Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Manusia Yang Perlu Diketahui

 manfaat hewan peliharaan bagi manusia

Duniahobiku.com - Memelihara hewan dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi banyak orang namun banyak juga yang merasa memelihara hewan sebagai aktivitas yang merepotkan dan mengeluarkan banyak biaya. Padahal menurut beberapa penelitian ada beberapa manfaat hewan peliharaan bagi manusia yang mungkin tidak disadari. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan lengkapnya pada artikel dibawah ini

Apa yang dimaksud hewan peliharaan?

Hewan peliharaan adalah hewan yang dibesarkan atau diadopsi oleh manusia untuk memberikan hiburan, kasih sayang, atau keperluan lainnya. Hewan peliharaan biasanya dipelihara di rumah atau di area terbatas lainnya, dan diberi perawatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hewan peliharaan yang paling populer diadopsi oleh manusia adalah anjing, kucing, burung, ikan, dan reptil. Namun, hewan peliharaan lainnya juga dapat diadopsi, seperti kelinci, hamster, tikus, ular, dan lain-lain.

Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Manusia

Memelihara hewan dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik secara fisik maupun mental. Banyak orang memelihara hewan peliharaan untuk memberikan perawatan yang tepat dan memenuhi kebutuhan hewan tersebut, serta untuk menikmati hubungan emosional dan sosial yang ditawarkan oleh hewan tersebut. Namun, tergantung pada jenis hewan peliharaan yang Anda miliki, Berikut ini adalah beberapa contoh manfaat yang dapat diperoleh dari memelihara hewan:

1.    Meningkatkan kesehatan fisik

Memelihara hewan dapat membantu Anda tetap sehat dengan cara meningkatkan aktivitas fisik Anda, terutama jika Anda memelihara hewan peliharaan yang membutuhkan pengelolaan seperti anjing atau kucing. Hal ini dapat terjadi karena memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing membutuhkan pengelolaan seperti berjalan-jalan atau bermain. Aktivitas fisik tersebut dapat membantu meningkatkan kondisi fisik seseorang, seperti meningkatkan kekuatan otot dan menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

aktifitas bersama anjing
gambar aktivitas bersama anjing

2.       Menurunkan stres

Memelihara hewan dapat membantu menurunkan tingkat stres dan memperbaiki mood. Hal ini dapat terjadi karena hewan peliharaan dapat memberikan kasih sayang dan dukungan emosional, serta mengurangi kecemasan dan tekanan. Terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa memelihara hewan peliharaan dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Misalnya, sebuah studi yang dilakukan di Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat tahun 2012 pada mahasiswa yang memelihara hewan peliharaan menunjukkan bahwa mereka mengalami penurunan tingkat stres yang signifikan setelah memelihara hewan peliharaan.

stress

3.    Meningkatkan kemampuan sosial

Memelihara hewan dapat membantu Anda mengembangkan kemampuan sosial dan memperluas jaringan sosial Anda. Memelihara hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan rasa tanggung jawab seseorang karena hewan tersebut membutuhkan perawatan dan perhatian yang terus-menerus. Menjadi tanggung jawab terhadap kebutuhan hewan peliharaan dapat membantu seseorang merasa lebih terkontrol dan memiliki tujuan yang jelas dalam hidupnya.

Memikul tanggung jawab terhadap hewan peliharaan juga dapat membantu meningkatkan kemampuan organisasi seseorang, karena seseorang harus memastikan bahwa hewan tersebut mendapatkan makanan, minum, dan perawatan yang tepat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

komunitas anjing

4.    Meningkatkan kemampuan belajar

Memelihara hewan dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar, terutama pada anak-anak. Hal ini dapat terjadi karena memelihara hewan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab dan memberikan peluang belajar tentang cara merawat hewan. Kita dapat mengetahui apakah hewan yang kita pelihara termasuk dalam kategori herbivora, karnivora atau omnivora dan belajar cara perkembangbiakan hewan secara tidak langsung.

hewan peliharaan meningkatkan kemampuan belajar

5.    Meningkatkan kemampuan empati

Memelihara hewan dapat membantu meningkatkan kemampuan empati dan kasih sayang terhadap hewan lain. Hal ini dapat terjadi karena memelihara hewan dapat membantu Anda memahami bagaimana hewan bereaksi terhadap perlakuan anda.

sikap empati

6.    Sebagai Sumber Pangan

Beberapa jenis hewan peliharaan dapat dikonsumsi, terutama ikan dan ayam. Namun, sebagian besar orang memelihara hewan peliharaan sebagai sumber kebahagiaan dan kasih sayang, bukan sebagai sumber makanan. Ikan dapat dibesarkan sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan atau dapat dibesarkan dengan tujuan untuk dikonsumsi. Beberapa jenis ikan yang dapat dibesarkan untuk tujuan konsumsi adalah ikan mas, ikan lele, ikan nila, dan lain-lain. Begitupula dengan ayam, telur dan dagingnya bisa menjadi sumber bahan pangan yang sehat dan bergizi.

telur dan daging ayam

7.     Melatih Kesabaran

Memelihara hewan peliharaan dapat membantu melatih kesabaran seseorang dengan cara memberikan peluang belajar bagi seseorang tentang cara merawat hewan terutama jika hewan tersebut sedang sakit atau membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Terdapat beberapa studi yang menunjukkan bahwa memelihara hewan peliharaan dapat membantu melatih kesabaran seseorang. sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang memelihara hewan peliharaan menunjukkan bahwa mereka mengalami peningkatan kesabaran yang signifikan setelah memelihara hewan peliharaan. Hewan peliharaan juga terkadang merusak benda-benda yang dirumah seperti sofa, pot dan benda-benda lainnya.

melatih kesabaran

8.     Sebagai terapi kesehatan

Terdapat beberapa jenis hewan peliharaan yang dapat membantu orang-orang yang sakit atau memiliki kondisi kesehatan khusus. Hewan tersebut disebut hewan terapi atau hewan peliharaan terapi.

Hewan terapi adalah hewan peliharaan yang dilatih secara khusus untuk memberikan dukungan emosional dan fisik kepada orang-orang yang sakit, termasuk anak-anak, orang dewasa, dan lansia. Hewan terapi dapat membantu meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang sakit dengan cara meningkatkan mood, mengurangi stres, dan meningkatkan aktivitas fisik.

Hewan terapi yang paling sering digunakan adalah anjing dan kucing. Namun, hewan terapi juga dapat berupa burung, kelinci, ikan atau hewan lain yang sesuai dengan kebutuhan orang yang sakit.

hewan sebagai terapi kesehatan
hewan sebagai terapi kesehatan

9.    Menurunkan resiko alergi

Beberapa orang percaya bahwa memelihara hewan peliharaan dapat membantu mencegah atau mengurangi alergi terhadap hewan. Namun, sementara memelihara hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap alergen hewan. Contoh alergi hewan yang paling umum adalah alergi terhadap bulu hewan, seperti anjing, kucing, dan kelinci. Alergi terhadap bulu hewan dapat menyebabkan gejala seperti bersin, batuk, mata gatal, dan hidung tersumbat.

Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak yang memelihara hewan peliharaan sejak usia dini menunjukkan bahwa anak-anak tersebut memiliki risiko lebih rendah terhadap asma dan alergi dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memelihara hewan peliharaan. Namun, studi tersebut tidak menemukan bukti yang menunjukkan bahwa memelihara hewan peliharaan secara langsung dapat mencegah atau mengurangi alergi terhadap hewan.

alergi hewan
gambar alergi hewan

10.   Sebagai pemandu

Hewan peliharaan yang disebut anjing penuntun atau anjing pemandu adalah anjing yang dilatih secara khusus untuk membantu orang yang buta atau memiliki masalah dengan mata untuk bergerak secara mandiri dan merasa lebih aman dan terlindungi. Anjing penuntun dapat membantu orang yang buta untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti berjalan-jalan, berbelanja, dan bepergian. Anjing penuntun umumnya adalah anjing jenis golden retriever, labrador retriever, atau anjing jenis lain yang sesuai dengan kebutuhan orang yang buta.

Anjing penuntun dilatih secara khusus untuk membantu orang yang buta dengan cara membimbing orang tersebut ke arah yang diinginkan, mengalihkan orang tersebut dari bahaya, dan memberikan dukungan emosional. Anjing penuntun juga dilatih untuk menjadi hewan yang sopan dan tidak mengganggu orang lain saat bekerja.

anjing pemandu
gambar anjing pemandu

Semoga artikel tentang 10 Manfaat Hewan Peliharaan Bagi Manusia dapat bermanfaat. Walaupun memiliki berbagai manfaat sebaiknya kita memilih jenis hewan peliharaan yang sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga. Hindari memilih hewan peliharaan berbahaya jika tidak memiliki skill atau keterampilan khusus.