Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Hewan Purba Indonesia Yang Masih Bisa Kita Lihat

 Jenis Hewan Purba

Duniahobiku.com - Yang di maksud dengan hewan purba yaitu hewan yang sudah hidup sejak ratusan juta tahun yang lalu, dan hewan-hewan tersebut ada yang sudah punah ada pula yang masih hidup. Khusus di Indonesia beberapa jenis hewan purba tersebut masih bisa kita lihat hingga kini. Penasaran hewan apa sajakah itu? Simak terus artikel ini untuk menemukan informasi menarik.

Ada tujuh jenis hewan purba yang masih hidup di Indonesia dan hewan-hewan tersebut itu di habitatnya ada yang masih banyak dan ada pula yang sudah di kategorikan sebagai hewan langka, dan berikut 7 jenis-jenis hewan purba Indonesia yang masih bisa kita lihat hingga sekarang :

1. Komodo

Komodo adalah jenis hewan pemakan daging dan komodo ini sudah di temukan penyebarannya di Asia khususnya di Indonesia sejak 25 sampai 40 juta tahun yang lalu dan kini  komodo ini telah di nobatkan sebagai hewan purba warisan dunia yang masih ada, dan hewan ini bisa kita temukan di daerah NTT tepatnya di pulau komodo.

Komodo

2. Penyu belimbing

Penyu belimbing sudah hidup di alam ini sejak ratusan juta tahun yang lalu bahkan saat dinosaurus masih menghuni alam semesta ini, dan untuk menemukan hewan yang satu ini memang sudah sangat sulit karena sudah mulai langka dan hal itu di sebabkan karena penangkapan liar. Penyu Belimbing masih dapat ditemukan dibeberapa daerah di Indonesia seperti Sumatera Utara, Aceh, Jawa Timur dan Papua Barat.  Salah satu ciri khas dari penyu ini adalah bentuk karapaksnya yang mirip dengan buah belimbing sehingga dinamakan penyu belimbing.

Penyu belimbing

3. Ikan Coelacanth

Ikan yang telah hidup sejak 400 juta tahun yang lalu ini telah di vonis sebagai hewan purba yang telah punah dan belum pernah di temukan lagi, namun akhir-akhir ini ikan ini kembali muncul di permukaan air Indonesia. Ikan ini ditemukan diperairan Manado dan sempat menghebohkan para peneliti dibidang kelautan. Nelayan lokal di  Indonesia menyebut ikan ini dengan sebutan ikan Raja Laut.

Ikan Coelacanth

4. Ikan arwana

Ikan yang telah hidup sejak 220 juta tahun yang lalu ini kini masih banyak beredar di Indonesia, dan hal itu mungkin di sebabkan oleh banyak nya orang yang peduli sama ikan arwana ini, sehingga banyak orang yang sukses membudidayakan hewan yang satu ini. Ikan ini memiliki habitat asli di pulau Kalimantan dan Irian dan merupakan ikan hias dengan nilai ekonomis tinggi.

Ikan arwana

5. Belangkas

Belangkas telah hidup di alam semesta ini sejak 250 juta tahun yang lalu, yang mengherankan dari hewan ini yaitu hewan ini tidak pernah mengalami perubahan bentuk tubuh dari dulu hingga sekarang, ada pun penyebaran ikan ini yaitu di perairan Asia Tenggara, Amerika dan Indonesia.

Belangkas

6. Trenggiling

Di sebut trenggiling mungkin karena hewan ini akan menggelinding seperti bola jika dirinya merasa terganggu, dan hewan ini dapat kita temukan dari berbagai wilayah di Indonesia, salah satu ini yaitu di Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Jambi.

Trenggiling

7. Buaya Muara

Buaya muara ini adalah jenis buaya yang paling ganas dan paling berbahaya bila di bandingkan dengan jenis buaya-buaya lainnya, dan bukan hanya itu saja, buaya ini juga ukuran badan nya sangat besar sekali dan panjang dari buaya muara ini ada yang mencapai lebih dari 7 meter dan berat yang bisa mencapai 1 ton. Buaya muara masih bisa dijumpai diberbagai wilayah di Indonesia seperti pulau jawa, Kalimantan, iruan dan Sulawesi. bahkan di Jakarta khususnya di Taman wisata Alam Angke Kapuk terkadang masih bisa dijumpai buaya berukuran 2,5 hingga 3 meter.

Buaya Muara

Nah itulah 7 jenis hewan purba Indonesia yang masih bisa kita lihat hingga kini meskipun keberadaannya dialam semakin hari semakin menyusut.  semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda dan jangan lupa juga untuk menjaga hewan-hewan purba yang sudah langka yang ada di lingkungan anda jangan sampai punah demi anak cucu kita.