Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mercedes Benz 1886 Mobil Pertama di Dunia

 Mercedes Benz 1886 Mobil Pertama di Dunia

          Tentu anda semua pernah menaiki mobil bukan? Terlepas apakah mobil itu milik pribadi atau angkutan umum. Tapi belum tentu anda semua tahu mobil pertama di dunia? Penulis sendiri baru mengetahuinya setelah belajar tentang sejarah mobil lewat mbah google. Mercedes Benz 1886 diakui berbagai pihak sebagai mobil pertama di dunia meskipun banyak kendaraan yang lebih tua tetapi belum menggunakan mesin mobil melainkan tenaga uap. Ingin mengetahui lebih jauh tentang Mercedes Benz 1886 mobil pertama didunia ? simak terus artikel ini dan mari belajar bersama.

1.    Sejarah Mercedes-Benz 1886

    Salah satu perusahaan mobil yang sangat terkenal didunia adalah Mercedes Benz, di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Mercy. Mercedes-Benz merupakan salah satu pabrik mobil tertua didunia yang bertahan hingga sekarang. Teknologi Mercedes-Benz memiliki reputasi yang baik serta didukung tingkat keamanan yang tinggi dan hal ini dibuktikan lewat penghargaan Safety Award yang dimenangkan Mercedes Benz pada tahun 2007 di acara “What Car”?

  Pabrikan Mercedes-Benz dulunya dikenal dengan nama Rheinische Gasmotorenfabrik Benz & Cie (1838-1926) dan Daimler-Motoren-Gesellschatt (1890-1926). Mercedes-Benz sendiri didirikan pada tanggal 28 Juni 1926 oleh Karl Benz dan Gottlieb Daimler yang berkantor pusat di Stuggart, Jerman. Merger antara perusahaan Benz dengan Daimler menjadi perusahaan Daimler-Benz merupakan cikal bakal Mercedes-Benz seperti yang ada sekarang. Nama “Mercedes” diambil dari nama putri Emil Jellinek seorang agen mobil Daimler dari Austria.

   Benz Paten Motorwagen merupakan hasil kreasi Karl Benz yang dirancang pada tahun 1885, dan diakui oleh seluruh dunia sebagai mobil pertama didunia yang menggunakan mesin pembakaran internal. Mobil ini mulai diproduksi sejak tahun 1886 hingga tahun 1893. Ada sekitar 25 Mercedes Paten Motorwagen yang dibangun antara tahun 1886 dan 1893. Semua hasil karya Benz tidak terlepas dari dukungan istri Benz, Martha yang turut andil mendanai pembuatan mobil tersebut. Hasil penemuannya diluncurkan ke masyarakat pada tanggal 3 Juli 1886 di Ringstrasse di Mannheim. Harga asli Mercedes Benz pada tahun 1885 adalah 600 mark Jerman kekakaisaran. Kira-kira sekitar 150 dollar As     (setara dengan $ 4268 pada tahun 2019 sekitar 60 juta rupiah).

2.    Spesifikasi Mercedez benz motorwagen

Mercedez Benz merupakan mobil beroda tiga dengan mesin yang berada dibelakang. Sekilas tampilannya mirip dengan becak masa kini  atau sepeda beroda tiga. Tapi jika kita hidup dizaman itu mobil ini tentunya sangat bergengsi dan hanya dimiliki oleh para bangsawan serta orang-orang penting. Roda dengan jari-jari baja dan ban karet padat merupakan salah satu inovasi Karl Benz sendiri. Mobil ini didikung dengan mesin silinder tunggal 1.0L (954cc) 2/3 hp. Replikasi dari Motorwagen 1885 sempat dipamerkan di Frankfurt pada tahun 2007.

Gambar Mercedes Benz 1886
Gambar Mercedes Benz 1886

Ada tiga tipe yang populer diciptakan oleh Karl Benz. Model pertama Motorwagen belum menggunakan karburator melainkan memakai tabung serat yang dibasahi bahan bakar yang memasok bahan bakar menuju silinder melalui penguapan. Pada perkembangan selanjutnya Benz menyebutnya sebagai model nomor 2 yang telah didukung mesin 1,1 kW (1,5 hp) dan model nomor 3 yang telah mengalami peningkatan mesin denga kapasitas 1,5 kW (2 hp). Perubahan mesin mercedez membuat mobil ini dapat melaju dengan kecepatan maksimum 16 km/jam. Mungkin ada pembaca yang menganggap kecepatan tersebut sangat minim tetapi pada waktu itu mobil tersebut sudah termasuk hebat.

3.    Bertha Benz

Mungkin kita pernah mendengar bahwa kehebatan seorang suami tentu ada seseorang dibelakangnya yang mendukung. Bertha Benz tidak hanya berperan sebagai seorang ibu rumah tangga dia juga turut membiayai perusahaan Mercedez. Sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan mobil ciptaan Karl Benz dia turut melakukan promosi dengan melakukan perjalanan menggunakan mobil Mercedez sejauh 194 km, kalau bahasa gaul sekarang sih namanya touring.

Gambar Bertha Benz dan Rute Touring
Gambar Bertha Benz dan Rute Touring

Perjalanan itu dilakukan Bertha pada bulan Agustus 1888 ditemani putranya Eugen yang kala itu berusia lima belas tahun dan Richard yang berumur empat belas tahun. Rute yang dilaluinya dimulai Mannheim- Heidelberg-Wiesloch-Pforzheim. Pforzheim merupakan kampung halaman ibu Berta. Perjalanan tersebut bahkan dimanfaatkan oleh pemerintah Jerman sebagai rute wisata. Parade mobil antik ini dilakukan setiap dua tahun dengan menggunakan rute yang pernah dilalui Berta Benz.

Mercedez-Benz 1886 sebagai mobil pertama di dunia merupakan prototype bagi mobil-mobil selanjutnya yang diciptakan lebih canggih, lebih aman, dan lebih nyaman. Walaupun Mercedez-Benz 1886 saat ini hanya terpajang di museum tetapi keuletan dan inspirasi pembuatnya Karl-Benz patut kita apresiasi.