Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memotong Ring Pada Kaki Burung Yang Tepat dan Aman

 cara memotong ring burung

Duniahobiku.com - Ring yang terdapat di kaki burung peliharaan adalah untuk tujuan identifikasi dari burung tersebut terutama buat para peternak burung, bahkan tak sedikit penggemar burung yang menganggap bahwa memelihara burung dengan ring telah menunjukkan kualitasnya sebagai seorang kicaumania yang peduli kelestarian alam. Namun tidak selamanya ring harus digunakan terus oleh burung, karena suatu waktu kita terpaksa harus melepasnya ketika diperlukan. Lalu bagaimana cara memotong ring dari kaki burung tersebut? Artikel kali ini akan membahas tentang teknik melepaskan ring pada kaki burung.

Tehnik Memasang Ring Pada Burung Usia 10 Hari

Memasang ring pada kaki burung dilakukan ketika burung tersebut masih berusia 5-12 hari, pada usia yang masih piyikan tersebut kaki burung masih lemas dan tidak kaku sehingga memudahkan kita dalam memasang ring pengenalnya. Namun setelah burung berusia dewasa dan muncul gangguan pada kakinya, misalnya kaki yang membengkak atau tumbuh sisik di kakinya maka mau tak mau kita dengan terpaksa harus melepaskan ring tersebut sebelum menjadi masalah dikemudian hari.

Ring yang dipaksakan untuk terus terpasang ketika ada perubahan pada kaki burung (besar, bengkak atau bersisik) maka akan terjadi kelainan atau cacat pada kaki burung tersebut, dalam beberapa kasus kaki burung akan terluka lalu terkena infeksi sehingga burung akan enggan menggunakan kakinya lantaran merasa sakit.

Memotong ring yang ada di kaki burung pun tidak dilakukan secara sembarangan, karena bisa membuat burung stress lantaran kakinya yang terluka akibat dipaksakan memotong ring tersebut dengan asal-asalan. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai cara-cara memotong ring pada kaki burung dengan tepat.

Sebelum memotong ring tersebut, ada baiknya kita memeriksa terlebih dahulu ring yang digunakannya. Ada beberapa jenis ring yang selama ini digunakan para penangkar burung yaitu closed ring (ring biasa) dan open ring (ring yang dipasang pada burung dewasa). Dengan mengetahui jenis ring yang digunakan, maka kita bisa menggunakan alat yang tepat untuk melepas ring dari kaki burung.

tang khusus pemotong ring kaki burung
gambar tang khusus pemotong ring kaki burung

Para penangkar burung biasanya menggunakan peralatan khusus yang digunakan untuk memotong ring, terutama untuk ring jenis closed ring atau ring biasa. Peralatan tersebut berbentuk seperti gunting/tang dengan bagian kepala yang tajam yang digunakan untuk memotong ring yang terbuat dari bahan besi atau logam.

Peralatan tersebut adalah Ring Cutter, dan biasanya bisa didapatkan di toko-toko perlengkapan burung yang lengkap atau bisa juga membeli secara online.

pemotongan ring pada kaki burung
gambar pemotongan ring pada kaki burung

Ring Cutter Atau Tang Khusus Untuk Memotong Ring Burung

Kalau tidak memiliki peralatan tersebut tetapi kita harus melepaskan ring dari kaki burung, maka kita bisa memanfaatkan kikir untuk memotongnya. Tapi sebelumnya kaki burung dilindungi dahulu dengan membalutnya menggunakan tisu atau tensoplas dengan cara ring ditarik ke atas (dekat paha) lalu tisu atau tensoplas mulai dibalutkan pada kaki burung, setelah itu ring diturunkan kembali untuk dipotong.

Pemotongan ring menggunakan kikir dilakukan dalam posisi vertikal, pada saat itu burung dipegang dengan posisi yang bisa memudahkan kita menggesekan kikir pada ringnya.

Perlu diperhatikan agar pada waktu proses pemotongan tersebut sebaiknya tidak dilakukan terus menerus atau istirahat dahulu selama beberapa menit, karena pemotongan yang terus menerus akan membuat ring menjadi panas akibat gesekan dan bisa menyakiti burung. Alternatif lain adalah meneteskan air pada ring tersebut untuk mencegah timbulnya panas akibat gesekan kikir dengan ringnya.

pemotongan ring burung dengan kikir
gambar pemotongan ring burung dengan kikir

Setelah ring terpotong sebagian, anda bisa menggunakan peralatan khusus untuk mencongkel ring dari kaki burung.

Namun jika anda tidak memiliki peralatan tersebut, maka proses pemotongan bisa dilanjutkan pada sisi berlawanan dari ring yang sudah terpotong tadi. Silakan ulangi lagi sampai ring bisa dilepaskan dengan sempurna.

Pemotongan menggunakan kikir sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati dan butuh konsentrasi tinggi. Karena bergeser sedikit saja kaki burung bisa tergores. Lakukan dengan santai dan tenang tidak perlu terburu-buru agar hasilnya lebih sempurna dan burung tidak mudah stress.

Setelah cincin terlepas, kaki burung di cuci dan dibersihkan dengan air hangat lalu diolesi dengan minyak untuk mencegah infeksi dari luka yang bisa saja terjadi akibat serpihan logam yang melukai kakinya.

Semoga artikel tentang cara memotong ring burung dapat bermanfaat.  Penggunaan ring burung akan memudahkan kita mengetahui asal usul suatu burung dan kualitas dari induk dan anakan burung kicau.