Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlengkapan Aquarium Ikan Hias Yang Perlu Anda Ketahui

 Perlengkapan Aquarium Ikan Hias Yang Perlu Anda Ketahui

Ikan hias merupakan salah satu hobi yang banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik dari rakyat biasa sampai kalangan artis. Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ikan hias kesayangan kita dapat awet dan bertahan hidup selama mungkin. Apa saja perlengkapan Aquarium ikan hias yang perlu anda ketahui sebelum memelihara ikan hias dirumah ? simak terus artilkel ini agar anda tidak kecewa dikemudian hari karena ikan anda mati karena kurangnya pengetahuan dalam hal memelihara ikan hias.

Setiap ikan hias memiliki penggemarnya tersendiri. Ada yang menyukai ikan berdasarkan corak warna, bentuk tubuh ataupun karena tingkah lakunya. Bahkan beberapa kolektor menyukai ikan yang yang memiliki karakter unik seperti piranha. Agar pertumbuhan ikan anda optimal dan tumbuh dengan sehat diperlukan beberapa sarana pendukung aquarium anda dirumah. Berikut beberapa perlengkapan  ikan hias yang sebaiknya anda lengkapi dirumah:

Aquarium

Aquarium adalah komponen utama dalam pemeliharaan ikan hias karena digunakan sebagai media kehidupan ikan hias anda. Sehingga ikan dapat hidup, berkembang dan tumbuh menjadi semakin besar dan sehat.

Ada banyak model aquarium yang dapat anda temukan di pasaran ada yang berbentuk persegi panjang, bujursangkar, prisma segi enam, prisma segi delapan, bulat dan lonjong tetapi umumnya yang kita jumpai adalah bentuk persegi. Jika anda merasa kurang puas dengan model aquarium yang ada dipasaran anda juga bisa memesannya secara khusus kepada pembuat aquarium sesuai dengan keinginan anda.

Gambar Model Aquarium
Gambar Model Aquarium

Salah satu aspek penting dalam pembuatan aquarium adalah ketebalan kaca. Ketebalan kaca sebaiknya disesuaikan dengan ukuran aquarium yang dibuat agar mampu menahan tekanan air dari dalam aquarium. Ketebalan kaca yang terlalu tipis sangat rentan pecah.

Akuarium persegi berukuran 100x40x40 membutuhkan ketebalan kaca sekitar 5 mm sedangkan ukuran 20x20x20 membutuhkan ketebalan kaca sekitar 3 mm. Yang perlu digaris bawahi adalah makin tebal kaca aquarium anda maka semakin kuat menghadapi tekanan tetapi konsekuensi aquarium anda semakin berat jadi sebaiknya disesuaikan dengan ukuran aquarium yang anda inginkan. Untuk memesannya anda bisa menghubungi toko aquarium terdekat dari rumah anda.

Filter Aquarium

Salah satu perlengkapan aquarium yang tidak kalah penting adalah filter, sebagian penghobi malah menganggap ini “nyawa” dari sebuah aquarium. Fungsi filter sendiri adalah menyaring dan membersihkan sisa kotoran ikan dan menyaring jasad-jasad renik yang tidak baik untuk pertumbuhan ikan seperti parasit, jamur, virus, alga, bakteri, dan pathogen yang terdapat dalam air. Filter yang baik akan membuat kualitas air dalam aquarium selalu bersih dan sehat.

Gambar Filter Aquarium
Gambar Filter Aquarium

Ada banyak jenis filter yang tersedia di toko Aquarium dengan berbagai bentuk, kualitas, dan harga yang sangat bervariasi tergantung merek dan kualitasnya. Beberapa jenis filter yang dapat anda gunakan antara lain : filter Under Gravel, yang terletak dibawah lapisan kerikil atau pasir, Filter atas yang digunakan pada bagian atas untuk menyaring kotoran lalu mengalirkan kembali kedalam aquarium dalam keadaan jernih dan filter sentral yaitu filter yang digunakan secara bersama-sama oleh dua buah akuarium atau lebih.

Peralatan Pendukung Aquarium

Aerator Aquarium

Salah satu alat pada akuarium yang berfungsi untuk menambah oksigen dalam air adalah aerator. Prinsip kerja aerator cukup sederhana, dimana tekanan udara yang dihasilkan dalam motor dimanfaatkan untuk menggerakkan air di dalam aquarium sehingga terjadi difusi oksigen.

Gambar Aerator Aquarium
Gambar Aerator Aquarium

Ada sedikit kesalahpahaman bagi sebagian kalangan yang menganggap bahwa aerator memasok oksigen murni kedalam aquarium, sepertinya itu kurang tepat karena yang masuk kedalam air dan terlihat bergelembung hanya udara biasa yang masih bercampur dengan gas-gas lain.

Heater Aquarium

Heater berfungsi untuk menaikkan suhu air dalam aquarium agar sesuai dengan kebutuhan ikan. Alat ini hanya sebagai pendukung terutama jika anda ditempat yang berudara dingin atau untuk proses pemijahan sehingga memerlukan Heater. Untuk mengetahui kondisi suhu air kita dapat menggunakan thermometer. Ada beberapa jenis heater dengan daya listrik yang berbeda-beda, ada yang 100 watt, 150 watt dan ada pula yang 200 watt. Penggunaan heater harus disesuaikan dengan ukuran aquarium dirumah anda agar dapat bekerja secara optimal.

Thermometer Aquarium

Termometer berfungsi mengetahui kondisi suhu air di dalam aquarium. Termometer yang digunakan di Indonesia pada umumnya berskala celcius. Mengecek kondisi suhu air secara berkala akan membuat kita cepat mengatasi jika terjadi masalah atau sesuatu yang tidak beres terjadi dalam aquarium. Model termometer yang digunakan pada aquarium bermacam-macam ada yang menempel pada kaca dan ada pula berbentuk hiasan.

Lampu Aquarium

Lampu aquarium berfungsi untuk menerangi isi didalam aquarium agar mudah terlihat terutama pada malam hari atau jika aquarium ditempatkan didaerah kurang cahaya. Panorama didalam aquarium akan semakin cantik jika diberi tanaman aquascape dan pernik-pernik aquarium kemudian disorot lampu .

Jenis lampu aquarium sangat beraneka ragam  warnanya pun berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan keinginan anda. Lampu neon berwarna ultraviolet juga dapat mendukung perumbuhan tanaman aquascape anda. Harga lampu aquarium disesuaikan dengan budget anda.

Penutup Aquarium

Penutup aquarium berfungsi sebagai penghalang benda-benda agar tidak jatuh kedalam aquarium terutama benda yang dapat membahayakan kehidupan didalam aquarium anda. Penutup aquarium juga dapat menjadi tempat anda meletakkan lampu aquarium agar kelihatan rapi. Saat ini anda bahkan dapat memesan khusus atau membeli berbagai model penutup aquarium yang akan menambah kesan elegan dan mewah aquarium dirumah anda.

Aksesori Aquarium

Background atau Latar Belakang Aquarium

Latar Belakang aquarium dapat menghadirkan suasana yang lebih hidup dalam aquarium. Kita juga dapat memilih background sesuai dengan selera kita. Saat ini telah tersedia begitu banyak pilihan background yang dapat anda temukan pada pedagang yang menjual alat-alat aquarium. Pada umumnya latar belakang yang digunakan adalah gambar tanaman, bebatuan, nuansa koral laut, dan panorama alam.

Gambar Latar Belakang Aquarium
Gambar Latar Belakang Aquarium

Batu-batuan Aquarium

Salah satu aksesori yang bamyak ditambahkan didalam aquarium adalah batu-batuan. Ada banyak batuan yang biasa digunakan seperti batu karang laut ataupun batu-batu berwarna dengan ukuran bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil hingga agak besar. Karang yang digunakan sebagai aksesori aquarium air tawar harus yang benar-benar sudah mati. Karang yang masih hidup sangat rawan bagi ikan atau bisa mencemari air aquarium.

Gambar Batu-batuan Aquarium
Gambar Batu-batuan Aquarium

Pernak-pernik Lainnya

Ada berbagai pernak-pernik yang bisa ditambahkan kedalam aquarium untuk mempercantik tampilan aquarium dan beberapa diantaranya memiliki bentuk yang lucu. Beberapa pernak-pernik tersebut bisa berupa ikan-ikan dari plastik, jaring ikan, bentuk kura-kura imitasi, meja dan banyak lagi bentuk unik yang dapat anda temukan di distributor aksesoris aquarium.

Gambar Pernak-pernik Aquarium
Gambar Pernak-pernik Aquarium

Artikel “Perlengkapan Aquarium Ikan Hias Yang Perlu Anda Ketahui” tentunya akan memberikan anda sedikit pengetahuan baru tentang hal-hal yang perlu anda ketahui sebelum memelihara suatu jenis ikan tertentu dirumah anda. Pemilihan perlengkapan aquarium yang tepat akan membuat aquarium anda semakin menarik dan tentu saja ikan-ikan yang hidup didalamnya akan semakin sehat.