Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Danau Indah di Sulawesi Selatan

 8 danau indah di sulawesi selatan

          Sulawesi Selatan bukan hanya terkenal dengan keindahan pantai dan budaya lokalnya tetapi juga menyimpan potensi lain sebagai objek wisata yaitu danau. Bahkan banyak yang tidak mengetahui bahwa danau yang di Sulawesi Selatan punya reputasi sendiri, dua dari danau tersebut bahkan dianggap sebagai danau purba tertua di Indonesia dan danau terdalam di Asia Tenggara. Danau apa saja yang ada di Sulawesi Selatan? Tertarik mengunjunginya? simak dulu artikel dibawah ini.

          Pantai, gunung, goa dan berbagai objek wisata tentunya dapat menjadi pilihan anda berlibur. Tiap-tiap orang memiliki pendapat yang berbeda tentang destinasi berlibur. Ada yang menyukai petualangan di dalam goa, liburan kepantai, tetapi ada juga yang menyukai berwisata  melihat danau yang selain menawarkan ketenangan juga menawarkan sensasi yang berbeda dibandingkan tempat wisata lainnya. Berikut beberapa danau indah di Sulawesi Selatan yang dapat menjadi alternatif wisata anda berikutnya :

1.    Danau Towuti

Danau Towuti terletak di kecamatan Towuti, kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki luas sekitar 561,1 km2 dan memiliki kedalaman lebih dari 200 meter. Danau ini terbentuk akibat aktivitas tektonik yang terjadi ribuan tahun yang lalu. Danau Towuti sendiri diperkirakan berumur 1-4 juta tahun  yang lalu.

danau towuti
Gambar Danau Towuti

Danau Towuti menurut para peneliti merupakan danau purba tertua yang usianya melampaui danau Toba yang ada di Sumatera Utara. Danau ini menawarkan kejernihan airnya yang masih sangat terjaga. Untuk dapat mengelilingi danau ini kita dapat menyewa speedboat atau perahu nelayan yang ada disekitar danau ini. Bukan hanya keindahan alam dan danaunya tetapi tempat ini menawarkan flora dan fauna yang endemik khas danau Towuti.

2.    Danau Sidenreng

Danau Sidenreng merupakan danau yang terletak di kabupaten Sidenreng, Rappang tepatnya di desa Mojong kecamatan Watang, Sidenreng. Jaraknya sekitar 15 km dari kota. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 10-15 meter dan lokasinya dikelilingi oleh pegunungan yang nampak terlihat indah dari danau.

danau sidenreng
Gambar Danau Sidenreng

Kawasan danau Sidenreng juga merupakan habitat dari beberapa jenis burung air tawar sehingga diwaktu tertentu kita dapat melihat kawananan burung yang datang dan pergi dalam jumlah yang cukup besar. Danau ini juga dipakai oleh warga lokal sebagai tempat budidaya air tawar.

3.    Danau Kassi Kebo

Danau kassi kebo memiliki nama lain yaitu danau Toakala. Danau ini dapat kita jumpai didalam Taman Nasional Bantimurung, tepat di depan Goa Batu. Danau kassi kebo memiliki air yang tenang dan berwarna biru, tetapi walaupun tenang danau ini menyimpan misteri. Tanda / gambar tengkorak menjadi penanda bahwa tempat ini pernah menelan korban dibalik keindahannya. Pusaran air kencang pada danau ini menjadi salah satu sebab timbulnya korban.

danau kassi kebo
Gambar Danau Kassi Kebo

Danau kassi kebo tidak untuk tempat berenang atau mandi, wisatawan cukup menikmati alam yang indah dan berbagai jenis kupu-kupu ditempat ini. Rimbunnya pepohonan serta kicau burung dapat membuat kita merasakan ketenangan jika mengunjungi tempat ini. Sebelum mencapai danau ini kita akan disuguhi air terjun Bantimurung yang terkenal dan sejuknya jalan sebelum mencapai danau kassi kebo, perjuangan anda menemukan danau ini pasti terbayar lunas saat sampai ditempat ini.

4.    Danau Matano

Menurut WWF danau Matano merupakan danau terdalam di Asia Tenggara serta danau terdalam kedelapan di dunia. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 590 meter. Luas Danau Matano sekitar 28 km dan lebar 8 km. Danau Matano terletak di Sorowako sekitar 50 km dari Kota Malili dan berbatasan dengan Sulawesi Tengah.

danau matano
Gambar Danau Matano

Danau Matano termasuk dalam kategori Global Ecoregions versi World Wide Fund for Nature. Selain sebagai tempat pariwisata dan rekreasi alam danau ini merupakan habitat bagi beberapa spesies flora dan fauna yang endemik, seperti Celebes Rainbow Fish dan Weinmannia devogeli. Danau ini juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

5.    Danau Mawang

Danau Mawang merupakan salah satu danau yang terletak di kabupaten Gowa, tepatnya di kelurahan Borongloe kecamatan Somba Opu. Luas kawasan danau Mawang sekitar 12,4 km2. Mawang dalam bahasa Makasar berarti terapung. Danau Mawang sendiri terletak sekitar 18 km dari Kota Makassar menuju arah poros Malino. 

danau mawang
Gambar Danau Mawang

Danau Mawang merupakan lokasi untuk menikmati suasana yang sejuk  sekaligus berolahraga (jogging) disekitar danau, warga lokal dan pendatang sering memanfaatkan danau ini sebagai tempat memancing dan menjala ikan. Budidaya ikan air tawar juga banyak dilakukan didanau Mawang. Dulunya tempat ini merupakan tempat perlombaan perahu dayung dan pertunjukan lainnya.

6.    Danau Tempe

Danau Tempe terletak di tiga kabupaten yaitu Wajo, Sidenreng, dan Soppeng.  Danau ini merupakan danau kedua terluas di Sulawesi dengan luas sekitar 350 km2.  Selain melihat keindahan danau ini kita juga dapat menemukan rumah adat terapung yang ada di danau Tempe. Festival tahunan Maccerak Tappareng dapat kita saksikan di sekitar danau tempe yang diikuti warga lokal dan para wisatawan.

danau tempe
Gambar Danau Tempe

Maccerak Tappareng merupakan upacara yang diadakan untuk menyucikan danau Tempe dan juga sebagai tolak bala serta rasa syukur atas hasil yang telah diberikan oleh danau. Upacara ini diawali dengan penyembelihan kepala kerbau lalu makan bersama. Setelah upacara adat dilaksanakan sering diadakan lomba dayung perahu, pegelaran musik tradisional dan tari bissu.

7.    Danau Mahalona

Danau Mahalona terletak di kabupaten Luwu Timur dan terletak di antara danau Towuti dan Matano. Danau ini memiliki luas sekitar 25km2. Danau ini dikelilingi oleh pegunungan yang cantik dan merupakan beberapa habitat dari flona seperti rangkong dan burung ibis kepala hitam. Di danau ini sendiri terdapat ikan endemik Sulawesi Selatan bernama ikan opudi (Temmatherina Celebensis). 

danau mahalona
Gambar Danau Mahalona

8.    Danau Tanralili

Bagi para pecinta alam yang sering mendaki gunung Semeru pasti tidak asing dengan Ranu Kumbolo yang terletak di kaki gunung Semeru. Tapi tenang saja kita tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Jawa. Di kaki gunung Bawakaraeng juga terdapat sebuah danau yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Ranu Kumbolo. Tempat itu bernama danau Tanralili.

danau tanralili
Gambar Danau Tanralili

Danau yang cantik ini sering dijadikan sebagai tempat berkemah bagi para pecinta alam sebelum melanjutkan mendaki ke puncak gunung Bawakaraeng. Danau ini dapat dicapai setelah menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam dari desa Lengkese. Danau Tanralili menawarkan kesejukan alam serta indahnya pemandangan lembah yang damai. Jangan Lupa menjaga kebersihan selama berada di danau tersebut, Jangan meninggalkan sampah yang dapat merusak indahnya pemandangan danau dan lingkungan sekitarnya. 

          8 Danau di Sulawesi Selatan ini akan membawa anda mengenal danau indah yang mungkin belum banyak diketahui oleh para wisatawan bahkan bagi masyarakat Sulawesi Selatan itu sendiri. Danau tersebut jika dikelola lebih maksimal tentunya tidak kalah dengan danau-danau indah yang terdapat di negara lain yang tentunya nanti akan meningkatkan devisa dan taraf hidup masyarakat sekitar.