Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Makanan Untuk Hamster Biar Cepat Besar dan Sehat

 makanan untuk hamster

Duniahobiku.com - Apa saja jenis makanan untuk hamster agar cepat besar dan sehat? Pemberian pakan yang tepat akan membuat hamster tubuh sehat dan lincah. Namun masih banyak pemula yang terkadang salah memberi makanan kepada hamster kesayangannya karena minimnya pengetahuan tentang pakan apa saja yang bisa diberikan kepada hamster. Artikel kali ini akan mengulas tentang jenis makanan untuk hamster, cara memberi makan serta waktu yang tepat dalam memberi makan hamster.

Di habitat aslinya hamster bisa memilih jenis makanan yang disukai. Namun tentu saja tidak demikian jika hamster dipelihara oleh manusia. Tidak jarang pakan yang diberikan hanya tergantung pada selera pemiliknya. Hamster termasuk omnivora atau hewan pemakan segala jadi sebaiknya pemberian pakan bervariasi dan tidak hanya satu jenis saja agar tidak membuat hamster bosan dan nafsu makannya berkurang.

Makanan hamster adalah makanan yang diberikan kepada hamster untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi yang dibutuhkan oleh hamster. Makanan hamster biasanya terdiri dari berbagai macam bahan makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi hamster, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan juga makanan khusus untuk hamster yang tersedia di pasaran.

Jenis Makanan Yang Paling Aman Untuk Hamster

Untuk memastikan kebutuhan nutrisi hamster terpenuhi dengan baik, sebaiknya memberikan makanan yang seimbang dan variatif. Selain itu, jumlah makanan yang diberikan juga harus sesuai dengan usia, ukuran, dan aktivitas hamster. Hamster juga perlu mendapatkan cukup air bersih setiap hari untuk menjaga kesehatannya.

Sebaiknya hindari memberikan makanan yang terlalu banyak lemak atau gula tinggi kepada hamster, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Juga hindari memberikan makanan yang tidak sesuai untuk hamster, seperti makanan yang terlalu asin atau pedas, atau makanan yang dapat menyebabkan alergi. Pakan tersebut antara lain bawang bombay, bawang merah dan bawang putih, daun tomat, coklat, kol dan selada.

Jenis Makanan  Untuk Hamster

Pada dasarnya ada dua jenis pakan untuk hamster yaitu pakan alami dan pakan buatan pabrik. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat diberikan kepada hamster:

1.    Biji-bijian

 Biji-bijian seperti gandum, millet, kacang tanah, kedelai, padi, jagung, dan biji bunga matahari merupakan sumber protein dan karbohidrat yang baik untuk hamster. Biji-bijian ini juga mengandung serat yang dibutuhkan untuk menjaga sistem pencernaan hamster tetap sehat.

biji bijian untuk hamster
gambar biji bijian untuk hamster

2.       Sayuran

Sayuran seperti lobak, wortel, kubis, dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk hamster. Sayuran ini juga mengandung serat yang dibutuhkan oleh hamster. Sayuran mentah sebaiknya diberikan dua kali sehari, pagi dan malam hari dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

sayuran untuk hamster
gambar sayuran untuk hamster

3.    Buah-buahan

 Buah-buahan seperti apel, pisang, dan pir merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk hamster. Namun, buah-buahan ini biasanya kaya akan gula, sehingga harus diberikan dengan jumlah yang terbatas. Pemabatqasan jumlah pakan dilakukan untuk mencegah munculnya bau dan pakan busuk yang mengundang datangnya lalat, semut atau serangga lainnya.

pisang dan apel untuk hamster
gambar pisang dan apel untuk hamster

4.    Makanan khusus hamster

Ada berbagai macam makanan khusus untuk hamster yang tersedia di pasaran, seperti makanan kering atau pelet yang terbuat dari bahan-bahan sehat seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Makanan ini biasanya telah diformulasikan secara khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hamster. Namun, sebaiknya jangan hanya memberikan makanan ini saja kepada hamster, tetapi juga harus memberikan bahan makanan lainnya secara teratur untuk menjaga keimbangan nutrisi yang dibutuhkan oleh hamster.

pakan hamster
gambar pakan hamster

Cara Memberi Makan hamster

Bagimana memberi makan hamster? Pertanyaan ini sering ditamnyakan para pemula yang baru pertama kali memelihara hamster dan masih kurang paham tentang cara merawat hamster. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memberikan makan kepada hamster:

Siapkan wadah atau mangkuk yang cukup besar untuk menampung makanan hamster. Pastikan wadah atau mangkuk tersebut bersih dan kering sebelum digunakan.

Siapkan bahan makanan yang akan diberikan kepada hamster, seperti biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan makanan khusus hamster. Jangan lupa untuk mencuci sayuran dan buah-buahan sebelum diberikan kepada hamster untuk menghidari residu pupuk atau pestisida yang ada dipermukaan sayuran.

Beri makanan kepada hamster sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan jumlah yang dianjurkan. Biasanya, hamster memerlukan sekitar 1-2 sendok makan makanan kering per hari, atau sekitar 1/4 cangkir makanan kering per hari jika Anda memberikan makanan kering yang telah dicampur dengan sayuran dan buah-buahan. Hamster yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan pakan yang lebih banyak dan bergizi agar anak yang dihasilkan dapat tumbuh besar dan sehat.

Selalu pastikan hamster memiliki akses ke air bersih yang cukup setiap hari. Ganti air setiap hari atau setidaknya setiap beberapa hari sekali untuk menjaga kebersihannya.

Bersihkan wadah atau mangkuk makanan hamster setiap hari atau setidaknya setiap beberapa hari sekali untuk menghindari terjadinya kontaminasi makanan. Jika pakan sudah terlihat kotor harus segera diganti dengan pakan yang baru.

Hindari memberikan makanan yang terlalu banyak lemak atau gula tinggi kepada hamster, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Juga hindari memberikan makanan yang tidak sesuai untuk hamster, seperti makanan yang terlalu asin atau pedas, atau makanan yang dapat menyebabkan alergi.

Waktu Memberi Makan Hamster

Pemberian pakan untuk hamster sebaiknya dilakukan secara teratur setiap hari agar hamster mendapatkan nutrisi yang cukup. Hamster merupakan hewan yang aktif, sehingga kebutuhan nutrisinya cukup tinggi. Hamster juga terlihat lucu saat sedang makan karena hamster akan menyimpan makanan di pipi atau mulutnya.

Untuk menjaga keberlangsungan aktivitas hamster, sebaiknya memberikan makanan pada pagi hari sekitar pukul 8-9 pagi, dan kembali memberikan makanan pada malam hari sekitar pukul 5-7 malam. Namun, Anda juga dapat menyesuaikan jadwal pemberian makan sesuai dengan kebiasaan hamster Anda.

Selain itu, pastikan untuk memberikan makanan yang cukup dan seimbang agar hamster mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Jika hamster terlihat kurus atau lemah, Anda dapat menambah jumlah makanan yang diberikan. Namun, jika hamster terlihat obesitas atau kelebihan berat badan, Anda perlu mengurangi jumlah makanan yang diberikan.

Semoga artikel tentang Makanan Untuk Hamster diatas dapat bermanfaat. Makanan yang sehat dan bergizi akan membuat hamster bisa tumbuh dengan sehat dan lincah bermain-main dan berlari pada mainan yang anda sediakan.