Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kuliner Tradisional Paling Populer Di Indonesia

 

          Pizza, Steak, Sushi, Kimchi! menu-menu diatas merupakan kuliner dari negeri luar yang sering kita dengar dan cukup populer di Indonesia. Menu-menu diatas memang menawarkan cita rasa yang nikmat dan memiliki penggemar tersendiri. Indonesia sendiri sebenarnya memiliki kuliner khas tradisional yang tidak kalah nikmatnya dibandingkan kuliner dari negara luar. Perpaduan dan racikan bumbu-bumbu rahasia Indonesia telah terkenal sejak lama dan diakui masyarakat dunia, bahkan beberapa kuliner khas tersebut diakui sebagai makanan ternikmat di dunia. Apa saja kuliner khas tradisional paling populer Indonesia ? Temukan dan baca terus artikel ini.

          Indonesia merupakan negara yang terdiri dari ribuan pulau dan suku-suku yang tersebar di seantero penjuru, setiap suku di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing. Kulinernya pun memiliki keunikan tersendiri. Ciri khas kuliner Indonesia sering membuat penggemarnya yang berada ditanah rantau sangat merindukannya. Berikut beberapa kuliner khas  tradisional paling populer di Indonesia :

1.           Rendang

Rendang sengaja penulis tempatkan pada urutan pertama sebab bukan hanya penulis yang mengakui kelezatan rendang tetapi dunia pun mengakui kuliner ini sebagai yang terbaik.  Versi CNN tahun 2011 lalu menempatkan rendang sebagai peringkat pertama dalam 50 hidangan terlezat di dunia (Worlds 50 Most Delicious Foods).

Rendang berasal dari daerah Sumatera khususnya Minangkabau. Rendang sapi sering disajikan bersama daun singkong, telur dadar dan kuah gulai dalam masakan padang. Resep rendang ini diwariskan secara turun temurun dan meluas bukan hanya di Indonesia tetapi di mancanegara. Bumbu rendang padang terdiri dari daging sapi, santan kelapa dan bumbu-bumbu alami yang membuat rendang dapat bertahan lama. Rendang dapat bertahan sekitar 1-4 minggu jika disimpan didalam kulkas, tapi umumnya tidak bisa bertahan selama itu karena kelezatannnya membuatnya ingin cepat-cepat dikomsumsi dan dihabiskan tanpa tersisa sedikitpun.

2.           Pempek Palembang

Makanan khas masyarakat Pelembang ini memiliki aneka model / variasi bentuk. Kita dapat menemukan aneka pempek Palembang dengan bentuk kapal selam, pempek udang, pempek telur kecil, pempek tahu, pempek pistel, pempek lenjer dan model-model lainnya. Bahkan model teranyar pempek ini menggunakan keju, sosis, baso sapi untuk memperkaya jenis menu pempek.

          Pempek Pelembang amat mudah kita temukan diberbagai sudut kota Palembang. Bahkan dibeberapa kota besar di Indonesia sudah jamak kita temui pengusaha yang menjual pempek Palembang. Tapi jika ingin membuatnya sendiri dirumah tentu bisa. Ada banyak tutorial membuat pempek sederhana sehingga kita dapat mempelajari cara membuat pempek Palembang asli yang lembut dan enak.

3.           Kerak Telor

Kuliner khas masyarakat Betawi yang satu ini sering kita jumpai pada saat Pekan Raya Jakarta dan beberapa lokasi tertentu di Jakarta (Monas, Kota Tua, Pantai Ancol, Taman Mini Indonesia Indah ). Kerak telor berasal dari daerah Jakarta khususnya Betawi.  Sejarah kerak telor diperkirakan telah ada sejak tahun 1970an, bahkan termasuk makanan sehat favorit kala itu.  Harga yang terjangkau dan cita rasa yang nikmat membuatnya banyak disukai  berbagai lapisan strata sosial.

Cara membuat kerak telor cukup sederhana dan bahan-bahannya pun tidak rumit. Terbuat dari telur ayam/bebek, ketan, ebi dan beberapa bumbu lainnya yang sederhana membuat kuliner khas ini tidak menunggu lama untuk dihidangkan.

4.           Gudeg Yogya

Kuliner khas tradisional ini sangat identik dengan kota Yogyakarta, bahkan Yogyakarta mendapat julukan sebagai Kota Gudeg. Kuliner yang satu ini terbuat dari sayur nangka muda dengan santan yang nikmat dipadukan dengan nasi, telur, ayam kampung dan kecap yang membuatnya rasanya sungguh maknyuss…

Setiap gudeg tentu nya memiliki resep-resep tersendiri, beberapa tempat untuk berburu kuliner khas Yogya ini antara lain: Gudeg Jogja Yu Djum yang terletak di jalan Wijilan no.167 dan telah berdiri sejak tahun 1951 atau bisa juga ke gudeg permata bu Pujo yang terletak di jalan Gajah Mada dan beberapa tempat lainnya yang tidak kalah nikmat.

5.            Rawon

Menu kuliner yang satu ini memiliki warna khas yang berasal dari berbagai rempah-rempah pilihan yang menghasilkan kuah yang sangat nikmat. Warna hitamnya berasal dari bahan bernama kluwek. Rawon berasal dari daerah Jawa, Kuliner berupa sup daging sapi yang memilki kuah berwarna hitam ini memiliki rasa sedikit manis dengan rasa gurih yang dapat membuat lidah bergoyang saking nikmatnya.

           Bumbu rawon terdiri bawang merah putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, serai, cabai, garam, dan bahan-bahan lain yang dimasukkan kedalam kaldu rebusan daging. Masyarakat luar negeri menyebut kuliner khas ini sebagai black soup.

6.           Coto Makassar

Coto Makassar telah lama dikenal masyarakat Sulawesi Selatan, bahkan sejak Abad ke-16 di masa kerajaan Gowa masih berkuasa makanan ini telah menjadi hidangan keluarga kerajaan. Coto terbuat dari daging dan jeroan sapi yang dicampur dengan bumbu-bumbu khas sehingga menghasilkan kuah kental yang nikmat. Coto pada umumnya disajikan bersama dengan ketupat tapi beberapa penjual coto di Makassar juga menyediakan nasi putih sebagai alternatif lain.

Coto Makassar konon dibuat dari 40 macam rempah pilihan sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Uniknya pada saat makan coto kita bisa memesan sesuai dengan keinginan kita, coto isi daging saja, daging + ati, ati + paru, daging + paru, atau kombinasi lainnya. jika ingin mencoba semuanya  bilang saja pada pelayan yang bertanya campur (semua isi daging + jeroan ada). Irisan daun bawang dan bawang goreng umumnya disajikan bersama coto + ketupat.

7.  Bubur Manado

Bubur Manado jangan dipelesetkan menjadi bibir Manado nanti runyam urusannya. Bubur Manado atau sering disebutkan oleh masyarakat Minahasa sebagai Tinutuan sangat cocok jika dipakai sebagai sarapan pagi.  Di tempat asalnya di Manado, Tinutuan umumya disajikan dengan perkedel jagung, sambal roa, ikan cakalang, dan tuna asap.

Bubur Manado terbuat dari berbagai macam sayur seperti labu kuning, singkong, bayam, kangkung, jagung dan kemangi yang dicampurkan dalam suatu bubur. Boleh dikatakan kuliner khas Manado ini termasuk makanan sehat yang pastinya jika sering dikomsumsi akan membuat tumbuh anda menjadi lebih sehat. Bubur Manado juga bisa bisa disajkan dengan mi atau kacang merah (brenebon).

8.           Papeda Maluku

Sagu merupakan salah satu makanan pokok selain beras yang populer di Maluku, Ambon. Salah satu kuliner khas tradisional yang terbuat dari sagu yang termasuk populer adalah Papeda. Papeda adalah makanan khas dari daerah Maluku yang memiliki tekstur lengket seperti lem dan rasanya tawar. Tekstur kenyal-kenyal seperti lem merupakan ciri khas papeda. Walaupun bentuknya seperti lem tapi kuliner yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan buat tubuh anda.

Papeda sering disajikan bersama dengan ikan tongkol atau beberapa jenis ikan lainnya ditambah dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga papaya muda dan cabai merah. Konon kabarnya rutin mengkomsumsi papeda dapat membersihkan organ-organ didalam tubuh dan dipercaya mampu menghilangkan penyakit batu ginjal.

9.           Gado-Gado

Gado-gado merupakan kuliner khas yang dapat kita jumpai hampir diseluruh Indonesia, baik yang dijajakan di pinggir jalan maupun restoran-restoran sederhana sampai hotel-hotel berbintang semua menyediakan gado-gado sebagai menu makanan. Gado-gado berasal dari daerah Jawa Timur.

Bumbu gado-gado terdiri saus kacang tanah yang telah dihaluskan terlebih dahulu, bumbu kacang ini dicampurkan pada sayur-sayuran yang telah direbus sebelumnya, irisan telur lalu kemudian diaduk dan dicampur menjadi satu. Resep gado-gado sendiri amat mudah ditemukan diberbagai media baik cetak maupun elektronik.

10.      Soto Banjar

Kuliner khas yang satu ini amat populer di Kalimantan Selatan khususnya masyarakat Banjar. kuliner yang satu ini paling nikmat disantap pas musim hujan atau cuaca lagi dingin. Kuah soto yang berisi daging ayam yang disuwir ditambah beberapa pelengkap seperti perkedel, kentang rebus, telur, potongan wortel plus ketupat pasti akan membuat kuliner ini makin nikmat terasa.

Sate ayam pada umumnya disajikan sebagai menu pendamping pada saat menikmati soto banjar. Nasi atau lontong yang menemani penyajian nasi sop Banjar ini pastinya akan membuat anda ketagihan dengan cita rasanya yang unik. Resep soto banjar asli yang diturunkan dari satu generasi kegenerasi selanjutnya hendaknya dipelihara,  sehingga kuliner yang satu ini tetap lestari dan dapat dinikmati sepanjang masa.      

          10 kuliner tradisonal paling populer di Indonesia akan membawa anda mengenal kuliner apa saja yang menjadi incaran para wisatawan lokal dan mancanegara. Kelezatan kuliner Indonesia memang sulit dicari tandingannya dan membuat sesorang yang pernah mencicipinya akan terbayang-bayang dengan kelezatannya.