Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tingkah laku Hamster Yang Lucu dan Menggemaskan Yang Perlu Diketahui Pemiliknya

tingkah laku hamster

Duniahobiku.com – Hai, para pencinta Hamtaro! Kali ini kita akan membahas tentang tingkah laku hamster. Hamster merupakan hewan kecil yang sangat populer sebagai hewan peliharaan di seluruh dunia. Hamster terkenal dengan kebiasaannya yang lucu dan menggemaskan, dan merupakan hewan peliharaan yang relatif mudah untuk dipelihara. Akan tetapi, untuk memelihara hamster dengan benar, Anda harus memahami tingkah laku hamster. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tingkah laku hamster yang paling umum dan cara memahami perilaku mereka.

Pengenalan tentang Hamster

Sebelum kita membahas tentang tingkah laku hamster, mari kita pelajari sedikit tentang hewan yang satu ini. Hamster adalah hewan pengerat yang berasal dari wilayah Asia dan Eropa. Ada berbagai jenis hamster, seperti hamster siria, hamster dwarf, hamster campbell, hamster roborovski, dan masih banyak lagi. Namun, meskipun ada beberapa perbedaan antara jenis hamster, mereka semua memiliki karakteristik umum yang sama.

Hamster adalah hewan soliter yang cenderung tidur pada siang hari dan bangun pada malam hari. Mereka biasanya aktif pada malam hari (nocturnal) dan suka bermain di malam hari. Hamster juga sangat tergantung pada indra penciumannya, dan mereka sering menggunakan hidung mereka untuk memeriksa lingkungan mereka.

Tingkah Laku Hamster

Hamster memiliki tingkah laku yang unik dan menarik untuk diamati. Sebagai pemilik hamster, penting untuk memahami perilaku mereka agar dapat memberikan perawatan yang sesuai dan membuat mereka merasa nyaman di rumah kita. Berikut beberapa tingkah laku hamster yang bisa menjadi tambahan pengetahuan buat anda para pencinta Hamster:

1.           Menggigit

Tingkah laku pertama yang sering terjadi pada hamster adalah menggigit. Hamster yang baru diperkenalkan pada lingkungan baru mungkin cemas dan takut, dan mereka bisa menggigit tangan Anda jika merasa terancam. Meskipun gigitan hamster cukup menyakitkan bahkan bisa membuat jari anda terluka, Anda harus menghindari merespons dengan marah atau keras pada hamster Anda. Hal ini bisa membuat hamster semakin takut dan cemas. Sebagai gantinya, cobalah untuk membiarkan hamster Anda merasa nyaman dengan Anda, dan memberinya waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Jangan terburu-buru memegang hamster yang beum mengenali bau tangan anda dengan baik.

2.           Menggali

Tingkah laku kedua yang sering terjadi pada hamster adalah menggali. Hamster suka menggali, dan mereka biasanya akan menggali di kandang mereka untuk membuat sarang atau terowongan. Jika hamster Anda sering menggali, cobalah untuk memberikan tempat yang aman untuk mereka menggali. Anda bisa menambahkan potongan-potongan kayu atau tikar kecil ke dalam kandang mereka untuk memberikan sesuatu yang bisa digali.

Di Alam Bebas mereka cenderung membuat lubang persembunyian untuk tempat tidur sekaligus sebagai perlindungan diri dari predator dan cuaca malam yang dingin. Mereka juga suka menggali tanah untuk mencari makanan.

3.           Berlari dan bermain

Tingkah laku ketiga yang sering terjadi pada hamster adalah berlari dan bermain. Hamster suka berlari dan bermain, terutama pada malam hari. Anda bisa memberikan roda gerak atau bola hamster di dalam kandang mereka untuk memberikan kesempatan bagi hamster Anda untuk berlari dan bermain.

4.           Makan

Tingkah laku keempat yang sering terjadi pada hamster adalah makan. Hamster suka makan, dan mereka biasanya makan makanan kering seperti biji-bijian dan serat. Salah satu karakter unik hamster adalah memasukkan makanannya kedalam mulut dan meletakkan di kedua belah pipinya sehinga terlihat membesar. Makanan ini kemudian dipindahkan ke salah satu sudut kandang tempat tinggalnya lalu menguburnya.

Pastikan untuk memberi hamster Anda makanan yang sehat dan bergizi, dan jangan memberikan makanan yang mengandung banyak gula atau lemak. Selain itu, pastikan juga bahwa air minum hamster Anda selalu tersedia dan segar.

5.           Menjilat

Tingkah laku kelima yang sering terjadi pada hamster adalah menjilat.  Hamster termasuk hewan yang senang dengan kebersihan. Hamster suka menjilat, dan mereka sering menjilat tubuh mereka sendiri untuk membersihkan bulunya atau benda-benda di sekitar mereka. Menjilat adalah cara hamster untuk membersihkan diri mereka sendiri, dan juga cara mereka mengeksplorasi dunia di sekitar mereka.

6.           Suka Mengganggu Hamster Lain

Hamster yang nakal akan selalu mengganggu hamster lain dengan cara menginjaknya saat temannya tertidur atau bahkan mengajaknya berantem tanpa sebab. Hal ini paling sering terjadi jika anda mencampur hamster yang baru dengan yang lama. Hamster yang nakal akan menggigit kaki depan, leher, kepala dan badan temannya. Jika terdengar suara mencicit yang cukup nyaring itu pertanda terjadi perkelahian antar hamster.  Salah satu solusinya adalah memberikan bedak khusus agar bau hamster menjadi seragam.

7.           Mengunyah

Tingkah laku keenam yang sering terjadi pada hamster adalah mengunyah. Hamster memiliki gigi yang terus tumbuh, dan mereka membutuhkan sesuatu untuk dikunyah agar gigi mereka tidak tumbuh terlalu panjang. Jika hamster Anda tidak memiliki sesuatu untuk dikunyah, mereka mungkin mulai mengunyah kandang mereka sendiri atau benda-benda lain di sekitar mereka, seperti tempat pakan, mainan hamster, dll. Pastikan untuk memberi hamster Anda mainan yang dapat dikunyah, seperti cabang pohon atau mainan kayu.

8.           Menunjukkan tanda-tanda stres

Tingkah laku ketujuh yang harus diwaspadai adalah tanda-tanda stres pada hamster. Hamster dapat menunjukkan tanda-tanda stres ketika mereka merasa terancam atau merasa tidak nyaman. Beberapa tanda-tanda stres yang umum pada hamster antara lain menggigit atau mencakar kandang mereka, menggigit tangan Anda, atau bersembunyi di sudut kandang mereka.. Hamster yang sering mondar mandir dan melompat lompat dipinggir kandang secara terus menerus bisa menjadi pertanda hamster sedang stress. Apakah Karena perebutan pakan, kandang yang terlalu sempit, perkelahian,dll. Jika hamster Anda menunjukkan tanda-tanda stres, cobalah untuk menentukan penyebabnya dan membantu hamster Anda merasa lebih nyaman dan aman

9.           Menunjukkan tanda-tanda sakit

Tingkah laku terakhir yang harus diwaspadai adalah tanda-tanda sakit pada hamster. Hamster dapat menunjukkan tanda-tanda sakit ketika mereka merasa tidak enak badan atau sakit. Beberapa tanda-tanda sakit yang umum pada hamster antara lain kurang aktif dari biasanya, kurang nafsu makan, diare, atau kesulitan bernafas. Jika hamster Anda menunjukkan tanda-tanda sakit, segera bawa ke dokter hewan untuk diperiksa dan diobati.

Demikianlah beberapa artikel menarik seputar tingkah laku hamster yang dapat menjadi referensi bagi Anda yang ingin lebih memahami hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan ini. Dengan mengetahui perilaku dan kebiasaan hamster, kita dapat memberikan perawatan yang tepat dan membuat mereka merasa nyaman serta bahagia di rumah kita. Jangan lupa untuk selalu memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup pada hewan peliharaan kita, termasuk hamster kesayangan kita.