Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Noodling, Teknik Menangkap Ikan dengan Tangan Kosong, Gokil abis!

 menangkap ikan dengan tangan kosong

Duniahobiku.com - Pernah mendengar istilah noodling? Mungkin istilah ini masih asing ditelinga para pembaca bahkan dikalangan para mancing mania. Mungkin anda lebih mudah memahami istilah ini jika pernah melihat di acara TV atau Youtube para Noodler (sebutan untuk para penangkap ikan dengan tangan kosong) mencari ikan lele berukuran jumbo hanya dengan tangan kosong, gokilnya lagi olahraga ini bukan hanya dilakukan oleh pria namun juga dilakukan oleh wanita. Untuk mengenal lebih banyak tentang noodling, teknik menangkap ikan dengan tangan kosong, silahkan baca artikel selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Dari Noodling

Noodling adalah teknik menangkap ikan dengan tangan tanpa menggunakan alat pancing atau umpan. Noodling juga dikenal dengan istilah "bare-handed fishing" atau "handfishing". Noodling biasanya dilakukan di sungai atau danau yang dangkal, di mana ikan berlindung di dalam gua, terowongan, atau celah-celah di batu. Umumnya ikan yang dicari adalah ikan yang gemar bersembunyi di celah batu, kayu, jembatan, pondasi bangunan, gua, terowongan dan tempat lainnya yang memiliki ruang untuk tempat bersembunyi dan berkembang biak. Ikan yang dapat ditangkap dengan teknik noodling biasanya jenis ikan lele     ( wells catfish). Ikan ini sering ditemukan di dasar sungai atau danau, dan memiliki mulut yang besar dan kuat, sehingga dapat di tangkap dengan tangan kosong. Namun, teknik ini juga dapat digunakan untuk menangkap ikan lain seperti mujahir, nila, gabus, dll. Ikan-ikan yang ditangkap dengan teknik ini sangat tergantung pada jenis ikan yang ada di daerah tersebut dan kondisi alam yang ada.

Teknik noodling dapat dilakukan baik secara individu atau dalam kelompok. Banyak pemancing yang melakukan noodling secara individu karena memerlukan keterampilan dan keahlian khusus untuk menangkap ikan dengan tangan kosong. Namun, beberapa Noodler juga melakukan noodling bersama partner atau kelompok, karena dapat lebih aman dan menyenangkan. Dalam kasus ini, partner atau anggota kelompok dapat membantu satu sama lain dalam mencari dan menangkap ikan, serta membagikan tips dan trik yang diketahui.

Noodling cukup berbahaya karena pemancing harus menyelam ke dalam air yang tidak diketahui dan mencari ikan di dalam gua atau terowongan yang sempit. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada habitat ikan dan dilarang di beberapa negara. Sebaiknya pastikan untuk mengikuti peraturan dan regulasi yang berlaku di daerah tersebut dan dalam kondisi yang aman. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika noodling adalah keselamatan, seperti mengetahui kondisi air dan arus, serta menghindari hewan berbahaya seperti ular, kura-kura alligator, buaya, dan hewan buas lainnya yang berada disekitar spot yang di incar. Pastikan sekeling anda aman sebelum melakukan teknik ini.

Menangkap Ikan Dengan Tangan Kosong (Noodling)

Noodling adalah teknik memancing ikan dengan menggunakan tangan kosong. Pemancing mencari lubang atau celah lubang di pinggiran sungai atau danau, kemudian memasukkan tangannya ke dalam lubang tersebut untuk menangkap ikan yang berlindung di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa noodling memerlukan keahlian dan keterampilan khusus, serta dapat mengandung risiko tinggi karena ikan yang ditangkap memiliki gigi yang cukup tajam dan bisa melukai tangan.

Untuk melakukan noodling, pertama-tama anda perlu menemukan tempat yang cocok untuk noodling, seperti tumpukan kayu besar dipinggir sungai, celah bebatuan ataupun gua kecil dipinggiran sungai atau aliran air. Beberapa tempat yang sering digunakan untuk noodling adalah sungai, danau, atau saluran irigasi. Setelah menemukan tempat yang cocok, berikut adalah beberapa langkah untuk melakukan noodling:

1.    Persiapkan perlengkapan

Perlengkapan yang dibutuhkan oleh seorang noodler saat menangkap ikan dapat bervariasi tergantung pada lokasi dan kondisi perikanan, namun beberapa perlengkapan yang umum digunakan adalah:

Tangan kosong: Noodling memerlukan keterampilan dan keahlian khusus dalam menangkap ikan dengan tangan kosong, jadi tidak memerlukan alat pancing atau umpan.

Perlindungan tangan: Beberapa noodler menggunakan sarung tangan atau pelindung tangan untuk melindungi tangan dari gigitan ikan atau luka saat menggali lubang di dasar sungai atau danau.

Perlindungan tubuh: Beberapa noodler mengenakan pakaian yang cukup tebal atau pelindung tubuh untuk melindungi tubuh dari ikan yang berbahaya atau air yang dingin.

Perlindungan kaki: Beberapa noodler mengenakan sepatu khusus atau pelindung kaki untuk melindungi kaki dari luka saat menggali lubang di dasar sungai atau danau.

Selain itu, beberapa noodler juga menggunakan alat bantu seperti senter, tongkat, atau jaring untuk membantu dalam mencari lubang dan menangkap ikan.

2.    Kenali kondisi air

Pastikan Anda mengetahui kondisi air dan arus sebelum masuk ke dalam air. Hindari melakukan noodling saat arus air kuat atau saat kondisi air tidak aman. Air yang keruh dan penuh dengan tanaman air mesti diantispiasi karena adanya hewan liar seperti ular dan buaya.

3.    Masuk ke Dalam Air/Spot Potensial

Setelah Anda menemukan daerah atau lokasi yang potensial masuk ke dalamnya dengan hati-hati. Jangan pernah melakukan noodling sendirian dan selalu beritahu orang lain di mana Anda akan pergi.

4.    Cari Ikan Dengan Tangan

Setelah masuk ke dalam air mulailah cari ikan dengan tangan. Anda dapat mencari ikan dengan meraba-raba di lubang atau celah dari batang kayu, bebatuan atau tempat yang sekiranya menjadi tempat persembunyian ikan besar.

5.    Tangkap Ikan

Setelah Anda menemukan ikan, tangkap ikan dengan tangan Anda. Anda dapat menangkap ikan dengan mencengkeram atau memasukkan tangan kedalam mulut ikan hingga ikan tidak bisa kabur.

6.    Keluar Dari Dalam Air

Setelah Anda berhasil menangkap ikan, keluar dari dalam air dengan hati-hati agar ikan tidak berontak dan kabur. Pastikan ikan ditempat aman dan bersihkan serta keringkan tubuh sesegera mungkin.

Ingat, noodling merupakan aktivitas yang berisiko tinggi dan harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Selalu pastikan keselamatan diri dan orang lain selama melakukan aktivitas ini.

Noodling Bukan Cuma Di Amerika, Indonesia Juga Ada

Teknik noodling untuk menangkap ikan umumnya diterapkan di negara-negara di Amerika Serikat, seperti Oklahoma, Texas, dan Missouri. Namun, teknik ini juga diterapkan di negara-negara lain di dunia, seperti Jepang, China, Korea Selatan, dan beberapa negara di Afrika. Namun, perlu diingat bahwa beberapa negara mungkin memiliki peraturan yang ketat mengenai noodling atau membatasi waktu dan tempat yang diizinkan untuk melakukannya. Di negara Amerika teknik ini pernah dianggap illegal namun setelah tahun 2002 teknik ini mulai banyak digemari, bahkan setiap tahunnya negara bagian Amerika melakukan lomba dengan menggunakan teknik Noodling. Noodler yang mendapatkan ikan terberat akan keluar sebagai Juara.

Negara Indonesia juga sebenarnya memiliki tradisi menangkap ikan dengan tangan kosong. Namun mungkin ukuran ikannya tidak sebesar di Amerika sana. Hal ini mungkin karena di Negara maju regulasi dan aturan pengambilan ikan di alam liar sangat ketat, sehingga ikan bisa tumbuh hingga berukuran sangat besar.  Para warga Ciamis pasti tidak asing dengan Ngobeng dimana para warga akan beramai ramai menangkap ikan dengan tangan kosong dan biasanya acara diadakan saat Idul Fitri. Warga Desa Tanduk Bakaru yang terletak di Mamasa, Sulawesi Barat juga akrab dengan istilah Mangatti. Mangatti merupakan salah satu kegiatan warga menangkap ikan dengan tangan kosong di areal sawah padi yang usai dipanen. Warga yang tinggal di sekitar bendungan Kamijoro Bantul, Yogyakarta juga memiliki tradisi menangkap ikan yang disebut dengan Nampok dan diadakan disekitar bendungan Kamijoro. Warga akan mencari ikan di celah-celah beton pinggir bendungan. Warga Jawa Tengah di kabupaten Purworejo juga memiliki tradisi yang sama yang disebut Gogoh Iwak yang dilakukan di saluran irigasi. Jadi Apakah teknik menangkap ikan dengan tangan kosong akan menjadi olahraga seperti di Amerika sana dan menjadi salah satu pariwisata baru? Kita tunggu tanggal mainnya.