Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Vitamin E Untuk Burung Peliharaan

 manfaat vitamin e untuk burung

Duniahobiku.com -  Apa manfaat vitamin E untuk burung peliharaan? Vitamin E adalah salah satu dari vitamin yang sangat penting dan dibutuhkan oleh semua jenis burung peliharaan. Vitamin ini mudah larut dalam lemak, dan manfaatnya adalah menjaga kondisi tubuh dan kesuburan dari burung peliharaan atau yang ditangkarkan. Selain itu, manfaat penting lain adalah meningkatkan metabolisme burung secara keseluruhan dan meningkatnya kekebalan tubuh.

Secara umum, vitamin E akan bertindak seperti antioksidan dengan melindungi vitamin lain, dan sangat penting untuk sistem pernafasan, hati, dan jaringan otot burung. Makanan yang sehat akan membuat burung selalu tampil prima dalam segala kondisi, terlebih lagi burung yang akan ikut dalam perlombaan ataupun sedang ditangkarkan.

Burung yang mengalami defisiensi vitamin E

Burung peliharaan yang mengalami defisiensi atau kekurangan vitamin E akan mempunyai tubuh yang cenderung lemas, kurang aktif dan rentan mengalami masalah dalam sistem syarafnya. Selain itu mereka mudah mengalami gangguan dalam vasular, terhambatnya pertumbuhan sel darah, anemia, dan masalah otot lainnya termasuk kejang-kejang.

Kenari lemas
Gambar Kenari lemas

Makanan yang mengandung vitamin E

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin E, bisa dilakukan dengan menyediakan suplemen atau vitamin tambahan dalam perawatan hariannnya, atau menyediakan beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin E.

Sayur-sayuran hijau seperti bayam, brokoli, umbi jalar, biji bunga matahari (kuaci), dan gandum memiliki kandungan vitamin E yang tinggi, selain itu juga ditemukan dalam biji-bijian dan sereal.

makanan burung
Gambar makanan burung

Manfaat vitamin E

Vitamin E bisa dikombinasikan dengan selenium, yang akan menghasilkan enzim glutation peroxidase yang cukup diperlukan untuk mengatasi gangguan pertumbuhan dan ketidaksuburan. Burung yang mendapatkan asupan yang cukup akan vitamin E akan makin gacor karena vitamin E dapat meningkatkan hormon pada burung yang akan membuatnya semakin sering berkicau untuk menarik perhatian burung betina.

Glutation peroksidase : adalah selenium yang mengandung enzim, peran utama dari enzim ini adalah untuk melindungi organisme dari kerusakan oksidatif. Karena properti antioksidan, enzim ini dapat meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi kerusakan sperma.

Kesimpulannya bahwa vitamin E dan Selenium ini bisa diberikan pada burung yang masih muda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat proses pertumbuhannya, selain itu bisa diberikan pada burung yang memiliki tingkat kesuburan yang sangat rendah, untuk mengurangi jumlah sperma yang rusak atau telur yang infertil (kosong/gagal menetas).

Semoga artikel tentang Manfaat Vitamin E Untuk Burung Peliharaan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang bagaimana memilih makanan yang sehat untuk burung peliharaan anda.