Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANCINGAN IKAN TERBESAR DI DUNIA

pancingan ikan terbesar didunia

PANCINGAN IKAN TERBESAR DI DUNIA

          Para Mancing Mania tentunya sangat berharap jika memancing mendapatkan ikan-ikan besar, Spot-spot mancing terbaik akan terus dicari meski harus melewati rintangan dan tantangan demi membuat joran melengkung. Kenikmatan pada saat strike dan berjuang sampai ikan terangkat ke darat / perahu tentu menghasilkan sensasi yang tidak pernah bisa di tukar dengan apapun juga, dan itu hanya bisa dirasakan oleh Para Mancing Mania sejati. Berfoto dan mengenang hasil pancingan terbesar yang pernah diperoleh tentu mendatangkan kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi setiap pemancing. Pernahkah terlintas  dalam pikiran para Mancing Mania sebesar apa hasil pancingan yang pernah dicatat dalam sejarah ?

1.            Atlantic Bluefin Tuna 677 kg

Tuna sirip biru Atlantic adalah ikan asli Samudra Atlantik Barat dan Timur, Ukuran dan berat tubuh sirip biru atlantik dapat melebihi 450 kg (900 Pound) menyaingi Marlin Hitam dan Marlin Biru Atlantik. Tuna sirip biru merupakan salah satu dari jenis ikan yang menjadi incaran para pemancing dunia ataupun pemancing komersial. Ken Fraser adalah pemegang rekor dunia untuk tuna sirip biru raksasa hasil pancingannya. Ikan Tuna sirip biru tersebut ditangkap di Nova Scotia, Kanada pada tanggal 26 Oktober 1979 (41 tahun lalu) dengan berat sebesar 1496 Pound (1 pound = 0,453 kg) atau setara 677 kg. Perjuangan bertarung melawan Tuna sirip biru tersebut bahkan dibuat buku dengan judul “POSSESSED” ,  Buku berisi 243 halaman itu bahkan telah terjual di lebih dari 30 Negara. Harga buku “POSSESSED” $ 34,99 diluar ongkos kirim. Bayangkan anda berjuang menarik ikan seberat 677 kg, itu setara dengan sebuah pesawat Cessna dengan berat 677,8 kg. 

Ikan Bluefin Tuna 677 kg


2.       Black Marlin 707 kg, Peru.

Ikan Marlin merupakan primadona para pemancing profesional, tenaganya yang besar, ukuran yang jumbo dan perilaku sangat agresif menjadikan ikan ini menjadi impian para pemancing untuk menaklukkannnya. Terdapat 3 jenis marlin, yaitu marlin hitam, marlin biru, dan marlin putih. Ikan ini tersebar di perairan Samudra Hindia dan Samudra Atlantik. Ikan ini memiliki ciri yaitu mulut yang runcing dan tajam seperti pedang dan sirip punggung seperti layar. Ketika dipancing fenomena yang ditunggu para pemancing adalah loncatnya ikan marlin dari permukaan air. Ikan marlin dapat hidup hingga usia 15 tahun, namun kebanyakan ikan ini tertangkap manusia pada usia kurang dari 10 tahun. Pada tanggal 4 agustus 1953  seorang pemancing bernama Alfred Glassell Jr di Cabo Blanco, Peru berhasil mendapatkan ikan black marlin seberat 1560 pound atau  707 kg setelah bertarung selama 1 jam 45 menit.

Black Marlin 707 Kg


3.        Ikan Mas Siam 105 Kg

Ikan Mas mempunyai habitat di perairan tawar tetapi meskipun demikian ikan mas kadang-kadang ditemukan di perairan payau atau muara sungai dengan salinitas (kadar garam) 25-30 %. Ikan mas tergolong ikan omnivora artinya ikan ini memangsa berbagai jenis makanan dan menyukai habitat di pinggiran sungai atau danau dengan permukaan yang tidak terlalu dalam dan berarus sedang. Setelah 6 bulan dipelihara induk jantan bisa berbobot 500 gram dan induk betina bisa berbobot 1,5 kg setelah berumur 15 bulan. Tetapi ikan Mas yang dipancing oleh seorang pria Inggris di Thailand sungguh luar biasa!!! Bobot ikan Mas tersebut seberat 105 Kg. Pada tanggal 8 Juli 2019 John Harvey seorang pria Inggris berumur 42 Tahun berhasil memancing ikan Mas disebuah Danau di Thailand dan berhasil mendapatkan ikan Mas dengan bobot 105 kg setelah berjuang selama 1 jam 20 menit. Sungguh pria yang sangat beruntung.