Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Srikaya Jumbo Varietas Baru berbuah Jumbo

 

     Srikaya!!! Tentunya anda mengenal buah yang berwarna hijau bulat memiliki tonjolan disekujur buah dengan daging buah berwarna putih dan biji berwarna hitam. Jika dulunya srikaya memiliki ukuran buah yang tidak terlalu besar sekarang para penggemar buah ini mendapat angin segar dengan masuknya varietas baru srikaya dengan ukuran fantastis ke Indonesia. Srikaya jumbo!!!  Ingin mengenal srikaya jumbo lebih jauh, simak terus artikel ini.

       Srikaya jumbo (Annosa squamosa) merupakan salah satu buah pendatang yang di introduksi dari negara luar. Thailand dan Australia merupakan penghasil bibit srikaya jumbo yang memiliki kualitas terbaik. Dibandingkan srikaya lokal yang bobot buahnya hanya sekitar 100-300 gram/buah, srikaya jumbo memiliki ukuran dan bobot yang lebih besar, ukurannya bahkan dapat mencapai 6 ons-1,5 kg. Memiliki biji yang lebih sedikit, daging buah yang lebih lembut dan memiliki tekstur rasa tidak  berpasir. Tekstur berpasir menjadi salah satu kelemahan srikaya lokal.

        Beberapa varietas srikaya jumbo Australia telah banyak ditanam dan diperdagangkan di Indonesia bahkan Srikaya jumbo tanpa biji dan srikaya jumbo merah bisa dengan mudah kita dapatkan bibitnya di toko online dan pusat penjual bibit buah-buahan. Srikaya jumbo juga dapat berbuah sebanyak dua kali dalam setahun berbeda dengan srikaya lokal yang umumnya berbuah setahun sekali. Berikut penjelasan yang lebih lengkap tentang tanaman srikaya jumbo :

1.         Klasifikasi Srikaya Jumbo

Divisi                   : Spermathophyta

Subdivisi             : Angiospermae

Kelas                    : Magnoliopsida

Ordo                    : Magnoliales

Famili                  : Annonaceae

Genus                  : Annona

Spesies                 : Annona Squamosa.L

2.         Morfologi Srikaya Jumbo 

Srikaya berbentuk perdu atau pohon dengan tinggi tanaman yang dapat mencapai 2-8 meter dan dapat tumbuh dengan baik jika ditanam ditanah maupun pot/drum. Srikaya jumbo dikenal sangat adaptif dan juga dapat ditanam didataran tinggi, pohon ini termasuk genjah (mudah berbuah). Srikaya dapat tumbuh pada ketinggian sampai 1000 meter dari permukaan laut tetapi akan tumbuh lebih optimal pada ketinggian 100-300 m dpl.

srikaya jumbo
Gambar Srikaya Jumbo

Srikaya jumbo berbentuk pohon dengan ketinggian mencapai 2-6 meter, daun berbentuk lonjong dan berwarna hijau. Ukuran daun sekitar 5-17 cm dan lebar 3-6 cm, bunga muncul pada cabang dalam rangkaian 2-4 kuntum panjangnnya sekitar 2,5 cm dan berwarna hijau kekuningan. Buah berbentuk bulat dan agak lonjong dengan permukaan kulit buah yang memiliki benjolan. Daging buah berwarna putih dan memiliki rasa yang manis, sedangkan bijinya berwarna hitam mengkilap.

buah srikaya jumbo
Gambar Buah Srikaya Jumbo

Pohon srikaya hasil okulasi berumur 1,5 tahun sudah mulai dapat menghasilkan buah selama mendapat perawatan yang baik srikaya jumbo berumur 4 tahun, tinggi 1,5 meter dan diameter batang sebesar tangan orang dewasa sudah dapat menghasilkan buah secara optimal.

3.         Kandungan gizi Srikaya Jumbo

 Menurut data dari Direktorat Gizi Departemen Kesehatan Republik Indonesia setiap 100 gram daging buah srikaya mengandung komposisi gizi sebagai berikut :

·          Kalori101 Kal

·          Protein 1,70 gram

·          Lemak 0,60 gram

·          Karbohidrat 25,20 gram

·          Kalsium 27,00 mg

·          Fosfor 20,00 mg

·          Besi 0,80 mg

·          Vitamin B1 0,08 mg

·          Vitamin C 22,00 mg

·          Air

4.         Manfaat Srikaya Jumbo bagi Kesehatan

·          Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah srikaya  bersifat antioksidan  sehingga dapat manangkal radikal bebas dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

·          Menjaga sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam daging buah srikaya jumbo dapat memelihara sistem pencernaan kita sehingga terhindar dari gangguan pencernaan salah satunya adalah sembelit.

·          Menjaga kadar gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun srikaya dapat menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil. Buah ini juga aman dikomsumsi karena memiliki kandungan gula dalam kategori sedang.

·          Membasmi kutu dan ketombe

Kandungan pada biji srikaya dipercaya dapat menghilangkan ketombe dan kutu pada rambut. Masyarakat India meramu biji srikaya sebagai tonik rambut dan bijinya ditumbuk dan dioleskan pada rambut yang memiliki masalah kutu dan ketombe.

·          Buah srikaya sebagai kuliner

Selain dikomsumsi langsung buah srikaya dapat diolah dalam bentuk juice, es krim, selai, jeli dan lain-lain.

·          Pestisida nabati

Kandungan skuamosin pada biji srikaya dapat menjadi alternatif pestisida nabati, ekstrak biji srikaya biasa dipergunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat spodoptera litura, Plutella xylostella, dan rayap tanah. Ekstrak biji tersebut berfungsi sebagai racun perut pada serangga hama.

5.         Budidaya Tanaman Srikaya Jumbo

Srikaya jumbo dapat ditanam langsung ditanah maupun pada media pot/drum. Bibit srikaya jumbo dapat diperoleh dari beberapa cara, bisa dari biji buah yang telah disemaikan atau melalui cara buatan (okulasi,cangkok, grafting, dll).

1.    Penanaman Srikaya Jumbo

·          Penanaman langsung ditanah :

 Siapkan lubang tanam berukuran 50x50 cm dengan jarak tanam 4x4 meter atau 5x5 meter. Lubang tanam diisi dengan pupuk kandang atau kompos. Sebagai pupuk dasar dapat ditambahkan NPK sebanyak 100-125 gram/lubang tanam.

·           Penanaman di Pot / Drum :

 Media tanam dapat berupa campuran tanah, pupuk kandang/kompos, sekam dengan perbandingan 2:1:1. Pupuk NPK dapat diberikan sebanyak satu sendok makan setiap 1-3 bulan sekali pada saat masa pertumbuhan.

2.    Pemangkasan dan pemupukan

Pemangkasan bukan hanya bertujuan untuk merangsang keluarnya bunga pada ranting yang telah dipotong tapi akan membuat tanaman tampil lebih rapi. Tanaman yang tidak dipangkas dapat membuat tanaman tumbuh tinggi sehingga akan mempersulit proses panen.

 Pemupukan sebaiknya dilakukan secara berkala agar tanaman tumbuh subur dengan buah yang lebat dan besar. Tanaman berumur (3-4 tahun) dapat diberikan pupuk NPK sebanyak 0,5- 1 kg setiap 3 bulan sekali. Lakukan penyiraman secara teratur agar tanaman tidak kekeringan dan layu tetapi jangan sampai berlebihan karena tanaman ini tidak terlalu suka dengan media yang becek.

3.    Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman srikaya jumbo adalah kutu putih dan lalat buah. Kutu putih dapat dikendalikan dengan insektisida bahan aktif seperti decis EC 50 ml atau Curacron 500 EC. Untuk dosis dapat disesuaikan dengan tingkat kerusakan akibat hama. Cara penggunaan dan dosis yang tepat dapat kita lihat pada kemasan insektisida. Lalat buah sendiri dapat dilakukan secara manual dengan membungkus buah dengan menggunakan kertas koran atau plastik khusus tanaman buah (Fruit Cover). Kita juga dapat menggunakan petrogenol (perangkap lalat buah) untuk mengendalikan perkembangan lalat buah.

4.    Masa Panen

Buah srikaya dapat dipanen sekitar 90 hari (3 bulan) setelah terjadi penyerbukan. Ciri-ciri umum buah siap dipetik adalah jarak benjolan buah mulai renggang, aroma buah mulai tercium, warna kulit buah mulai berubah dari hijau menjadi hijau kekuningan, apabila kulit buah ditekan dengan jari akan terasa lembek dan tangkai mudah lepas.

Srikaya jumbo yang akan diangkut sebaiknya tidak dipanen sampai matang dipohon. Buah srikaya jumbo untuk pengangkutan jarak jauh sebaiknya dipanen 80-85 hari setelah mekar. Buah srikaya tidak dapat dipanen secara bersamaan karena tingkat kematangan yang berbeda antar buah yang satu dengan yang lainnya.

 Pemetikan buah sebaiknya menggunakan pemotong tangkai untuk menghindari terjadinya kerusakan buah, Daya simpan buah dapat bertahan sekitar 2-5 hari sejak panen. Jika disimpan dalam lemari pendingin dapat bertahan selama 1-2 minggu.

Srikaya jumbo memiliki prospek ekonomi yang menjanjikan jika dikelola dengan baik selain genjah dan memiliki ukuran jumbo tanaman ini dikenal adaptif. Harga jual yang tinggi dan tampilan yang lebih jumbo dibandingkan srikaya lokal ikut membuat srikaya jumbo makin mendapat tempat dikalangan penggemar tanaman buah.