Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sate Madura Sate khas Pulau Garam

 sate Madura khas pulau garam

          Sate Madura!!! Sate yang satu ini tentunya sangat familiar dikalangan masyarakat. Anda tidak mencari sate ini pun terkadang lewat didepan rumah anda menjajakan dagangannya ldengan menggunakan gerobak yang menyerupai perahu khas Madura. Sate Madura memang hampir dapat kita jumpai dikota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Ingin mengetahui tentang sate Madura lebih lanjut, simak terus artikel tentang sate Madura.

        Sate Madura berasal dari Pulau Madura. Madura bukan hanya dikenal sebagai pulau penghasil garam dan budaya carok yang terkenal tetapi juga memiliki satu jenis kuliner yang dapat kita jumpai hampir disetiap sudut kota. Sate Madura memang terkenal akan kelezatan dan satenya yang empuk. Kombinasi antara daging ayam atau kambing dengan bumbu kacang menghasilkan cita rasa yang unik yang membuat orang yang mencicipinya ingin lagi..dan lagi…

        Konon untuk mendapatkan sate Madura di tempat asalnya lumayan sulit, mungkin sebagian pedagang memilih kota-kota besar yang memiliki peluang pasar yang lebih besar. Sate Madura sendiri umumnya menggunakan daging ayam dan kambing sebagai bahan utama pembuatan sate Madura.

          Berikut beberapa ciri khas sate ayam Madura :

sate ayam madura
Proses Pengolahan sate ayam madura

1.    Bumbu Kacang

Bumbu kacang sate Madura merupakan salah satu ciri khas sate ini, saus kacang ini terasa sangat gurih dan cocok dengan empuknya sate Madura. Bumbu kacang terbuat dari campuran kacang yang ditumbuk halus dan dicampur bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, kecap manis dan gula merah. Bumbu kacang lalu ditambahkan air kemudian dimasak hingga mengental dan mengeluarkan minyak. Saus kacang yang telah diolah siap disajikan bersama dengan sate Madura.

2.    Daging Ayam / Kambing

Bahan utama dalam pembuatan sate Madura adalah daging ayam atau kambing. Daging ayam atau kambing yang digunakan biasanya berumur muda untuk menghasilkan tekstur daging sate yang empuk. Daging ayam atau kambing biasanya dipotong berbentuk dadu dan direndam dalam bumbu khusus agar aroma dan rasa bumbu meresap kedalam daging sate yang akan di santap. Daging yang berbentuk dadu tersebut kemudian ditusuk pada tusuk sate yang biasanya terbuat dari bambu yang telah dibentuk khusus buat membakar sate.

3.    Pengolahan dan cara menyajikan sate ayam Madura

Daging sate yang telah siap diolah kemudian dicelup pada bumbu rendam atau dioleskan pada daging sate yang akan dipanggang. Arang sendiri bisa berasal dari arang kayu atau arang batok kelapa. Arang yang berasal dari batok kelapa akan memberikan citarasa yang lebih nikmat dan harum dibandingkan arang yang berasal dari kayu.

 Pada proses pembakaran daging sate, daging pada tusuk sate dibolak-balik agar tidak gosong/hangus sambil sesekali diolesi bumbu khusus. Beberapa penjual sate bahkan memberi perasaan jeruk limau pada arang untuk memberikan rasa yang harum pada sate yang dpanggang. Proses dihentikan saat daging sate telah matang dan berbau wangi dan siap dihidangkan.

Sate Madura biasanya disajikan dengan potongan lontong, saus kacang, irisan jeruk nipis, acar dan kecap manis. Bagi para penggemar kuliner yang menyukai rasa yang pedas penjual sate biasanya menyediakan sambal tambahan saat menikmati sate empuk ini.

4.    Tempat Favorit Sate Ayam Madura

Sate Madura tentunya dapat kita jumpai diberbagai tempat. Tiap orang tentunya memiliki tempat favoritnya masing-masing untuk menyantap sate Madura bersama keluarga maupun orang-orang terdekat. Berikut beberapa rekomendasi dari www.Duniahobiku.com untuk menikmati sate ayam Madura :

  • Sate Madura Cak Agus – Jalan Mandung,Kulon Progo-Daerah Istimewa Yogyakarta.
  • Sate Madura H.Ismail – Jl.Ciremai ujung no.9-10, Bogor tengah- Bogor.
  • Sate Madura Pak Ali Yanto - Kelapa Gading
  • Sate Ayam Sabang Pak Heri - Menteng -Jakarta Pusat
  • Sate Jaya Agung (1963) - Jalan Sabang - Jakarta Pusat.
  • Sate RSPP - Rumah Sakit Pusat Pertamina
  • Sate Apjay - Depan Apotek Jaya Panglima Polim - Jakarta Selatan.

5.    Resep Sate Ayam Madura

Rahasia sate Madura terletak pada resep dan cara pengolahannya. Meskipun bahan yang digunakan sama tetapi terkadang memberikan hasil yang berbeda, itulah salah satu keunikan kuliner. Ada banyak resep sate Madura yang dapat dengan mudah kita temukan baik di media cetak maupun online, tentunya masing-masing resep memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut resep sate ayam Madura yang bisa anda coba praktekkan dirumah :

Bahan-bahan sate Madura :

·         1 kg daging ayam

·         8 butir bawang merah goreng

·         6 siung bawang putih goreng

·         4 butir kemiri yang telah dihaluskan

·         4 biji cabai keriting

·         20 sdm kacang tanah goreng

·         2 sdt gula merah

·         2 sdt ketumbar yang dihaluskan

·         4 lembar daun jeruk

·         4 sdm kecap manis

·         Gula dan garam secukupnya

Bumbu Oles Sate Ayam Madura saat dipanggang :

·         4 sdm bumbu kacang

·         1 sdt ketumbar yang telah dihaluskan/bubuk ketumbar

·         8 sdm kecap manis / sesuai selera

·         2 sdm minyak

Cara membuat sate Ayam Madura :

Pertama-tama bersihkan daging ayam. Lalu iris daging ayam berbentuk dadu kemudian rendam kedalam bumbu sate selama 30-60 menit agar bumbu meresap kedalam daging, kemudian tusuk dengan tusuk sate lalu sisihkan. Tumis bumbu sate dengan menambahkan sedikit air lalu masak hingga bumbu mengental. Bumbu oles yang telah dimasak kemudian ditaruh kedalam piring, tambahkan sedikit kecap manis lalu aduk rata. Oleskan bumbu tersebut ke sate yang akan dibakar. Lakukan berulang selama memanggang hingga sate matang. Setelah sate matang angkat dari pemanggangan. Sajikan sate dengan potongan bawang merah. Sate siap disantap.

Sate Madura  khas pulau garam memang terkenal memiliki daging yang empuk dan nikmat, tetapi bagi yang memiliki masalah kesehatan sebaiknya membatasi diri untuk menyantap sate Madura berbahan baku daging kambing.