Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Kenapa Orang Senang Memakai Batu Akik

 alasan orang senang memakai batu akik

Duniahobiku.com - Kita mungkin pernah menjumpai atau melihat beberapa orang dengan cincin batu akik yang berjejer dijari-jarinya bahkan tidak cukup sampai disitu lehernya pun masih digantungi berbagai  batu akik dengan ukuran segede telur puyuh.  Namun itu cuma terjadi pada segelintir orang tertentu saja. Masih banyak orang memakai batu akik karena keindahan dan keunikannya. Artikel kali ini akan mengulas alasan dibalik kenapa orang senang memakai batu akik bahkan rela berburu batu akik sampai ke pelosok negeri.

Alasan Orang-Orang Memakai Batu Akik

Batu akik menjadi salah satu jenis batu antik yang banyak dicari oleh para kolektor. Demam batu akik beberapa tahun lalu di Indonesia sempat melambungkan nama batu akik semakin populer dan dicari banyak orang untuk dikoleksi. Ada banyak orang menyukai batu akik dengan alasan tertentu. Berikut beberapa alasan mengapa orang menyukai batu akik, diantaranya:

1.    Keindahan estetika

Batu akik memiliki warna dan tekstur yang beragam dan indah, yang membuatnya menjadi hiasan yang menarik dan elegan. Beberapa jenis batu akik dapat ditemukan dalam berbagai warna seperti biru, hijau, merah, kuning, hitam, putih dll. Beberapa batu akik juga memiliki motif yang unik dan kaya seperti garis-garis, pola, dll, yang membuatnya menjadi hiasan yang menarik. Di samping itu, keindahan dan keunikan batu akik juga menjadi alasan mengapa banyak orang menyukainya sebagai koleksi pribadi.

2.    Nilai spiritual

Beberapa orang percaya bahwa batu akik memiliki energi spiritual yang positif dan dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan, kebahagiaan dan keberuntungan. Batu akik dikatakan memiliki energi yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit, membantu dalam meditasi, dan meningkatkan kualitas tidur. Beberapa batu akik dikatakan memiliki kekuatan tertentu seperti batu safir yang dikatakan dapat meningkatkan kemampuan intelektual dan batu giok yang dikatakan dapat menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Namun, harus diingat bahwa keyakinan spiritual terkait batu akik ini belum terbukti secara ilmiah dan masih bersifat pro dan kontra.

3.          Koleksi

Batu akik dapat dijadikan sebagai koleksi pribadi yang unik dan menarik, yang dapat dikumpulkan berdasarkan warna, bentuk, atau jenis tertentu.  Koleksi batu akik dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan memberikan kepuasan pribadi bagi kolektor dan hal ini kadang tidak dapat dinilai dengan uang.

4.    Investasi

Batu akik dapat dijadikan sebagai investasi jangka panjang, karena nilai jualnya dapat meningkat seiring dengan bertambahnya umur batu. Beberapa jenis batu akik, seperti batu permata dan batu-batu langka, dapat memiliki nilai jual yang cukup tinggi, terutama jika kualitas batu tersebut memenuhi kriteria. Batu-batu tersebut dapat menjadi investasi yang menguntungkan jika dikelola dengan baik dan dijual pada waktu yang tepat. Namun, sebagai sebuah investasi jangka panjang, kolektor harus memperhatikan kondisi pasar saat ini dan prospek pasar di masa depan serta mengetahui kualitas dan nilai dari batu yang akan dibeli. Kolektor juga harus memperhatikan biaya pemeliharaan dan penyimpanan yang diperlukan untuk menjaga kualitas batu-batu tersebut. Investasi ini bersifat tidak pasti karena tergantung “musim” yang tidak diketahui kapan datangnya. Batu akik juga tidak memiliki standar harga investasi layaknya emas dan benda berharga lainnya, namun jika anda senang dengan batu akik tidak ada salahnya mencoba peruntungan investasi di bidang ini, hitung-hitung menyalurkan hobi sekaligus investasi.

5.    Kebudayaan

Batu akik memiliki sejarah dan budaya yang kaya, yang menjadikannya sebagai bagian dari kebudayaan tradisional di beberapa negara. Batu akik telah digunakan selama ribuan tahun dalam berbagai kepercayaan spiritual, tradisi, dan ritual di seluruh dunia. Beberapa budaya menganggap batu akik memiliki kekuatan spiritual yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit, meningkatkan keberuntungan atau melindungi dari kejahatan. Dalam beberapa budaya, batu-batu tertentu dianggap sebagai simbol kekuatan, kesejahteraan, atau keberuntungan.

Di beberapa negara, batu akik telah digunakan sebagai hiasan dalam perhiasan seperti cincin, gelang, kalung, dll, yang dianggap sebagai simbol kekayaan dan kemewahan. Beberapa orang juga mempercayai bahwa batu akik dapat digunakan untuk menarik energi positif dan membuat orang yang memakainya merasa lebih sehat, bahagia dan kaya.

Semoga artikel diatas membuat kita makin mengerti alasan mengapa seseorang menyukai batu akik dan memakainya dalam kehidupan sehari-hari.