tanaman herbal. Ada beberapa jenis tanaman herbal yang biasa digunakan masyarakat sebagai pengobatan. Ingin tahu apa saja jenis tanaman herbal tersebut? Simak terus artikel ini untuk menemukan jenis tanaman toga tersebut.

Tanaman Herbal / Tanaman Toga

Kalau anda hidup di pedesaan pasti sering melihat tanaman herbal ini. karena di pedesaan banyak yang melakukan budidaya tanaman obat atau herbal ini. Tanaman herbal ini dilingkungan pedesaan dikenal dengan empon empon atau apotik hidup terkadang juga disebut dengan tanaman toga. Ada banyak jenis tanaman toga yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit. Ada tanaman herbal untuk asam urat, tanaman herbal untuk asam lambung, dan ada juga tanaman herbal untuk kolestrol.

Beberapa Contoh tanaman herbal dan manfaatnya

1.          Belimbing Wuluh

Siapa sih yang tidak tahu buah belimbing ini? Ya, mungkin ada dari kita yang tidak tahu jenis belimbing satu ini. Belimbing wuluh adalah salah satu jenis belimbing tetapi ukurannya sangat kecil berbeda sekali dari belimbing yang lain. Belimbing wuluh sendiri biasa digunakan untuk bahan penyedap masakan dan tentunya digunakan juga untuk sebagai pengobatan.

Manfaat dari belimbing wuluh ini antara lain adalah dapat sebagai obat gondongan, obat sakit gigi, dapat menyembuhkan gusi yang berdarah, obat penghilang panu, obat sariawan, obat pegel linu dan juga bisa untuk mengobati rematik.

Belimbing Wuluh

2.          Daun Cingcau

Tanaman cingcau ini biasa digunakan untuk sebagai penyedap di minuman. Walaupun cingcau sendiri mempunyai rasa yang hambar, tetapi dapat menyedapkan rasa minuman. Nah, kalau daunnya gimana? Daun cingcau ini biasa digunakan untuk pengobatan.

Manfaat tanaman herbal daun cingcau adalah untuk mengobati kolesterol, mengobati sakit perut, demam, kanker, maag kronis, hipertensi, mengendurkan otot, antiradang, vertigo, mengobati tumor ganas. Daun cingcau juga merupakan tanaman herbal untuk ginjal agar lebih sehat.

Daun Cingcau

3.          Daun Dewa

Manfaat dari daun dewa adalah untuk menghentikan pendarahan, obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, anti radang, sebagai pembersih racun dalam tubuh, obat analgesic, untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, dan juga bisa mengobati kencing manis atau diabetes mellitus.

Daun Dewa

4.          TemuLawak

Temulawak merupakan salah satu rempah rempah yang asli dari Indonesia. Ya tanaman ini asli dari Indonesia, maka dari itu, banyak produk yang menjadikan temulawak sebagai bahan utama. Contohnya saja di Indonesia banyak produk obat masuk angin menggunakan temulawak untuk bahan utamanya.

Kandungan minyak atsiri dalam tanaman temulawak berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol, anti hepototoksik atau anti keracunan empedu, anti inflamasi atau anti radang, diuretic atau peluruh kencing, hepatoprotektor atau mencegah penyakit hati, menghilangkan nyeri sendi, dan laxative atau pencahar.

TemuLawak

5.          Sambiloto

Daun sambiloto ini merupakan tanaman herbal yang bagus dalam penurunan kadar gula darah. Karena sudah ada percobaan dari farmakologi yang menunjukkan bahwa hasil dari air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 mililiter per kilogram sebanding dengan suspense glibenclamid untuk menurunkan kadar gula darah.

Manfaat sambiloto antara lain memperlancar air seni, mencegah pembentukan radang, obat kencing manis, obat untuk menurunkan tekanan darah. Dan dapat juga menurunkan panas badan.

Sambiloto

6.          Kumis Kucing

Manfaatnya adalah untuk obat reumatik, encok, untuk menurunkan glukosa darah, obat batu ginjal, radang ginjal, obat masuk angin dan sembelit.

Kumis Kucing

7.          Daun Jarak

Tanaman herbal dan manfaatnya yang terakhir adalah daun jarak. Manfaatnya adalah untuk mengatasi bengkat akibat terpukul, rematik, dan juga obat terkilir, untuk obat koreng, luka berdarah, untuk mengatasi perut kembung pada anak-anak.

Daun Jarak

Semoga 7 Tanaman Herbal Apotik Hidup Beserta Manfaatnya dapat membuat anda dan keluarga semakin sehat dengan cara yang lebih alami dan ekonomis. Manfaat tanaman herbal jika dikomsumsi secara rutin tidak kalah dengan pengobatan secara kimiawi.