Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Grooming Hewan Peliharaan, Manfaat dan Waktu Terbaik Melakukan Grooming

 grooming hewan peliharaan

Duniahobiku.com - Bagi yang sering mengantarkan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing ke pet shop tentu tidak asing dengan istilah grooming namun bagi orang awam tentu belum paham apa yang dimaksud dengan grooming. Grooming bisa membantu menjaga kesehatan fisik dan mental hewan kesayangan anda secara menyeluruh. Untuk mengetahui lebih jelas apa itu grooming dan manfaat yang bisa diperoleh hewan peliharaan silahkan simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini.

Apa itu Grooming Untuk Hewan?

Grooming pada hewan peliharaan adalah proses membersihkan atau merawat bulu atau kulit hewan peliharaan. Ini bisa meliputi aktivitas seperti menyisir, menyikat, atau membersihkan bulu hewan peliharaan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu atau kulitnya. Grooming juga bisa termasuk proses membersihkan telinga, kuku, atau gigi hewan peliharaan.

Jenis grooming yang dibutuhkan untuk hewan peliharaan bervariasi berdasarkan jenis hewan dan jenis bulunya. Beberapa hewan memerlukan grooming yang lebih intensif dibandingkan yang lainnya.

grooming pada anjing
gambar grooming pada anjing

Hewan Apa Saja Yang Perlu Grooming?

Secara umum grooming bisa dilakukan pada seluruh hewan peliharaan yang memiliki bulu dan memerlukan perawatan agar tampil lebih cantik. Banyak jenis hewan peliharaan yang dapat memerlukan grooming, beberapa di antaranya yaitu :

Anjing: Anjing memerlukan grooming yang teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bulu, kulit, dan telinga. Beberapa jenis anjing, seperti anjing ras yang memiliki bulu panjang, memerlukan grooming yang lebih intensif dibandingkan jenis anjing lainnya.

Kucing: Kucing juga memerlukan grooming yang teratur agar bulunya semakin bersih dan lembut. Anda tentunya akan merasa nyaman membelai kucing kesayangan anda jika memiliki bulu yang terawat dengan baik.

Kuda: Kuda juga memerlukan grooming yang teratur untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu, membersihkan kotoran dan kutu, serta membuat bulu kuda terlihat lebih mengkilap dan sehat.

Kelinci: Kelinci memerlukan grooming yang teratur untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu, dan membersihkan kotoran dan kutu yang bisa menyerang kelinci. Kucing berbulu panjang akan mengalami hairball dan masalah kulit  jika tidak mendapatkan perawatan yang baik.

Hamster: Hamster sering membersihkan bulunya secara mandiri namun tidak ada salahnya melakukan grooming pada hewan pengerat yang terlihat imut ini. Hamster jenis Syrian yang memiliki bulu panjang lebih mudah kotor dibandingkan hamster berbulu pendek. Grooming juga bisa diterapkan pada beberapa jenis hewan peliharaan lain seperti kambing dan domba.

Namun demikian, perlu diingat bahwa tidak semua hewan peliharaan memerlukan grooming yang sama. Beberapa jenis hewan lebih mudah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bulu dan kulit, sehingga dapat memerlukan grooming yang lebih jarang dibandingkan jenis hewan lainnya.

Manfaat Grooming Untuk Hewan Peliharaan

Melakukan grooming pada hewan peliharaan dapat memberikan beberapa manfaat yang penting bagi kesehatan dan kesejahteraan hewan tersebut. Beberapa manfaat dari grooming hewan peliharaan antara lain:

Membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dan bulu: Grooming dapat membantu menghilangkan kotoran, kutu, dan kelenjar minyak yang tersumbat, yang dapat menyebabkan infeksi kulit dan masalah kulit lainnya.

Memperlihatkan masalah kesehatan yang mungkin terjadi: Melakukan grooming secara teratur dapat membantu dalam mendeteksi masalah kesehatan seperti benjolan, luka, atau kulit yang meradang sejak dini.

Menjaga kesehatan dan kecantikan bulu: Grooming dapat membantu menjaga bulu hewan peliharaan tetap berkilau dan terlihat indah.

Menjaga kesehatan telinga, kuku dan gigi: Menjaga kesehatan dari bagian-bagian ini sangat penting untuk hewan peliharaan, grooming yang teratur akan membantu dalam hal ini.

Mempererat hubungan antara pemilik dan hewan peliharaan: Melakukan grooming bersama-sama dapat menjadi cara yang baik untuk meningkatkan keterikatan antara pemilik dan hewan peliharaan, serta membantu hewan peliharaan merasa lebih nyaman dan rileks.

Membantu dalam pemeliharaan kesehatan mental hewan peliharaan: Menjaga kesehatan fisik dari hewan peliharaan dapat membantu menjaga kesehatan mental hewan peliharaan, membuat hewan merasa lebih nyaman dan merasa diperlakukan dengan baik.

Semua hewan peliharaan memerlukan grooming yang berbeda-beda sesuai jenis hewan dan jenis bulunya, ada beberapa jenis grooming yang spesifik untuk jenis hewan tertentu.

grooming membuat hewan lebih cantik
grooming membuat hewan lebih cantik

Kapan Waktu Terbaik Melakukan Grooming?

Waktu terbaik untuk melakukan grooming pada hewan peliharaan bervariasi tergantung pada jenis hewan dan bulu yang dimiliki. Saat melihat bulu hewan peliharaan mulai kusut, bau dan kuku mulai panjang  sebaiknya segera lakukan grooming. Namun, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih waktu untuk melakukan grooming antara lain :

Sesi grooming yang dilakukan sebelum periode shedding (melepaskan bulu) akan lebih efektif dalam mengatasi shedding yang berlebihan dan membuat bulu lebih rapi.

Beberapa hewan lebih senang di groom saat dalam keadaan relaks, jadi melakukan grooming saat hewan tersebut tidur atau dalam keadaan relaks akan lebih baik

Jika memungkinkan, pilih waktu grooming saat suhu lingkungan lebih hangat, agar hewan peliharaan tidak merasa dingin dan tidak merasa tidak nyaman saat grooming

Jika hewan peliharaan memiliki masalah kulit, seperti kulit kering atau iritasi, lebih baik melakukan grooming saat masalah kulit tidak sedang parah.

Beberapa jenis hewan sangat memerlukan grooming yang rutin, seperti anjing atau kucing yang memiliki bulu panjang, sebaiknya dilakukan setiap minggu atau dua minggu sekali, jenis lain bisa lebih jarang.

Sebagian hewan membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibandingkan yang lain, seperti anjing ras tertentu yang membutuhkan perawatan yang lebih intensif dari jenis hewan lain.

Namun pada dasarnya, jadwal grooming yang terbaik adalah yang dapat dilakukan dengan teratur dan konsisten, sehingga hewan peliharaan dapat tetap sehat dan terlihat indah.

ciri anjing memerlukan grooming
gambar ciri anjing memerlukan grooming

Biaya grooming Hewan Peliharaan

Biaya untuk melakukan grooming pada hewan peliharaan bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

Jenis hewan peliharaan: Biaya grooming untuk jenis hewan peliharaan yang memerlukan grooming yang lebih intensif, seperti anjing ras yang memiliki bulu panjang, akan lebih tinggi dibandingkan dengan jenis hewan peliharaan yang lebih mudah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bulu dan kulit.

Jenis layanan grooming yang dibutuhkan: Biaya grooming akan bervariasi tergantung pada jenis layanan grooming yang dibutuhkan, seperti potong bulu, membersihkan telinga, atau membersihkan kuku.

Lokasi: Biaya grooming juga akan bervariasi tergantung pada lokasi tempat grooming dilakukan, biaya di kota besar mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan di kota kecil

Layanan tambahan yang ditawarkan: beberapa tempat grooming menyediakan layanan tambahan seperti pengeringan dengan mesin, pemijatan, atau perawatan khusus untuk masalah kulit tertentu yang dapat mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan.

Secara umum, biaya untuk melakukan grooming pada anjing atau kucing berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 250.000 atau lebih tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan diatas. Namun, ini hanya merupakan estimasi umum dan harga akan bervariasi dari satu tempat grooming ke tempat grooming lainnya.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat anda bisa menghubungi atau mengunjungi langsung petshop terdekat dikota anda.  Beberapa petshop bahkan menawarkan jasa grooming hewan kerumah anda. sangat penting bagi pemilik hewan peliharaan untuk mengecek harga dan layanan yang ditawarkan oleh berbagai tempat grooming sebelum membuat keputusan untuk melakukan grooming.

Semoga ulasan diatas membuat anda semakin memahami pentingnya melakukan grooming dan manfaat yang bisa dirasakan baik terhadap hewan peliharaan maupun sang pemilik hewan peliharaan itu sendiri.