Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Nasional Komodo Habitat Asli Kadal Raksasa

 taman nasional komodo habitat asli kadal raksasa

Pernah melihat dinosaurus? Tentu belum ada yang melihatnya secara langsung karena hewan ini telah punah ribuan tahun yang lalu. Salah satu hewan purba yang masih dapat kita jumpai hingga kini adalah komodo. Komodo tidak dapat dijumpai disembarang tempat mengingat komodo merupakan hewan endemik yang hanya terdapat di Taman Nasional Komodo. Dimanakah taman nasional komodo berada? Apa saja yang dapat kita temui disana selain komodo? Temukan pesona taman nasional komodo pada artikel ini.

Taman nasional komodo termasuk dalam kepulauan Nusa Tenggara. Pulau komodo terletak di dibagian paling ujung provinsi Nusa Tenggara Timur berbatasan dengan provinsi NTB disebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh Selat Sape. Komodo adalah salah satu hewan khas Indonesia yang berasal dari kepulauan NTT yang menjadi daya tarik utama taman nasional komodo. Komodo (Varanus komodoensis)  sendiri merupakan hewan reptil besar dengan bentuk fisik mirip kadal raksasa dan telah hidup jutaan tahun lamanya sejak zaman dinosaurus. Masyarakat setempat menyebut kadal raksasa ini dengan sebutan Ora.

Taman nasional komodo seluas 173.000 hektare ini termasuk dalam 7 keajaiban alam dunia baru pada tanggal 11 November 2011 setelah melalui proses voting yang dilakukan sejumlah negara melalui proses online dan menang setelah terpilih dari 28 lokasi yang lolos dari 77 objek wisata yang dilombakan. Kemenangan ini merupakan peluang besar bagi promosi pariwisata negara tempat objek wisata berada. 7 keajaiban alam dunia baru tidak memiliki peringkat dari satu hingga tujuh. Masing-masing pemenang memiliki kedudukan dan keunggulan yang sama, tidak ada yang dianggap lebih baik dibandingkan pemenang lainnya.

Taman nasional komodo terdiri atas 3 pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Pandar. Kurang lebih 26 pulau kecil terdapat disekitar taman nasional komodo. Terdapat 11 gunung disini dengan puncak tertinggi bernama Gunung Satalibo (tingginya sekitar 735 meter dpl). Luas wilayah daratnya berkisar 603 km2 dan luas total kawasan ini mencapai 1.817 km2.

Pernah melihat film Jurassic Park karya Steven Spieldberg yang begitu populer beberapa tahun yang lalu, bahkan kesuksesan film tersebut membuat banyak produser lain membuat film bertemakan dinosaurus. Tidak lama lagi di taman nasional komodo kita akan menjumpai taman Jurrassic Park yang sementara ini dalam tahap pembangunan. Kabarnya pembangunan infrastruktur tersebut menelan dana awal sekitar hampir 70 milliar. Isu lingkungan mewarnai pembangunan proyek ini dan semoga dapat tercapai titik temu yang dapat bersinergi dalam membangun taman nasional komodo dan kelangsungan hidup komodo.

jurrasic park taman nasional komodo
Rencana Jurrasic Park Taman Nasional Komodo

Selain merupakan habitat alami sekitar 2793 ekor komodo, taman nasional komodo tidak hanya menawarkan tentang komodo tetapi juga menyajikan pemandangan alam yang indah serta keanekaragaman flora dan fauna yang begitu eksotis. Berikut beberapa hal menarik yang dapat anda temui di taman nasional komodo :

1.    Potensi Taman Nasional Komodo

·  Jika anda belum beruntung untuk melihat secara langsung bagaimana bentuk dari komodo anda dapat mengobati kekecewaaan anda dengan berkunjung ke salah satu pulau yang berada di Taman Nasional Komodo yaitu pulau Rinca. Pulau ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pasir pantai yang putih bersih, hutan bakau yang masih alami, padang rumput savana serta pantai dengan air biru yang jernih.

pulau rinca
Gambar Pulau Rinca

·      Kita dapat melakukan trekking pengamatan satwa liar dibeberapa lokasi yang berada di taman nasional komodo seperti Loh Liang dan Banu Nggulung. Masih banyak hewan liar yang hidup di taman nasioanl komodo seperti rusa, babi hutan, kuda liar, kerbau liar dan berbagai hewan lainnya.

hewan liar taman nasional komodo
Gambar Hewan Liar Taman Nasional Komodo

·   Jika anda menyukai olahraga diving dapat mencoba menyelam di perairan utara dan selatan kawasan taman nasional komodo. Tempat menyelam yang disarankan antara lain pantai merah, batu bolong, dan pulau tatawa. Pantai merah menawarkan pemandangan menakjubkan dari pantai kala ombak menyapu pesisir pantai. Pasir yang ada ditempat ini akan berubah menjadi merah muda. Pantai unik ini diperkirakan hanya ada 7 di dunia. Amazing !!!.

Biota laut perairan taman nasional komodo merupakan tempat hidup setidaknya 253 spesies karang pembentuk terumbu dan 1000 spesies ikan hidup di perairan ini. Banyak kesaksian para penyelam yang telah menjajal keindahan bawah laut taman nasional komodo mengungkapkan bahwa perairan ini merupakan salah satu perairan dengan pesona bawah laut terindah di dunia.

pink beach dan batu bolong
Gambar Pink Beach dan Batu Bolong

·    Hal unik lainnya yang dapat anda dapat temui jika sedang beruntung adalah saat anda berperahu anda bisa saja menemui sekawanan lumba-lumba menyapa anda atau mungkin bertemu penyu hijau yang langka dan bahkan melihat paus yang sedang berenang di perairan ini. Biaya sewa kapal bervariasi tergantung jarak dan lama perjalanan anda.

·   Jika anda tertarik melihat ribuan kelelewar, anda dapat mengunjungi pulau kalong (kelelewar) dan menginap diatas perahu dekat pulau Rinca. Dijamin anda akan terpesona menyaksikan ribuan kelelawar melintas diatas kepala dan menikmati sunset pulau ini yang begitu indah.

kelelawar pulau kalong
Gambar Kelelawar Pulau Kalong

2.    Akomodasi  & Transportasi

  • Untuk mencapai taman nasional komodo anda bisa menggunakan rute penerbangan dari kupang menuju Pulau Ende di Flores. Perjalanan selanjutnya dengan menggunakan minibus menuju Labuan Bajo lalu melanjutkan perjalanan menggunakan perahu motor selama 2 jam sebelum tiba di Pulau Komodo.
  • Rute lain yang dapat anda tempuh. Anda dapat memilih maskapai penerbangan yang melayani rute Bali-NTT  yang dapat memakan waktu sekitar 1,5 jam.
  • Anda juga bisa melewati rute Denpasar-Mataram-Bima-Sape dengan perjalan darat dan Feri selama dua hari. Dari Sape menuju taman nasional komodo bisa ditempuh dengan Feri atau perahu motor.
  • Untuk penginapan kita dapat menanyakan pada penduduk lokal setelah sampai ditempat ini. Ada berbagai pondokan yang dikelola masyarakat lokal hingga resort bertaraf internasional yang tersedia.

3.    Tips Berpetualang di Taman Nasional Komodo

  • Jika anda ingin berpetualang di taman nasional komodo sebaiknya anda tidak bepergian sendirian tanpa pemandu atau petugas taman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Cuaca di taman nasional komodo cukup panas dan dapat membuat anda dehidrasi. Jadi pastikan membawa cadangan air minum saat hendak berpetualang.
  • Pakailah sepatu saat melintasi taman nasional komodo mengingat kawasan ini masih alami dan menyimpan potensi berupa ular yang bersembunyi disela-sela rerumputan/padang savana.
  • Siapkan tongkat bercabang dua untuk menggertak komodo jika sewaktu-waktu berpapasan saat melintasi taman nasional komodo, hewan ini biasanya menghindar jika digertak dengan tongkat.
  • Jika anda seorang wanita dan sedang mengalami siklus menstruasi sebaiknya melaporkan hal ini kepada petugas taman nasional komodo dan anda harus lebih waspada mengingat komodo memiliki indera penciuman yang tajam dan dapat menjadi agresif jika mencium bau darah.
  • Jangan mengganggu atau memberi makan komodo. Dulu wisatawan yang datang ke tempat ini disuguhi atraksi memberi makan kambing kepada komodo yang ada di taman nasional komodo tetapi hal ini memicu komodo bersikap lebih agresif sehingga larangan memberi makan komodo akhirnya diberlakukan.
  • Sebaiknya anda membawa lotion anti nyamuk mengingat sepanjang perjalanan anda dialam terbuka anda akan berjumpa dengan makhluk menyebalkan penghisap darah ini.
  • Jangan merokok, menyalakan api atau membuang puntung rokok anda sembarangan. Seluruh areal taman nasional komodo dikelilingi oleh padang rumput savana yang mudah terbakar terutama saat musim kemarau tiba.

Taman nasional komodo merupakan salah satu aset berharga pemerintah Indonesia. Pengakuan dunia menjadikan taman nasional komodo sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia baru hendaklah disambut positif dan dimanfaatkan sebaik mungkin agar dapat mengembangkan industri pariwisata di Indonesia.