Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Hias Dracaena Daun Cantik Mudah Dirawat

 Tanaman Hias Dracaena Daun Cantik Mudah Dirawat

Mungkin kalau menyebut nama dracaena banyak yang merasa asing dengan nama tanaman ini. Tapi kalau menyebut pandan bali dan bambu rejeki/hoki pastinya banyak penggemar tanaman hias yang mengenalinya. Padahal keduanya merupakan tanaman yang berasal dari genus Dracaena. Ingin mengenal tanaman hias dracaena lebih jauh ? simak artikel ini dan temukan juga berbagai jenis-jenis dracaena.

Tanaman dracaena diperkirakan berasal dari kamerun kemudian dikembangkan oleh negara jepang dan china.  Tampilan dracaena secara keseluruhan sangat menarik sehingga sering dijadikan penghias taman ataupun ditanam dalam pot (pot plant) sebagai hiasan meja kantor atau rumah.

Dua Kelompok Dracaena

Tanaman hias dracaena termasuk tanaman yang rewel dan tidak memerlukan perawatan khusus. Hal paling utama dalam pemeliharaan dracaena adalah mengenali karakternya. Ada tanaman dracaena yang menyukai sinar matahari langsung dan ada juga yang tumbuh lebih baik dibawah naungan. Pada dasarnya dracaena dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu :

Spesies dracaena yang memiliki ukuran cukup besar sehingga menyerupai pohon. Berbatang keras, daun cenderung lebar dan kaku. Kelompok pertama ini umumnya tumbuh di daerah dengan terpaan sinar matahari yang tinggi.

Kelompok kedua adalah dracaena yang memiliki ukran lebih kecil menyerupai semak. Berbatang relatif kurus dan memiliki bentuk daun yang lebih fleksible. Kelompok kedua inilah yang berkembang menjadi tanaman hias pot maupun indoor.

Jenis-jenis Dracaena

Menurut beberapa literature Dracaena memiliki sekitar 40 spesies tanaman, belum termasuk hibrida atau hasil silangan yang dilakukan para ahli botani. Spesies tanaman yang beragam membuat kita dapat menemukan bentuk daun, corak dan warna yang beragam dari tanaman dracaena. Berikut beberapa jenis tanaman dracaena yang dapat kita jumpai di pasaran :

Dracaena Fragrans

Varian Dracaena fragrans memiliki corak daun yang menarik dimana kelir kuning mengapit warna hijau pada tengah daun. Sering juga disebut striped dracaena .

Gambar Dracaena Fragrans
Gambar Dracaena Fragrans

Dracaena Sanderiana

Tanaman ini dijuluki sebagai ribbon dracaena atau dracaena dasi tetapi kita lebih mengenalnya dengan nama bambu rejeki atau bambu hoki. Sering kita temukan diperjualbelikan dalam berbagai bentuk menarik sebagai hiasan meja dikantor atau diruang tamu. Tanaman ini dipercaya dapat membawa rejeki sehingga sering  disebut lucky bamboo.

Gambar Dracaena Sanderiana
Gambar Dracaena Sanderiana

Dracaena Goldieana

Tanaman ini juga dijuluki sebagai ratu dari daun dracaena atau queen of dracaena. Motif daun yang menarik dengan kombinasi hijau tua dan muda tampak harmonis.  Daun juga terlihat tersusun membuatnya tampil kompak dan roset jika dilihat dari atas. Daun dracaena tergolong tebal dan awet. Tanaman ini menyukai tempat yang teduh.

Gambar Dracaena Goldieana
Gambar Dracaena Goldieana

Dracaena Reflexa

Tanaman ini dikenal di Indonesia dengan nama Andong, sering juga dipanggil song of india. Ukuran daunnya tidak terlalu besar dan cenderung pendek dan memiliki ujung lancip. Daunnya berpola garis-garis memanjang dengan kombinasi anata hijau dan kuning dimana bagian hijau diapit oleh kelir kuning dikedua sisi daun. Tanaman ini juga berfungsi sebagai penyerap zat beracun yang terdapat diudara.

Gambar Dracaena Reflexa
Gambar Dracaena Reflexa

Dracaena Draco

Termasuk jenis dracaena yang populer dan banyak ditanam di Indonesia dan dikenal juga sebagai pandan bali. Tajuknya meninggi, daunnya rimbun dan cenderung menjuntai dengan ukuran daun yang cukup panjang. Salah satu jenis dracaena draco yang dikenal memiliki tampilan unik seperti pohon bonsai raksasa  dikenal sebagai “Dragon blood tree”. Tanaman hias dragon blood tree berasal dari pulau Socotra, Yaman dan sering juga disebut dracaena cinnabari.

Gambar Dracaena Blood tree
Gambar Dracaena Blood tree

Dracaena Cantleyi

Cantleyi memiliki daun memanjang berwarna hijau tua dan mengkilap. Pada permukaan daun terdapat totol-totol putih. Daunnya sedikit melintir dan khusus di Indonesia tanaman jenis ini belum banyak beredar dipasaran.

Gambar Dracaena Cantleyi
Gambar Dracaena Cantleyi

Dracaena Milky way

Jika umumnya dracaena yang lain berwarna hijau, kuning atau kombinasi kedua warna tersebut. Dracaena ini tampil sedikit berbeda dengan warna hijau pada kedua sisi daun dan warna putih pada bagian tengah daun yang membuatnya tampil memikat. Jenis ini termasuk salah satu dracaena yang banyak dicari para penggemar tanaman hias.

Dracaena Milky way
Gambar Dracaena Milky Way

Dracaena Concinna

Tanaman ini dikenal sebagai dracaena giant karena ukurannnya yang besar. Dracaena terlihat seperti pohon walaupun dikategorikan dalam golongan semak. Dracaena giant ini sangat cocok jika ditempatkan di halaman yang terkena sinar matahari langsung.

Gambar Dracaena Concinna
Gambar Dracaena Concinna

Dracaena Janet Craig

Kultivar dracaena yang satu ini termasuk jenis tanaman hias yang cukup populer di luar negeri.  Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau cerah dan sekilas mirip dengan bentuk buah nenas yang memiliki daun roset dan tersusun keatas seperti dracaena janet craig.

Dracaena Janet Craig
Gambar Dracaena janet Craig

Dracaena Surculosa

Daun surculosa berukuran kecil namun rimbun. Kelir dasarnya hijau dihiasi bintik-bintik berwarna putih seperti salju. Ukuran batang tergolong mini sehingga sering dijadikan tanaman hias dalam pot (pot plant).

Gambar Dracaena Surcolosa
Gambar Dracaena Surcolosa

Dracaena marginata “tricolor”

Dracaena tricolor sangat cocok sebagai ornament penghias taman. Warna merahnya akan semakin nampak jika terpapar sinar matahari yang cukup. Warna merah menyala akan membuat taman anda tidak monoton dengan dominasi warna hijau. Tricolor dapat dijadikan tanaman pot plant .

Gambar Dracaena "tricolor"
Gambar Dracaena "tricolor"

Cara Memperbanyak Dracaena

Tanaman ini termasuk tanaman yang cukup mudah dikembang biakkan. Setek adalah cara pembiakan yang paling umum dilakukan pada tanaman dracaena. Batang tua dan muda bisa dimanfaatkan. Caranya cukup mudah : potong bagian batang tanaman sepanjang kurang lebih 20-25 cm lalu olesi batang dengan menggunakan zat perangsang tumbuh (ZPT). Kemudian benamkan potongan batang pada media tanam dengan posisi mendatar dan sisa daun menghadap keatas.  Tempatkan ditempat teduh dan siram setiap hari agar tidak kekeringan. Sekitar 1-2 bulan tanaman baru bisa dipindahkan, Saat akar mulai terbentuk dan daun muda mulai bermunculan. Lakukan pemupukan setiap 6 bulan sekali agar tanaman tumbuh secara optimal.

Harga Tanaman Dracaena

Harga tanaman dracaena cukup terjangkau. Tanaman ini bisa diperoleh mulai dari harga 10 ribu – 100 ribu rupiah / pot. Harga tergantung jenis dracaena dan ukurannya. Semakin besar tanaman biasanya harganya semakin tinggi. Jika anda pemula yang baru mau menanam dracaena anda bisa membeli bibit tanaman dracaena berukuran kecil, selain hemat andapun bisa belajar bagaimana cara merawat dracaena dengan baik.

Semoga artikel Tanaman Hias Dracaena Daun Cantik Mudah Dirawat dapat memberi manfaat kepada anda semua pembaca setia duniahobiku.  Sampai jumpa di artikel berikutnya.