Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 KULINER FAVORIT MAKASSAR

7 KULINER FAVORIT MAKASSAR

Food backgrounds: table filled with large variety of food - Royalty-free Abundance Stock Photo 

Kota Makassar termasuk salah satu kota yang memiliki banyak tempat kuliner favorit dan diincar para penikmat kuliner. Baik berupa kue-kue tradisional maupun makanan-makanan khas Makassar. Sebagai salah satu warga kota Makassar, penulis termasuk salah satu penggemar makanan-makanan khas yang sangat terkenal di kota Makassar dan rasanya bisa membuat kita ketagihan. Ada beberapa tempat kuliner yang sangat familiar di kota Makassar dan mempunyai pengunjung tetap yang fanatik terhadap tempat-tempat kuliner tersebut. Mari kita langsung saja cari tahu dimana saja tempat-tempat tersebut:

1.                1. PALLUBASA SERIGALA

Dikalangan penikmat makanan berkuah yang lezat, pallubasa serigala termasuk salah satu tempat kuliner yang patut direkomendasikan. Kuah dagingnya yang berwarna coklat dan dipadukan dengan kelapa sangrai dan telur mentah (alas) sebagai tambahan membuat rasanya sulit dilupakan. Pallubasa berbeda dengan coto , coto pada umumnya menggunakan ketupat sebagai teman santapan sedangkan pallubasa memakai nasi putih. Rumah Makan ini didirikan sejak Tahun 1986 ( berumur 34 tahun ), pemiliknya bernama H.Alkadri Haeruddin. Buka mulai jam 8 pagi sampai jam 11 malam. Setiap harinya Rumah Makan ini bisa menghabiskan 600-800 porsi dalam sehari, harga perporsi sekitar 30 ribuan. Konon kabarnya awal mula pallubasa diperuntukkan buat para pekerja seperti kuli bangunan, tukang becak dan kelas pekerja lainnya mengingat harganya yang murah kala itu. Tetapi itu dulu, sekarang Rumah Makan ini telah bermetamorfosis menjadi Rumah Makan yang dikunjungi oleh semua kalangan. Bahkan Presiden Joko Widodo dan mantan wakil presiden Yusuf Kalla pernah mencoba legitnya pallubasa serigala.

Rumah Makan yang tidak pernah sepi dari pengunjung sampai terkadang harus antri buat mengambil tempat duduk ini terletak di jalan Serigala no.54 Kecamatan Mamajang Kota Makassar - Sulawesi Selatan. Penulis sendiri masih mengingat bagaimana harus antri buat makan siang disaat Rumah Makan ini masih berupa tenda tepat didepan Rumah Makan yang sekarang berada.

Pallubasa Serigala

Sumber : www. tripadvisor.co.id

 

 

Rumah Makan Pallubasa Serigala

Sumber : m.guideku.com

 

2.               2.   COTO GAGAK

Konon kabarnya coto merupakan makanan kuah tertua yang dibuat pada tahun 1538 oleh para koki kerajaan yang disajikan untuk para bangsawan kerajaan Gowa dan pada saat upacara adat. Coto terbuat dari 40 jenis rempah-rempah yang membuatnya memiliki kuah yang gurih dan memiliki citarasa yang khas. Salah satu rumah makan coto yang legendaris di kota Makassar yaitu COTO GAGAK. Warung coto ini didirikan oleh Bandu Dg.Kappa pada Tahun 1973 dijalan gagak no.27 kecamatan Mariso ( di pertigaan jalan kakatua-gagak) sampai sekarang. Warung ini sekarang dikelola oleh H.Jamaluddin Nassa (70) yang merupakan anak dari Bandu Dg.Kappa dan diberi nama warung aroma coto gagak. Coto gagak memiliki ciri khas tersendiri dimana kuahnya terasa gurih, segar, dan tidak berlemak. Coto gagak juga masih menggunakan kayu sebagai bahan bakar dalam memproses coto yang nikmat. Warung ini mempunyai dua nuansa tempat makan yaitu tradisional  dan modern, letaknya pun berdampingan. Jika berkunjung ke warung ini kita dapat melihat para foto pelanggan dari kalangan pejabat dan artis yang pernah kesana,teratur rapi di dinding rumah makan coto gagak. Harga seporsi coto gagak sekitar 20 ribuan dan Warung Makan ini mampu menampung sekitar 200 orang pengunjung dan yang paling oke, warung ini buka 24 jam.

 

Coto Gagak

Sumber : www.kumparan.com

 

                  

Warung Aroma Coto Gagak

Sumber : www.goodindonesianfood.com

 

3.             3.    SOP UBI DATU MUSENG / Hj. HANIAH

Warung sop ini berdiri sejak Tahun 1950 dan di dirikan pertama kali oleh H.Abd Rasyid Dg.Gassing dan diteruskan ke Hj.Habiba Dg.Sibo dan berlanjut ke Husain sampai sekarang. Sop ubi ini terletak didalam lorong yang hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki. Di masyarakat lebih terkenal dengan sebutan sop ubi dalam lorong. Warung makan ini terletak di Jalan Datu Museng Lorong 2 no.5 Losari Kecamatan Ujung Pandang-Makassar. Buka mulai jam 08 pagi – 9 malam. Walaupun terletak didalam lorong namun warung ini ramai dikunjungi oleh para pekerja kantoran, masyarakat, dan para pejabat. Bahkan  Almarhum Bpk.Bondan winarno (maknyus) ahli kuliner pernah menjajal kelezatan sop ubi ini. Sop ubi ini mirip soto dan terdiri dari kombinasi ubi kayu (singkong), bihun, telur, irisan daging sapi, tauge, bawang goreng dan kacang tanah. Harga 30 ribuan / porsi.

 

Sop Ubi Hj.Haniah

Sumber : www.tripadvisor.co.id

 

 

Warung Makan Sop Ubi Hj.Haniah

Sumber : www.tripadvisor.co.id

 

4.                4. SOP KONRO KAREBOSI

H.Hanaping yang dulunya berprofesi sebagai guru tentu tidak menyangka kalau usaha yang dirintis Tahun 1960an di sebelah barat Lapangan Karebosi berkembang seperti sekarang. Dari tenda berukuran 5x5 meter berubah menjadi sebuah Rumah Makan yang cukup mentereng. Rumah Makan ini sekarang terletak di jalan Gunung Lompobattang no.41-43 Kecamatan Ujung Pandang Makassar. Sop konro merupakan masakan sop iga sapi yang berasal dari tradisi suku bugis Makassar. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini terbuat dari campuran bermacam-macam rempah seperti ketumbar, keluwak, pala, kencur ,kayu manis, asam, cengkeh, daun salam, dsb. Pada umumnya konro dimasak berkuah yang kaya akan rempah tetapi ada variasi lain bentuk konro yaitu konro bakar. Konro bakar adalah iga sapi bakar dengan bumbu khas konro. Rumah Makan ini buka mulai jam 11 siang sampai jam 11 malam, setiap harinya Rumah Makan ini mampu menjual sekitar 800 porsi dengan harga 35 ribuan / porsi.

 

Sop Konro Iga Bakar

Sumber : www.id.openrice.com

 

 

Rumah Makan Sop Konro Karebosi

Sumber : www.panduanwisata.id

 

5.               5.  SOP LIDAH ASLI LAMURU

Rumah Makan ini berdiri sejak Tahun 1960an dan terus berkembang hingga memiliki 3 cabang yang terletak dijalan Rusa, Cendrawasih,dan jalan Irian. Rumah Makan pertama terletak di jalan Lamuru no.32 B Kecamatan Bontoala – Makassar. Sop lidah sapi ini berbeda dibandingkan coto dan pallubasa. Kuah sop lidah lebih bening dibandingkan dua “saudara”nya tadi. Sop ini ini terbuat dari lidah sapi yang kenyal dan tidak amis, kita dapat menambahkan perkedel kentang saat menikmatinya. Kita juga dapat memesan sop lidah sapi dicampur dengan jeroan yang terdiri dari jantung, hati, pipi, babat, dan paru atau sesuai selera kita. Harga satu porsi sop lidah sekitar 35 ribuan dan Rumah makan ini buka dari pukul 10 pagi – 10 malam. 

Sop Lidah Asli Lamuru

Sumber : www.kumparan.com

 

Rumah Makan Sop Lidah Sapi Asli Lamuru

Sumber : www.sulsel.idntimes.com

 

6.               6.  COTO NUSANTARA

Rumah makan yang dirintis sejak tahun 1990an oleh H.Makmur Dg.Tutu ini berada persis didepan pelabuhan Makassar. Terletak di jalan nusantara baru no.142 Kecamatan Wajo Makassar, warung ini buka mulai pukul 7 pagi sampai 7 malam. Harga setiap porsinya 25 ribuan dan setiap hari Rumah Makan ini mampu menghabiskan 200 kg daging sapi. Panci tanah liat masih digunakan Rumah Makan ini untuk memasak kuah coto nusantara membuat coto ini mempunyai ciri khas tersendiri.


Coto Nusantara

Sumber : www.foodies.siapbaca.com

 Rumah makan Coto Nusantara

Sumber : www.jelong-jelong.id 

7.                 7. SOP SAUDARA IRIAN

        Sop saudara ini berasal dari Kabupaten Pangkep. Rumah Makan ini berdiri sejak Tahun 1982 dan pendirinya bernama H.Sarifuddin lalu di teruskan ke anaknya H. Mursalim. Rumah Makan ini terletak di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo (dulu jalan Irian) no.40 dan buka selama 24 jam.Setiap harinya Rumah Makan ini mampu menghabiskan daging sapi sebanyak 100 kg. Sop saudara merupakan makanan berkuah dengan bahan dasar daging sapi, bihun, perkedel kentang, telur rebus,dll. Harga perporsi 25-30 ribuan.

 

Sop Saudara jalan Irian

Sumber : www.traveloka.com

Rumah Makan Sop Saudara Irian

Sumber : www.tripadvisor.com