Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Ikan Cere Untuk Ikan Predator Sebagai Pakan Murah Bahkan Gratis


manfaat ikan cere untuk ikan predator 

Duniahobiku.com - Ikan cere, guppi, ikan seribu merupakan ikan yang berasal dari nenek moyang yang sama. Namun dalam perkembangannya ikan guppy lebih cenderung diperdagangkan sebagai ikan hias karena bentuk dan warnanya yang menarik. Ikan cere sendiri biasanya kita temukan di got atau saluran air dan jarang diperdagangkan seperti saudaranya ”ikan guppy” karena warnanya yang kurang menarik. Ikan cere lebih banyak dimanfaatkan sebagai pakan ikan predator atau mengendalikan jentik nyamuk pada saluran air atau got. Artikel kali ini akan mengulas tentang manfaat ikan cere untuk ikan predator yang bisa menghemat pengeluaran anda untuk membeli pakan.

Ikan hias predator adalah jenis ikan air tawar yang memiliki sifat memakan ikan lain sebagai pakan. Beberapa contoh ikan hias predator antara lain; ikan piranha, arwana ,gabus, toman, jenis2 Cichlid besar seperti Peacock Bass, Oscar, Snakehead/Channa, Aligator, Palmas, Catfish dll.

Ikan hias predator membutuhkan pakan yang kaya protein dan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Beberapa makanan ikan hias predator yang umum diberikan para penghobi antara lain:

Ikan kecil: Ikan kecil seperti guppy, molly, dan tetra, anak ikan nila, anak ikan mujahir, anakan ikan mas,dll yang berukuran kecil hingga sedang dapat menjadi pakan bagi ikan hias predator.

Udang: Udang air tawar atau laut dapat menjadi pakan bagi ikan hias predator.

Ikan cere: Ikan cere dapat menjadi pakan alami bagi ikan hias predator.

Pakan buatan: Beberapa ikan hias predator juga dapat diberi pakan buatan seperti pakan ikan konsentrat atau pakan frozen.

Manfaat Ikan Cere Untuk Ikan Predator

Salah satu sumber pakan gratis yang bisa kita dapatkan adalah ikan cere. Dibandingkan pakan buatan ikan cere memiliki banyak keunggulan. Berikut beberapa manfaat ikan cere untuk  ikan predator,antara lain:

1. Kaya nutrisi

Ikan cere mengandung banyak protein, lemak, dan vitamin yang diperlukan oleh ikan predator untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Kandungan protein pada ikan mecapai hampir 15 gram / 100 gram daging ikan cere, energi mencapai 84 kkal serta lemak sebesar 2,27 gram.

2. Alami

Ada beberapa pakan alami yang bisa diberikan pada ikan predator salah satunya adalah ikan cere.Salah satu pilihan yang baik sebagai pakan alami bagi ikan adalah ikan cere. Ikan cere memiliki kandungan protein yang tinggi dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh ikan. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya tidak hanya memberikan ikan cere saja sebagai makanan utama ikan predator yang anda pelihara, pakan ikan cere sebaiknya dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan lain untuk memastikan bahwa ikan mendapatkan nutrisi yang seimbang dan beragam. Ikan cere merupakan pakan alami yang disukai bagi ikan predator karena bisa memancing nafsu makan ikan predator yang terkenal ganas. 

3. Mudah didapat

Ikan cere dapat ditemukan di toko ikan atau toko makanan ikan, dan juga dijual secara online di marketplace secara online. Bahkan anda bisa mencarinya sendiri di got/saluran air warga yang tergenang dengan air dan dipenuhi dengan ikan cere. Namun sebaiknya ikan cere yang diambil dari got/saluran air warga disterilkan terlebih dahulu dengan menggunakan bahan kimia seperti Blizt Icht. Gunakan sesuai dosis yang tertera pada label kemasan.

4. Murah

Harga ikan cere biasanya lebih murah dibandingkan dengan jenis pakan ikan lainnya. Namun, harga bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti ukuran ikan cere, jenis ikan, dan tempat penjualan. Ikan cere umumnya dijual dengan harga sekitar 5000-10.000 yang berisi sekitar 100 ekor ikan cere.

5. Mudah Dibudidayakan

Ikan cere termasuk jenis ikan yang mudah dibudidayakan dan perawatannya cukup mudah  bahkan bagi seorang pemula.Jika anda ingin memperoleh pakan alami secara kontinu dengan biaya sangat murah salah satunya adalah dengan cara membudidayakan ikan cere di kolam atau akuarium. Jika perawatan yang dilakukan tepat maka hanya dalam hitungan bulan maka ikan cere anda akan berkembang biak dengan pesat.

Semoga artikel tentang manfaat ikan cere untuk predator diatas dapat bermanfaat. Ikan cere bisa menjadi solusi pakan alami yang murah meriah apalagi jika anda memelihara ikan predator dalam jumlah yang cukup banyak.