Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Mengelus Kucing Peliharaan Dirumah

 

manfaat mengelus kucing

Duniahobiku.com - kucing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer dan sering dipelihara oleh manusia. Mereka terkenal karena kepribadian mereka yang lucu, menggemaskan, dan membuat banyak orang tertarik memeliharanya. Kucing juga dikenal memiliki kemampuan untuk membentuk ikatan emosional dengan pemilik mereka dan bisa menjadi teman setia dan manja. Saking manjanya kucing suka mendekat karena ingin dielus oleh pemiliknya. Mungkin banyak pemilik kucing tidak menyadari bahwa mengelus kucing memiliki manfaat. Penasaran ingin tahu apa saja manfaat mengelus kucing peliharaan kita? Simak terus artikel dibawah ini

Manfaat Mengelus Kucing

Ada beberapa bagian tubuh kucing yang suka dielus seperti bawah leher, atas kepala, perut, dan punggung. Konon menurut para peneliti kucing suka dielus karena  ini mengingatkan perlakuan induknya sewaktu kecil. Bagi sang pemilik mengelus kucing mungkin dianggap hanya sebagai rutinitas saat bersama dengan kucing, namun ternyata kebiasaan baik ini memiliki faedah atau manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengelus kucing peliharaan kita:

1.    Meredakan Stres

Benar, mengelus kucing bisa membantu meredakan stres. Kontak fisik dan sentuhan, seperti elusan, dapat membantu memicu pelepasan hormon stres seperti kortisol, yang dapat membantu mengatasi stres dan membuat kucing merasa lebih tenang dan rileks. Ini juga dapat memperkuat ikatan emosional antara kucing dan pemilik, membantu mereka merasa lebih dekat dan saling memahami. Kontak fisik dan elusan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup kucing dan pemilik, membuat mereka merasa lebih bahagia dan memiliki hubungan yang lebih baik.

2.    Meningkatkan Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengelus kucing dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres dan kecemasan, dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Kontak dengan hewan peliharaan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah beberapa penyakit kronis seperti stroke dan serangan jantung. Interaksi dengan hewan peliharaan juga dapat membantu memperkuat ikatan sosial dan memperkuat keterikatan emosional, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan emosional. Namun, penting untuk memastikan bahwa kucing peliharaan Anda sehat dan tidak membawa penyakit menular kepada Anda.

3.    Memperkuat Ikatan Emosional

Mengelus kucing dapat memperkuat ikatan emosional antara kucing dan pemilik, membantu mereka merasa lebih dekat dan saling memahami. Hubungan yang lebih baik antara kucing dan pemilik dapat membuat mereka merasa lebih bahagia dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Kucing yang sering dielus cenderung akan lebih jinak dan dapat mengenal karakter pemiliknya dengan baik, bahkan secara emosional.

4.    Meningkatkan Rasa Nyaman

Kucing dapat merasa lebih nyaman dan rileks saat mereka dibelai, membantu mereka tidur lebih nyenyak dan merasa lebih baik. Kucing yang dielus bahkan terkadang tidur mendengkur sebagai salah satu pertanda bahwa kucing tertidur dengan pulas.

5.    Meningkatkan Kualitas Hidup

Salah satu cara meningkatkan kualitas hidup adalah dengan menghindari stress yang berlebihan. Memelihara hewan peliharaan dirumah bisa menjadi salah satu solusi melepas kepenatan dan rutinitas, dan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipilih adalah kucing. Tingkah laku, bentuk, dan aktivitas bermain dan bercanda dengan kucing bisa meningkatkan kualitas hidup anda dan tidak harus terus menerus menjadi seorang workaholic.

Semaoga artikel tentang manfaat mengelus kucing dapat bermanfaat untuk anda. Ingatlah bahwa setiap kucing memiliki tingkah laku yang berbeda terhadap perlakuan dan elusan. Beberapa kucing mungkin sangat menyukai elusan, sementara yang lain mungkin lebih memilih tidak dielus. Penting untuk memahami tingkah laku kucing Anda dan memperlakukan mereka sesuai dengan kebutuhan mereka.