Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menghilangkan Kutu Burung Secara Alami

 cara menghilangkan kutu burung secara alami

Duniahobiku.com - Kutu adalah biang masalah yang membuat penampilan burung piaraan menurun drastis. Selain menjadikan bulu mudah rusak, infeksi kutu juga akan membuat burung jadi jarang berkicau.  Untuk mengatasinya, berikut  3 cara menghilangkan kutu burung secara alami yang membandel.

Kutu adalah parasit kecil yang bisa menginfeksi kulit, bulu dan tubuh burung. Bayangkan saja, dalam satu kali berbiak, kutu bisa mengeluarkan telurnya yang berjumlah ratusan. Nah, kalau kutu tidak segera dibasmi maka tubuh burung piaraan tersebut akan menjadi sarang kutu. Hal itu tentu akan membuat burung mudah stres dan malas bunyi.

Jika burung piaraan terinfeksi kutu, maka perilaku mereka akan mudah berubah. Selain itu, ada beberapa dampak buruknya yaitu:

Bulu akan menjadi rentan rusak, kering, dan kusam.

Burung akan selalu mencabuti bulu-bulunya sendiri / kanibal.

Bisa muncul penyakit lain seperti kurang gizi karena burung yang kehilangan nafsu makan, dan sebagainya.

Solusi mengatasi burung piaraan yang terinfeksi kutu adalah memberikan pengobatan dengan obat-obatan yang tepat. Selain itu, ada juga obat kutu burung alami yang cukup ampuh membasmi kutu di tubuh burung piaraan anda. 

Cara Menghilangkan Kutu Burung Secara Alami.

1.    Memanfaatkan air bekas cucian beras

Air bekas mencuci beras ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu yang menempel di tubuh burung. Air cucian beras akan menjadikan kutu mudah terlepas ketika burung melakukan didis / bersolek.  Sifat air cucian beras yang licin di kulit dan bulu burung akan membuat kutu mudah berjatuhan ketika dimandikan.

air cucian beras
gambar air cucian beras

2.    Memanfaatkan air rebusan daun sirih

Air rebusan daun sirih juga banyak digunakan kicaumania untuk mengatasi masalah kutu yang menginfeksi tubuh burung. Caranya adalah merebus beberapa lembat daun sirih dalam panci berisi 1 liter air. Setelah warna air mulai berubah, angkat lalu biarkan hingga dingin. Setelah itu, air rebusan daun sirih kemudian disaring dengan saringan dan digunakan sebagai air mandi burung dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer.

air rebusan daun sirih
gambar air rebusan daun sirih

3.       Memanfaatkan daun lidah buaya

Daun lidah buaya juga bisa loh digunakan untuk mengatasi masalah kutu yang menginfeksi tubuh burung. Lidah buaya mengandung jeli / gel yang bisa membantu menguransi rasa gatal / iritasi penyebab burung mencabuti bulunya sendiri. Jel itu juga bisa membantu mengusir kutu yang membandel.

Daun lidah buaya dikumpulkan lalu dipotong dalam ukuran kecil, setelah itu diblender sampai menjadi bubur. Setelah dicampur dengan sedikit air, lalu saring dengan menggunakan saringan, dan air hasil saringan itu yang digunakan untuk memandikan burung.

daun lidah buaya
gambar daun lidah buaya

Itulah 3 cara alami hilangkan kutu membandel di burung piaraan anda dirumah, semoga bermanfaat. Jangan tunda melakukan perawatan saat menemukan perilaku yang aneh pada burung piaraan anda agar kutu tidak semakin berkembang.