Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Melatih Ikan Cupang Aduan Supaya Ganas Saat Bertarung

 cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas

Duniahobiku.com - Ikan cupang adu adalah ikan yang sangat populer di kalangan penggemar ikan hias. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang kecil dan ramping, Ikan cupang adu memiliki kemampuan yang luar biasa dalam bertarung, sehingga sering digunakan untuk pertandingan ikan cupang adu. Namun tidak semua ikan cupang adu memiliki kemampuan bertarung yang baik. Artikel kali ini akan membagikan beberapa cara melatih ikan cupang aduan supaya ganas dan agresif saat bertarung.

Ikan cupang adu merupakan ikan yang mudah dijumpai di toko ikan hias. Ikan cupang adu berbeda dengan cupang hias yang memiliki warna dan bentuk yang menarik. ikan cupang adu memiliki gaya tarung yang ganas, bahkan membuat anda terpukau karena gaya menyambarnya ketika menukik untuk menyambar ke tengkuk musuhnya atau bagian mata musuhnya. Bahkan, beberapa ikan cupang yang ganas juga menyudahi pertarungan dengan melakukan pukulan mematikan ke perut lawan. Pada dasarnya, ikan-ikan cupang aduan super bisa memiliki kemampuan tersebut karena sifat turunan dari induknya. Namun layaknya seorang fighter ikan cupang adu juga melakukan serangkaian latihan untuk memperkuat mental dan kemampuan bertarungnya.

Cara Melatih Mental Dan Fisik Ikan Cupang Aduan

Anda yang hobi dengan memelihara ikan cupang sebenarnya juga bisa melatih fisik serta mental ikan cupang aduan anda agar dapat mengasah insting bertarung ikan ini. Untuk itu, anda harus tahu apa saja yang harus dilatih dengan benar, seperti kekuatan, kecepatan pukulan, kegesitan pergerakan ikan dan lainnya. Berikut beberapa tips untuk melatih ikan cupang aduan yang anda miliki agar bisa lebih ganas dan agresif melawan musuhnya.

1.    Pilih anakan cupang aduan super.

Ikan cupang adu dan ikan cupang hias tidaklah sama. Keduanya memiliki beberapa perbedaan. Jika Anda ingin memelihara anakan ikan cupang adu yang berkualitas tinggi. Pastikan untuk membeli anakan ikan cupang adu dari penangkaran yang terpercaya, agar Anda bisa yakin bahwa ikan tersebut telah diberi perawatan yang tepat dan memiliki darah indukan juara. Untuk itu, ketika anda ingin membeli ikan cupang dengan tujuan untuk diadu, pastikan bahwa ikan cupang yang anda pilih adalah ikan cupang adu yang siap dilatih sebagai petarung. Faktor keturunan menjadi salah satu faktor penting dalam memilih ikan cupang aduan.

2.    Pertahankan kondisi ikan cupang adu dalam keadaan sehat

ikan cupang adu harus sehat agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Pastikan ikan cupang adu Anda mendapat makanan yang seimbang dan cukup, serta lingkungan yang bersih dan sehat. Kondisi ikan yang sehat akan membantu mereka menjadi lebih kuat dan siap untuk bertarung. Kondisi ikan yang sehat akan membantu mereka menjadi lebih kuat dan tahan terhadap penyakit. Selain itu, ikan cupang adu yang sehat juga akan lebih aktif dan cepat dalam menyelesaikan tantangan atau latihan yang diberikan.

3.    Pilih ikan cupang dengan busa di toples atau di aquarium

Apa kaitannya busa di toples dengan cara memilih ikan cupang aduan? Ternyata, ikan cupang yang memiliki busa di toplesnya memiliki insting yang kuat untuk mempertahankan area wilayahnya. Itulah mengapa cara ini sangat membantu anda jika anda ingin memelihara ikan cupang adu, tetapi belum tahu bagaimana cara memilih bibit yang bagus. Busa ditoples juga sebagai penanda ikan sudah dewasa.

ikan cupang membuat busa
gambar ikan cupang membuat busa

4.    Lakukan latihan pemula

Cara yang paling jitu agar ikan cupang adu super anda menjadi lebih ganas adalah dengan menyiapkan wadah yang bulat, tapi sedikit lebar. Kemudian, lakukan latihan lari melawan arus. Caranya adalah dengan memutar air menggunakan stik kayu. Ketika air dalam wadah tersebut diputar, tentu saja akan membentuk pusaran yang lambat, dan semakin kencang. Lakukan secara hati-hati ketika memutar kayu agar tidak mengenai ikan. Cara ini sangat ampuh untuk membuat ikan bertahan dan melawan arus. Cara ini juga dapat melatih otot-otot ikan agar semakin kuat untuk melakukan pukulan keras dan cepat. Untuk latihan ini paling tidak dilakukan selama lima hari berturut-turut selama 30 menit.

5.    Jantur ikan

Ikan cupang aduan yang anda miliki bisa dilatih dengan cara dijantur. Caranya adalah siapkan toples yang tingginya hingga 1 meter. Sedangkan untuk luasnya adalah 5 sampai 10 cm. Latihan ini sangat penting untuk melatih pernafaasan pada ikan. Biarkan ikan tersebut disana hingga 3 hari, beri makan agar ikan tidak lemas, dan gunakan benda hitam seperti plastik yang dibentuk menyerupai ikan untuk mengganggunya, sehingga ia akan mengira bahwa itu adalah musuhnya. Ayunkan plastik tersebut naik turun agar si ikan juga ikut lari naik turun melatih ototnya. Selain membuatnya sendiri jantur ini bisa diperoleh di toko online.

contoh jantur ikan cupang adu
gambar contoh jantur ikan cupang adu

6.  Latih ikan cupang adu dengan mengajak mereka berlatih bertarung

Anda dapat melatih ikan cupang adu dengan mengajak mereka bertarung dengan ikan lain yang seukuran atau lebih kecil. Namun, pastikan untuk tidak melakukan hal ini terlalu sering, karena ikan cupang adu juga membutuhkan waktu untuk istirahat dan memulihkan diri. Latihan ini akan membuat mental ikan semakin baik dan siap untuk bertarung dimana saja dan kapan saja ada lawan.

7.    Latih cupang di piring dengan isi air yang sedikit

Latihan ini adalah latihan terakhir, sehingga sangat penting untuk tidak dilewatkan. Untuk memulainya, isi piring dengan air yang sedikit, yaitu separuh badan cupang. Tujuannya adalah agar cupang yang anda miliki berusaha untuk mencari air, menguatkan otot, dan melatih pernafasan agar lebih kuat. Lakukan cara ini sekali, terutama sebelum bertanding. Sejam kemudian, istirahatkan di botol/akuarium mini lalu isi air yang bersih sampai 3 hari sebelum pertandingan dimulai.

melatih ikan cupang adu di piring
gambar melatih ikan cupang adu di piring

Cara Melatih ikan cupang aduan di atas bisa dilakukan selama lima hari berturut-turut, namun tidak untuk latihan yang terakhir yang hanya boleh satu kali seminggu. Teknik diatas juga bisa untuk melatih ikan cupang yang penakut agar lebih ganas. Semoga artikel diatas membuat ikan cupang adu anda menjadi juara dan tanpa tanding.