Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing Tegek Di Pantai Target Ikan Baronang

 Mancing Tegek Di Pantai Target Ikan Baronang

Duniahobiku.com – Mancing tegek merupakan cara mancing yang praktis dan tidak membutuhkan banyak biaya hanya menggunakan joran tegek atau pole rod dan tidak meggunakan penggulung.. Anda juga tidak memerlukan kapal untuk memancing cukup dipinggir pantai atau dermaga anda bisa berburu ikan baronang dan butana. Ingin tahu lebih banyak tentang mancing tegek? Ikuti terus artikel ini.

Ciri utama dari mancing tegek terletak pada mata kailnya. Mancing tegek umumnya menggunakan mata kail yang tersusun 6-8 mata kali yang disambung dengan solder sehingga bentuknya seperti jangkar bermata banyak. Para mancing mania menyebut teknik ini dengan sebutan mancing garong.

Lokasi Mancing Tegek

Mancing tegek dapat dilakukan dipantai tetapi lebih sering dilakukan didermaga. Selain itu lokasi mancing dengan target ikan baronang dan butana dapat dilakukan di dam pemecah ombak dan pantai yang relatif dalam dengan struktur dasar batu karang (bukan pasir atau lumpur).

Lokasi Mancing Tegek

Ikan Target dan Kebiasaan Hidupnya

Ikan yang menjadi target saat mancing tegek adalah ikan yang suka melakukan grazing yaitu menggerogoti lumut yang menempel pada bebatuan, beton dermaga atau batu karang di pinggir pantai. Walaupun merupakan pemakan tumbuhan ikan-ikan ini juga kadang tertarik memakan potongan udang kupas dan daging ikan.

Cara makan ikan dari suku Siganidae dan Acanthuridae tersebut membuat para pemancing membutuhkan mata kail khusus seperti kail garong dengan menggunakan umpan lumut dan nasi yang dilumatkan lalu diletakkan pada mata kail. Saat ikan-ikan ini mulai berebut memakan umpan maka akan terjadi kedutan diujung joran tegek. Pada saat itulah joran dihentakkan keatas sehingga mata kail garong dapat menancap dimulut, dagu atau bahkan dibadan ikan target.

Gambar Ikan Baronang dan Surgeon fish
Gambar Ikan Baronang dan Surgeon fish

Target utama mancing tegek adalah ikan baronang. Ikan ini memiliki banyak nama lokal seperti ikan baronang, tompel, samadar, madar, limasan, masadar, samar, dan marang. Orang bule memberinya nama rabbitfish karena bentuk mulut dan cara makannya yang menggerogoti layaknya seekor kelinci. Di Australia ikan ini juga dikenal dengan nama Happy Moment karena orang yang terkena duri ikan ini akan manari-nari akibat rasa sakit yang dideritanya, sepintas mirip dengan orang kegirangan. Ikan baronang memang meiliki duri sirip punggung dan dada yang beracun, yang bila tertusuk ke tangan akan terasa sangat menyakitkan. Umumnya rasa sakit itu akan hilang dengan sendirinya sekitar 15-30 menit kemudian. Agar sembuh lebih cepat rendam tangan yang terkena duri dengan air hangat.

Ada lebih dari 20 jenis ikan baronang didunia dan 17 diantaranya terdapat di Indonesia. Beberapa jenis ikan baronang dapat tumbuh hingga 30-45 cm salah satu jenis ikan baronang yang paling besar adalah dari jenis Siganus vermiculatus. Selain ikan baronang yang tertangkap saat mancing tegek kita juga bisa memperoleh jenis ikan butana atau surgeon fish. Jenis butana dapat tumbuh cukup besar sekitar 70 cm dengan berat sekitar 4 kg. Namun karena didermaga relatif dangkal biasanya ikan yang diangkat kebanyakn ukuran ikan komsumsi sebesar telapak tangan.

Waktu Memancing Yang Tepat

Mancing tegek umumnya dilakukan pada siang hari saat matahari mulai terik dan ikan-ikan mulai mencari lumut, alga, rumput laut dan lamun yang menempel dibebatuan pantai atau beton dermaga walaupun juga dapat dilakukan pada malam hari. Ada jenis ikan baronang yang aktif dimalam hari namun hanya sedikit yang mencari makan sebagian ikan ini aktif makan pada saat siang hari.

Peralatan Mancing Tegek

Salah satu piranti yang mutlak dimiliki saat akan memancing tentunya adalah joran. Ciri khas paling menonjol mancing tegek adalah jorannya yang panjang sekitar 5-7 meter. Joran terbaik sebaiknya dibuat dari bahan karbon karena lebih kaku ujungnya dan kuat. Senar/tali pancing pada joran ini umumnya langsung diikatkan pada ujung joran. Senar yang biasanya digunakan adalah yang berbahan mono atau fluorocarbon. Senar dengan bahan fluorocarbon tidak berwarna didalam air atau bening selain itu kekuatannya bisa diandalkan.

Peralatan Mancing Tegek

Tali PE atau braided sebaiknya tidak digunakan karena bisa membuat joran patah akibat senar yang tidak memiliki daya lenting. Mancing tegek harus memakai pelampung. Umumnya ada dua macam pelampung yang digunakan saat mancing tegek yaitu:

Pelampung yang tercelup dalam air – Jenis pelampung yang tercelup dalam air umumnya terbentuk dari bahan gabus, balsa atau kayu mahoni dan berbentuk oval. Penggunaan pelampung ini sama dengan jenis pelampung lainnya.

Pelampung yang melayang diatas permukaan air – Pelampung ini lebih baik digunakan dibandingkan yang tercelup didalam air. Berbentuk seperti jamur dan sangat sensitif terhadap sambaran ikan dibawah air sehingga menjadi indikator yang baik untuk mengetahui umpan telah disambar ikan.

Aplikasi Mancing Tegek

Mancing tegek paling baik dilakukan saat arus pasang akan naik atau menjelang surut. Pada saat itu banyak terjadi pergerakan nutrisi. Pada saat surut air menjadi dangkal sehingga ikan akan mencari lokasi yang lebih dalam pada saat air naik maka ikan datang bergerombol untuk menyisir lumut yang menempel dibebatuan atau tembok dermaga.

Umpan lumut diletakkan diatas kail garong sedangkan umpan nasi lumat diletakkan menutup kail garong seperti memasang pelet pada mata kail. Letakkan umpan pada posisi melayang didalam air. Bila anda tidak memakai pelampung kedutan joran akan sangat terasa. Semakin besar kedutan joran biasanya ikan yang makan umpan semakin besar. Sebaiknya joran langsung disentakkan keatas supaya mata kailnya menancap sempurna disekitar mulut ikan.

Aplikasi Mancing Tegek

Setelah mata kail tertancap dimulut atau ada ikan jangan memberikan peluang kepada ikan berenang kearah bebatuan. Bila itu sampai terjadi maka ikan bisa lepas karena senar tergores batu karang atau tertip yang menempel di tembok dermaga.

Semoga artikel “Mancing Tegek Di Pantai Target Ikan Baronang” diatas dapat bermanfaat buat anda semua para mancing mania dimanapun anda berada. Selamat mencoba!