Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Merawat Dan Membersihkan Joran Tegek Agar Awet

 

cara merawat joran tegek

Duniahobiku.com - Joran tegek merupakan salah satu jenis joran paling praktis karena hanya berupa sebuah tongkat panjang yang bisa dipanjangkan atau dipendekkan sesuai keinginan. Joran yang terawat dengan baik akan memperpanjang masa pemakaiann serta meningkatkan performa joran. Artikel kali akan mengulas tentang bagaimana cara merawat joran tegek agar lebih awet dan cara membersihkannya.

Joran tegek merupakan joran yang sangat simpel dan mudah disimpan dan dibawa ke spot pancing. Joran tegek memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari 3, 5, 7, hingga 11 meter. Joran ini bisa digabung dengan gulungan tegek yang ringan namun bisa juga dipakai tanpa menggunakan gulungan. Joran tegek bisa digunakan untuk mancing ikan di laut, danau, sungai dan spot lainnya. Joran ini biasanya digunakan untuk memancing ikan baronang, ikan mujahir, nila, dan ikan lainnya dari pinggir.

Joran tegek juga bisa rusak jika tidak dirawat dan dibersihkan secara rutin. Masalah yang sering terjadi adalah joran tegek tidak bisa ditarik ulur karena macet pada bagian tengah antara bagian ruas joran dengan ruas joran lainnya sehingga akan mempersulit saat digunakan. Atau pada bagian ruang paling ujung tempat diikatnya senar pancing, jika tidak dirawat kekuatan dari ujung joran tegek tersebut bisa berkurang yang akhirnya mudah patah dan putus. Jika anda termasuk pemancing ikan yang suka menggunakan joran tegek dalam memancing ikan sebaiknya mengetahui bagaimana cara merawat joran tegek yang benar namun agar  joran kesayangan kita lebih awet, kuat dan tahan lama saat digunakan untuk memancing ikan. Berikut Cara Merawat Dan Membersihkan Joran Tegek Agar Awet yang bisa anda coba praktekkan :

Cara Merawat Dan Membersihkan Joran Tegek Agar Awet

1. Jagalah Kebersihan Sewaktu Mancing

Hal pertama perhatikan kebersihan dan ketelitian saat memancing ikan, biasanya pasir atau tanah yang masuk ke dalam bagian ruas-ruas joran tegek akan menimbulkan macet saat menarik ulur joran tegek bahkan bisa mengakibatkan goresan atau yang yang paling parahnya joran tegek bisa patah.

2. Perkuatlah Pada Ujung Ruas Joran tegek

Pada bagian ujung ruas joran tegek sebaiknya diperkuat dengan menambahkan lilitan senar braided dan lem korea. Ujung ruas bawaan joran tegek bisa sewaktu-waktu terlepas atau putus saat sedang bertarung dengan ikan pancingan.

3. Bersihkan Joran Setelah Memancing

Setiap habis memancing sebaiknya joran tegek dibersihkan dahulu sebelum disimpan dengan menggunakan sabun, dan bukalah setiap ruas joran tegek lalu bersihkan setelah itu tunggu sampai kering, barulah kita simpan joran tegek tersebut untuk nantinya digunakan kembali. Joran yang terkena air laut yang mengandung garam sangat mudah korosi (berkarat) sehingga membersihkannya setiap habis memancing akan membuat joran makin awet.

4. Jangan Sering Buka Tutup Ruas Joran

Jangan sering memendek dan memanjangkan joran tegek jika tidak diperlukan, seperti saat ingin menambahkan umpan pada kail. Sebaiknya joran tetap pada kondisi full (batas maksimum panjang joran). Kondisi ini sering dilakukan pemancing pemula yang menggunakan joran dengan panjang diatas 5 meter. Membuka tutup joran akan membuat ruas antara joran yang satu dengan lainnya mudah terkikis karena umumnya joran terbuat dari bahan logam.

5. Pasang Tutup Karet Sebagai Pelindung Joran Tegek

Jangan lupa tutuplah bagian bawah joran tegek dengan tutup karet bawan joran tegek tersebut agar terlindung dan terjaga selalu, namun biasanya tutup karet bawaan joran tegek memiliki kekuatan yang kurang baik, Jika diperlukan anda bisa menggantinya dengan cover karet yang biasanya digunakan untuk alas kursi. Pilih cover karet berkualitas  yang sesuai dengan lebar lubang tutup karet pelindung. Tutup karet akan melindung bagian dalam joran dari benda asing seperti pasir, tanah, dll yang bisa mengganggu performa joran.

6. Tambahkan Sekat Karet Pada Alas Tutup Joran Tegek Bagian Dalam

Cara ini terlihat sederhana dan sepele tetapi memiliki manfaat besar. Caranya silahkan anda potong bekas sandal jepit atau juga bisa menggunakan busa keras sesuaikan dengan diameter dalam bagian joran tegek terbawah disarankan membuatnya dengan pas dan agak sempit sebelum memasang tutup joran. Manfaatnya mencegah masuknya pasir atau kotoran lainnya sewaktu mancing dan menghindari benturan langsung antara ruas joran dan tutup joran dengan begitu resiko pecahnya tutup joran dengan ruas terbawah bisa diminimalisir.

7.     Simpan Joran Dengan Baik

Selalu simpan tongkat pancing dengan benar, misalnya dengan menggunakan kotak penyimpanan atau tas khusus, untuk menjaga tongkat dari benturan atau kerusakan lainnya. Selalu simpan tongkat pancing dalam tempat yang kering dan terlindung dari cuaca yang buruk, seperti panas terik atau hujan, untuk mencegah kerusakan pada tongkat.

Itulah Cara Merawat Dan Membersihkan Joran Tegek Agar Awet, semoga bisa membantu anda para pemancing yang suka menggunakan joran tegek sebagai joran saat memancing ikan