Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Mencari Lokasi Mancing Ikan Di Rawa Bagi Pemula

 mancing ikan dirawa

Duniahobiku.com - Anda sedang mencari lokasi mancing ikan di rawa yang tepat di rawa? Lokasi atau spot mancing yang baik merupakan salah satu hal penting dalam kegiatan memancing. Setiap lokasi mancing tentunya memiliki tantangan tersendiri dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita perlu mengetahui tanda-tanda keberadaan ikan. Memilih waktu dan tempat yang tepat akan memperbesar peluang anda memproleh ikan. Rawa merupakan salah satu spot mancing yang sering dimanfaatkan apalagi saat musim hujan tiba dimana rawa akan menampung banyak air dan ikan.

Rawa merupakan dataran rendah yang digenangi air dan kita bisa menemukan berbagai tumbuhan air hidup diatasnya seperti eceng gondok.  Kita bisa menemukan beberapa jenis ikan labirin dan ikan-ikan bersisik seperti tawes, wader, cakul, jelawat, seren, nilem, mujahir dan nila. Ada dua jenis rawa yang bisa kita temukan di Indonesia yaitu rawa air tawar dan rawa air asin (mangrove) seperti yang bisa kita temukan di pulau Kalimantan dan Sumatera. Khusus untuk kedua pulau diatas sebaiknya kita tidak memancing dimalam hari mengingat resiko dimana masih sering ditemukan hewan liar seperti ular dan buaya.

Pada musim kemarau yang berkepanjangan rawa kadang menjadi kering kerontang tetapi saat musim penghujan tiba daerah rawa biasanya sering dikunjungi para pemancing untuk mencari peruntungan karena air telah membentuknya seperti sebuah danau. Pemancing professional biasanya memiliki feeling dimana lokasi yang tepat untuk memancing tapi bagi pemula biasanya akan kebingungan memilih lokasi yang tepat untuk memancing. Berikut tips memilih lokasi mancing yang tepat dirawa bagi pemula :

1.      Memilih Lokasi Mancing

Sebelum memulai memancing kita bisa berjalan-jalan terlebih dahulu disekeliling rawa untuk melihat dimana posisi ikan yang sering bergerombol. Ikan rawa mudah terlihat sehingga kita bisa menentukan apakah suatu lokasi/spot terdapat ikan atau tidak. Beberapa ikan sering bergerombol dalam jumlah banyak dan akan tenggelam jika menyadari keberadaan kita namun tempat dimana ikan itu bergerombol adalah target lokasi paling tepat untuk melempar umpan. Kita dapat melempar umpan sekitar 2-3 meter dari lokasi tempat bergerombolnya ikan.

2.      Terdapat Burung Raja Udang

Lokasi dimana kita melihat banyak burung tetengkek biru/raja udang atau burung bangau merupakan salah satu indikator bahwa terdapat banyak ikan disekitar tempat tersebut. Burung raja udang merupakan burung pemakan ikan.  Adanya ikan wader atau ikan kecil akan menarik ikan lain berukuran besar untuk berburu mangsa seperti ikan gabus, toman dan hampala.

3.    Temukan bagian rawa yang dalam

Bagian rawa yang relatif dalam, merupakan tempat yang tepat untuk bersembunyi dan menjadi rumah dari berbagai jenis ikan rawa. Karena daerah ini akan terlindungi dari burung pemakan ikan seperti raja udang apalagi jika daerah tersebut ditumbuhi banyak tanaman air seperti eceng gondok maupun apu-apu.

4.      Lokasi ikan kecil berlompatan

Saat mensurvei lokasi mancing dengan berkeliling kita kadang menemukan ikan kecil berlarian dan melompat seolah sedang dikejar sesuatu. Itu bisa menjadi pertanda bahwa ada ikan predator disekitar tempat tersebut. Lokasi sekitar ikan berlompatan bisa menjadi titik lokasi melempar umpan yang tepat untuk anda mulai memancing.

5.      Cari lokasi air mengalir ke tempat rendah

Rawa merupakan kumpulan air tergenang dan umumnya bersifat tenang.

Namun kita dapat mencari dimana bagian air yang mengalir pelan ke tempat yang lebih rendah. Daerah aliran air mengalir ini merupakan lokasi untuk memancing ikan-ikan bersisik seperti nilem, Lukas, derbang, cakul, dll.

6.      Temukan lokasi babon/induk ikan

Jika anda melihat ikan besar melompat atau tiba-tiba air rawa tersibak dengan kuat maka bisa dipastikan ada ikan besar yang sedang berenang dibawahnya. Begitupula jika kita menemukan rombongan anak ikan gabus/toman yang berwarna kemerahan bergerombol dalam jumlah ratusan maka disekitar tempat tersebut pasti ada induk ikan gabus/toman yang menjaga. Kecuali anda tidak tega anak ikan hidup tanpa orang tua asuh, jangan dipancing didaerah tersebut. Keputusan ada ditangan anda!

7.      Umpan pengebom (chumming)

Setelah menemukan beberapa lokasi seperti disebutkan diatas maka langkah selanjutnya adalah mengambil posisi dan mempersiapkan perlengkapan mancing. Berikan umpan pengebom (chumming) dilokasi kita akan melempar umpan untuk menarik ikan berkumpul ditempat tersebut. Umpan pengebom bisa berupa pelet, nasi putih, cacing tanah, lumut dan saat hotspot sudah tercipta maka siapkan diri anda untuk strike.

Semoga artikel tentang 7 Tips Mencari Lokasi Mancing ikan Di Rawa Bagi Pemula dapat bermanfaat bagi anda yang mencari refreshing diwaktu senggang, apalagi rawa merupakan lokasi tempat pemancingan gratis yang bisa anda temukan di kota anda.