Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koh-I-Noor Berlian Termahal Di Dunia

 Koh-I-Noor Berlian Termahal Di Dunia

          Apakah anda pernah melihat ratu Inggris memakai mahkota? Mungkin sebagian mengatakan pernah tetapi sebagian lagi mungkin belum pernah melihat mahkota tersebut. Jika anda perhatikan tepat ditengah mahkota tersebut terdapat sebuah berlian yang sangat terkenal bernama Koh-I- Noor. Ada banyak cerita sejarah dibalik berlian tersebut, termasuk kutuk dan kenapa berlian tersebut diburu penguasa dunia. Ingin tahu lebih banyak tentang berlian tersebut? Simak artikel “Koh-I-Noor berlian termahal di dunia” dan anda akan mengetahui rahasianya.

Koh-I-Noor disebut sebagai berlian termahal didunia yang diperkirakan berharga lebih dari 1 milliar euro. Tetapi itu cuma perkiraan benda ini tidak akan dijual atau dilelang karena pemiliknya  merupakan Ibu dari orang nomor satu di Inggris. Berlian ini sendiri sebenarnya berasal dari India dan sempat menjadi polemik antar beberapa negara yang merasa berhak atas berlian tersebut. Langsung saja kita mencari tahu lebih banyak tentang Koh-I-Noor. 

Sejarah Berlian Koh-I-Noor

Berlian Koh-I-Noor diperkirakan berasal dari hasil penambangan di Kollur, India selama masa dinasti Kakatiya. Ditemukan dikedalaman 4 meter pada lubang tanah liat berkerikil. Tepatnya di tepi sungai Krishna di Golconda (sekarang telah berubah Andra Pradesh) India. Berat awal berlian ini sekitar 186 karat dan nantinya akan berkurang setalah dipoles kembali.

Berlian ini beberapa kali berpindah tangan diantara para penguasa. Menurut sejarah awalnya berlian ini dimiliki oleh dinasti Kakitiya dan setelah dinasti ini mendapat serangan dari Alauddin Khalji penguasa kedua dari dinasti Khalji dari kesultanan Delhi pada awal abad ke 14 lalu berpindah ketangan Babur pada tahun 1526 sebagai penghargaan atas penaklukan Delhi dan Agra pada pertempuran Panipat. Babur merupakan pendiri  Turco-Mongol dari kekaisaran Mughal.

Gambar Perang Antar Dinasti
Gambar Perang Antar Dinasti

Tahun 1739 berlian tersebut berpindah ke Nadir Shah, Afsharid Shah dari Persia setelah melakukan invasi dinasti Mughal. Salah satu harta yang dijarah adalah Koh-I-Noor. Tahun 1747 setelah Nadir Shah terbunuh, Koh-I-Noor berada di tangan cucunya lalu diberikan kepada Ahmad Shah Durrani pendiri kekaisaran Afganistan sebagai imbalan atas dukungannya. Berlian ini lalu berpindah keturunannya bernama Shuja Shah Durrani namum penyerbuan musuh kekerajaan Shuja membuatnya melarikan diri bersama Koh-I-Noor ke Lahore. Ranjit Singh pendiri kekaisaran Sikh menerimanya dengan baik tetapi melihat keindahan berlian tersebut dia meminta agar berlian tersebut diberikan kepadanya. Tahun 1813 berlian tersebut akhirnya jatuh ketangan Ranjit Singh.

Tanggal 29 Maret 1849 setelah perjanjian terakhir Lahore ditandatangani secara resmi permata tersebut berpindah tangan kepada Ratu Victoria.

Fakta-Fakta Menarik Berlian Koh-I-Noor

Gambar Berlian Koh-I-Noor
Gambar Berlian Koh-I-Noor

Koh-I-Noor Berlian Terbesar di Dunia

Berlian Koh-I-Noor merupakan berlian terbesar didunia yang pernah ditemukan yang masih berbentuk potongan asli. Menurut berbagai sumber, berat Koh -I-Noor 186 karat atau 38,2 gram. Berlian ini awalnya memiliki potongan yang mirip dengan permata pada Mahkota Iran yang bernama Darya-I-Noor.

Berlian termahal didunia

Menurut beberapa ahli harga Koh-I-Noor diperkirakan sekitar 1 milliar Euro yang jika rupiahkan kedalam kurs Indonesia berkisar 17 Trilliun Rupiah. Berlian ini dianggap sebagai berlian termahal didunia dan sulit dicari tandingannya. Walaupun mungkin banyak kolektor yang ingin memilikinya tetapi berlian yang satu ini tidak untuk dijual.

Kutukan Koh-I-Noor

Ada banyak rumor yang mengatakan bahwa dibalik keindahannya, Koh-I-Noor juga menyimpan kutukan. Sejak awal ditemukan berlian ini telah berpindah tangan antara penguasa yang satu dengan yang lainnya dan umumnya dimulai dengan peperangan tidak cukup sampai disitu pada saat berlian ini akan diperlihatkan kepada Ratu Vicoria permata itu lalu disegel kedalam brankas besi kecil sebelum memulai perjalanannya melalui laut. Kapal yang tumpangi ternyata mengalami banyak masalah selama perjalanan, wabah kolera diatas kapal ketika berada di Mauritus dan dilanda angin kencang selama 12 jam. Tetapi untung nya kapal itu akhirnya bisa tiba dengan selamat. Koh-I-Noor diterima secara resmi oleh Ratu Victoria pada 3 Juli 1850 di Istana Buckingham. Berlian ini memiliki reputasi yang buruk dan diperebutkan antar pria sehingga dikalangan keluarga kerajaan hanya dipakai oleh anggota keluarga wanita. Jadi mungkin kutukan ini tidak berlaku bagi Ratu Victoria yang notabene seorang wanita.

Gambar Badai Laut
Gambar Badai Laut

Disamping kutukannya ternyata Koh-I-Noor juga diburu para pemimpin karena ada kepercayaan bahwa siapapun yang memiliki berlian tersebut dapat menjadi penguasa dunia.

Koh-I-Noor Mengalami Proses Pemotongan

Tahun 1851 pameran besar diadakan di Hyde Park, London sehingga masyarakat biasa pun dapat melihat kemegahan berlian Koh-I-Noor. Tidak tanggung-tanggung biaya iklan yang dikeluarkan untuk pameran tersebut menelan dana sebesar £ 1-2 juta. Koh-I-Noor dimasukkan kedalam sangkar burung berlapis emas pada saat pameran, tetapi sayang banyak warga mengeluh karena penampilan Koh-I-Noor yang kurang bercahaya dan tidak simetris membuatnya tampil kurang maksimal.

Akhirnya atas keputusan Pangeran Albert, suami Ratu Victoria dengan persetujuan pemerintah akhirnya berlian tersebut akan dipoles ulang agar memiliki tampilan yang lebih bercahaya sesuai dengan nama berlian tersebut. Koh-I-Noor berarti “gunung cahaya” / Mountain of light. Salah satu pedagang berlian terbesar dan paling terkenal, Mozes Coster ditunjuk untuk melakukan proses pemolesan batu berlian tersebut. Koh-I-Noor akhirnya dikerjakan oleh Levie Benyamin Voorzanger dan asistennya. Keduanya merupakan pengrajin yang paling berpengalaman dan pantas untuk mengerjakan proyek besar tersebut.

Gambar Pemotongan Koh-I-Noor
Gambar Pemotongan Koh-I-Noor

Tanggal 17 Juli 1852 proses pemotongan dimulai di pabrik Garrard & Co dan diawasi oleh Pangeran Albert dan Duke of Wellington. Dibutuhkan dana sekitar £ 8000 untuk melakukan proses tersebut. Berlian yang awalnya seberat 186 karat berkurang menjadi 105,6 karat (21,2 g) hingga saat ini.  Batu tersebut akhirnya memiliki panjang 3,6 cm, lebar 3,2 cm, dan dalam 1,3 cm. Koh-I-Noor memiliki delapan segi “bintang” tambahan disekeliling culet sehingga totalnya menjadi 66 segi.

Awalnya pangeran Albert kurang puas karena pengurangan karat pada saat proses pemotongan tetapi hal itu dilakukan karena terdapat kekurangan pada bagian Koh-I-Noor yang harus dipotong dan menurut beberapa pakar hal itu merupakan tindakan paling tepat yang dilakukan Voorzanger. Batu yang telah dipoles akhirnya dipasang di Bros Honeysuckle dan gelang yang dikenakan oleh Ratu Victoria sebelum nantinya menjadi bagian dari Mahkota Kerajaan.

Koh-I-Noor Pernah Disembunyikan Selama Perang

Konon selama perang dunia kedua Koh-I-Noor disembunyikan didasar kolam atau danau dekat kastil Winsor yang terletak sekitar 32 km di luar kota London bahkan hingga perang usai. Cuma ada dua orang yang mengetahui tempat “rahasia tersebut” yaitu raja dan pustakawannya Sir Owen Morshead yang ternyata mengungkapkan rahasia tersebut kepada jenderal dan istrinya pada kunjungan mereka ke Inggris pada tahun 1949. Tahun 1990, sebuah media Sunday Telegraph mengutip biografi jenderal milter perancis, Jean de Lattere de Tassigny yang mengungkapkan tempat persembunyian dari Koh-I-Noor.

Gambar Kastil Winsor
Gambar Kastil Winsor

Sengketa Antar Beberapa Negara Atas Koh-I-Noor

Membaca dari sejarah Koh-I-Noor diatas kita dapat menarik benang merah mengapa beberapa negara merasa berhak atas Koh-I-Noor. Ada beberapa negara yang hingga kini masih mengklaim kepemilikian berlian tersebut diantaranya India, Pakistan, Iran, dan Afganistan. Masing-masing pihak mengeluarkan argumen tentang siapa pemilik sah dari berlian Koh-I-Noor. Tapi sampai artikel ini ditulis tetap tidak didapatkan kesepakatan. Satu pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak kerajaan Inggris dimana Koh-I-Noor sekarang berada mengenai status berlian tersebut adalah “non-negotiable” atau tidak dapat lagi di rundingkan. Titik!!!

          Semoga artikel tentang Koh-I-Noor berlian termahal di dunia akan memberikan anda pencerahan tentang Koh-I-Noor yang fenomenal. Berlian tetap menjadi salah satu perhiasan terindah pujaan wanita, tapi mengutip syair dari salah satu penyanyi kita bahwa perhiasan terindah adalah “istri yang saleha”. Benar atau salah tergantung subjektifitas kita. Horas!!!