Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Mancing Udang Galah Di Sungai Paling Mujarab

cara mancing udang galah di sungai

Duniahobiku.com - Salah satu tempat favorit mancing di alam bebas adalah mancing di sungai. Ada banyak jenis hewan di sungai yang bisa menjadi target pancingan. Salah satu target favorit mancing di sungai adalah udang galah. Memancing udang galah sedikit berbeda dengan mancing ikan pada umumnya. Kebiasaan hidup dan cara makan udang galah berbeda dengan ikan predator di sungai. Artikel kali ini akan berbagi cara mancing udang galah di sungai, semoga bermanfaat!

Sebutan udang galah mengacu pada bentuk dan ukuran sepasang kaki depannya yang panjang menyerupai galah. Warna karapas udang galah biasanya adalah biru agak sedikit hijau, namun ada juga yang berwarna merah. Udang galah adalah salah satu komoditas unggulan, Udang jenis ini banyak dibudidayakan di kolam atau tambak. Udang galah bisa hidup di air tawar dan payau. Rasa daging yang lezat dan gurih menjadikan udang ini primadona budidaya air tawar. Habitat udang galah di alam bebas banyak ditemukan di sungai terutama yang dekat dengan muara. Muara merupakan tempat udang galah memijah saat dewasa. Salah satu ciri khas udang galah adalah ukurannya yang besar dengan capit yang panjangnya bisa dua kali ukuran badannya.

ciri khas udang galah
ciri khas udang galah

Cara Mancing Udang Galah di Sungai

Sungai banyak dipilih para pemancing karena lebih mudah dijangkau dan murah dibandingkan memancing di laut yang membutuhkan kapal dan biaya yang tidak sedikit. Memancing udang galah disungai cukup menggunakan perahu yang lebih kecil. Memancing disungai juga tidak kalah seru, jika beruntung anda bisa memperoleh tangkapan ikan dengan ukuran yang cukup fantastis. Sebelum anda memutuskan untuk berangkat memancing, ada baiknya anda mempersiapkan alat pancing yang sesuai, mengetahui lokasi dan spot pancing terbaik, serta umpan yang akan digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut cara memancing udang galah di sungai:

1.      Umpan Jitu Mancing Udang Galah Di Sungai

Dihabitat aslinya udang galah memakan berbagai jenis hewan air dan tanaman. Serangga air, udang renik, ganggang, sisa hewan, biji dan buah yang hancur, siput, dan cacing. Udang galah bahkan bisa menjadi kanibal dan memakan udang galah lainnya terutama saat mengalami moulting (ganti kulit). Saat memancing udang galah ada beberapa pilihan umpan yang bisa anda pilih. Pilihan pertama untuk umpan hidup adalah udang kecil yang masih hidup, cacing merah atau cacing bakau. Umpan hidup dipilih, karena udang galah biasanya akan reaktif jika melihat umpan hidup yang bergerak dan berenang ke sana kemari dan menganggap itu adalah pakan alami. Jangan gunakan umpan ikan hidup berukuran besar karena selain mulut udang galah yang lebih kecil juga gerakan umpan ikan yang membuat udang galah menjauh karena kaget. Umpan hidup adalah umpan paling jitu untuk mancing udang galah.

umpan cacing mancing udang galah
umpan cacing mancing udang galah

2.      Joran Pancing Udang Galah Di Sungai

Untuk alat pancing udang galah di sungai, pilih joran dengan ujung lentur dengan panjang joran cukup sekitar 70-200 cm. Gunakan joran lebih dari satu, jangan hanya pasang 1 joran, pasang 2 atau 3 joran sekaligus. Sementara untuk kail, gunakan kail yang tanpa pengait dan untuk kenur gunakan ukuran kecil saja misalnya ukuran 0,15-0,20. Selanjutnya untuk pemberat umpan, gunakan timah yang berukuran kecil namun usahakan memilih pemberat yang tak akan terseret arus air.

joran pancing udang galah
joran pancing udang galah

3.      Spot / Lokasi Mancing Udang Galah Di Sungai

Spot mancing terbaik untuk mancing udang di sungai adalah dilakukan di sekitar muara sungai dengan arus air yang tak begitu deras. Udang galah tak akan mampu bertahan jika berada di arus deras. Spot selanjutnya juga pilih sungai yang terdapat semacam tempat persembunyian seperti adanya ranting pohon yang tersangkut, tonggak kayu, diantara pohon nipah, atau pepohonan yang melengkung ke sungai. Waktu terbaik jika mancing di muara adalah ketika air sedang surut.

lokasi mancing udang galah
lokasi mancing udang galah

4.      Waktu Yang Tepat Mancing Udang Galah

Udang galah adalah hewan nocturnal yang lebih aktif pada malam hari. Meskipun udang galah sering juga tertangkap saat pagi atau siang hari namun waktu terbaik memancing udang ini adalah saat malam hari. Pada saat malam hari udara akan cenderung turun dan hal ini disukai oleh udang galah. Pada saat siang hari dimana udara panas udang cenderung akan bersembunyi di bagian tengah sungai yang cukup dalam atau di antara bebatuan dan tumpukan kayu yang ada di dasar sungai.  Memancing malam hari membutuhkan kewaspadaan yang tinggi serta lebih menantang, hindari daerah yang masih terindikasi sebagai habitat buaya liar yang juga aktif saat malam hari.

waktu mancing udang galah
waktu mancing udang galah

5.      Jangan Mancing Udang Galah Saat Musim Hujan

Udang galah lebih menyukai perairan yang dangkal. Saat musim hujan tiba air sungai cenderung akan naik. Air sungai cenderung akan berwarna keruh dan kecoklatan saat arus sungai sedang deras. Kondisi ini menyebabkan udang cenderung malas untuk mencari makan. Air sungai berarus pelan lebih disukai udang galah karena umpan yang digunakan akan terus bergerak. Memancing saat musim hujan juga memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi bagi keselamatan pemancing. Petir dan longsor bisa terjadi setiap saat dan hal ini bisa mengancam nyawa para pemancing.

mancing udang galah saat hujan
mancing udang galah saat hujan

6.      Teknik Mancing Udang Galah Di Sungai

Udang galah sering bersembunyi dari ikan predator. Untuk memancing udang keluar dari tempat persembunyian anda bisa melakukan chumming terlebih dahulu. Chumming merupakan metode melempar umpan agar ikan target berkumpul dan memakan umpan. Kelapa dan  ubi parut bisa anda lemparkan ke spot yang menjadi target sebelum melempar umpan yang sebenarnya. Udang galah memiliki pola makan yang sedikit berbeda dengan ikan. Umpan yang dimakan akan ditarik secara perlahan hingga joran melengkung sedikit demi sedikit. Jangan terburu-buru mengangkat joran. Tunggu hingga udang galah benar-benar memakan umpan dengan baik. Setelah mantap barulah joran diangkat untuk mengangkat udang galah ke perahu atau darat.

teknik mancing udang galah
teknik mancing udang galah

Semoga artikel tentang cara mancing udang galah di sungai dapat berguna. Memancing merupakan sarana untuk menghibur diri dan melatih kesabaran, namun saat udang galah menyambar maka moment strike pasti memberi kesan.