Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Teh Kombucha Yang Benar Untuk Mengusir Berbagai Penyakit

 cara membuat teh kombucha yang benar

Duniahobiku.com - Jika anda penikmat teh sepertinya anda perlu mencoba teh Kombucha. Kombucha bukan sembarang teh seperti yang sering kita minum saat pagi hari. Teh ini tidak hanya menyegarkan namun mampu mengusir baragam penyakit. Kombucha sering dikonsumsi karena potensi manfaat kesehatannya seperti menurunkan hipertensi, mengurangi masalah persendian, termasuk pencernaan yang lebih baik, peningkatan energi, dan peningkatan fungsi kekebalan tubuh. Artikel kali ini akan mengulas tentang cara membuat teh Kombucha yang benar sehingga anda bisa membuatnya sendiri dirumah.

Sejarah Singkat Tentang Kombucha

Kombucha berasal dari kata kombu dan cha. Kata kombu berasal dari nama seorang tabib dari korea dan cha dapat diartikan sebagai teh. Pada kurun waktu 414 SM tabib Kombu pernah menyembuhkan seorang kaisar Jepang yang bernama Inkyo dari gangguan pencernaan kronis. Kombu lantas menganjurkan kepada pasiennya untuk rutin mengkomsumsi air teh yang dicampur “jamur” Setelah itu ternyata sang kaisar sembuh dari penyakitnya. Sebagai penghargaan kepada tabib atas jasanya, kaisar memberi nama Kombucha pada ramuan yang dia komsumsi sebagai terapi pengobatan. Kombucha sering digunakan sebagai terapi di berbagai negara Asia

Cara Membuat Teh Kombucha Yang Benar

Kombucha adalah jenis teh fermentasi yang dibuat dengan menambahkan budaya simbiosis bakteri dan ragi (SCOBY) ke dalam teh manis. Jamur Kombucha sendiri bukan jamur asli, Kombucha merupakan koloni dari hasil simbiosis antara ragi dan berbagai bakteri yang dikenal dengan sebutan SCOBBY. Scobby merupakan singkatan dari symbiotic colony of bacteries and yeast.  SCOBY mengkonsumsi gula dalam teh dan menghasilkan sejumlah senyawa bermanfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh, termasuk asam asetat, yang memberi Kombucha rasa asam khasnya. Beberapa orang juga menikmati Kombucha karena rasanya yang unik dan sedikit berbuih.

Untuk membuat Kombucha, Anda akan membutuhkan beberapa bahan-bahan dan peralatan, termasuk:

Seikat teh hijau atau hitam

Gula pasir sekitar 10% dari air seduhan

Kultur Kombucha (SCOBY)

Segelas air matang

Mangkuk besar atau botol kaca

Kain kasa

Pita atau karet elastis

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Kombucha:

Didihkan segelas air dan masukkan seikat teh. Biarkan teh menyeduh selama 5-10 menit, lalu angkat dan sisihkan.

Setelah teh sudah dingin, tuangkan ke dalam mangkuk atau botol kaca besar. Wadah ini dianggap paling baik sebagai media penyimpanan ”Kombucha” dibandingkan wadah lainnya.

Tambahkan gula pasir ke dalam teh dan aduk hingga tercampur rata.

Tambahkan kultur Kombucha ke dalam mangkuk atau botol dan aduk hingga tercampur rata.

Tutup mangkuk atau botol dengan kain kasa dan ikat dengan pita atau karet elastis.

Letakkan mangkuk atau botol di tempat yang hangat dan terlindung dari cahaya matahari langsung.

Biarkan Kombucha berproses selama 7-10 hari, atau sampai rasa dan teksturnya sesuai dengan selera Anda.

Setelah Kombucha sudah siap, siramkan ke dalam gelas dan sajikan dengan es batu. Anda juga bisa menambahkan buah atau rempah-rempah untuk memberi rasa.

Sebagai catatan, penting untuk memastikan bahwa peralatan yang Anda gunakan untuk membuat Kombucha bersih dan tidak terkontaminasi. Jika Anda tidak yakin tentang cara membuat Kombucha, disarankan untuk mencari bantuan dari sumber terpercaya atau mengikuti resep yang telah terbukti aman.

cara membuat teh kombucha
gambar cara membuat teh kombucha

Kapan Panen Teh Kombucha

Umumnya, teh Kombucha siap dipanen setelah 7-10 hari fermentasi. Namun, waktu fermentasi yang tepat bergantung pada selera Anda terhadap rasa dan tekstur teh Kombucha. Jika Anda ingin teh Kombucha yang lebih asam, maka Anda dapat menunggu lebih lama sebelum mengambilnya. Jika Anda ingin teh Kombucha yang lebih manis, maka Anda dapat mengambilnya setelah waktu fermentasi yang lebih singkat.

Manfaat Teh Kombucha

Teh Kombucha dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk:

1.    Mengurangi risiko penyakit jantung:

Teh Kombucha mengandung asam amino yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

2.    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teh Kombucha mengandung banyak probiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu mencegah infeksi dan penyakit. Berdasarkan pengalaman, mereka yang rutin meminum teh Kombucha tidak mudah terserang demam, batuk, pilek atau masuk angin. Peningkatan daya tahan tubuh juga dirasakan oleh orang dewasa dan usia lanjut.

3.    Mengurangi peradangan

Teh Kombucha mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh, sehingga dapat membantu meringankan gejala penyakit seperti arthritis dan asma. Kombucha mengandung zat mirip parasetamol yang membuat efek analgesic (anti nyeri) pada penderita nyeri sendi.

4.       Kombucha untuk asam lambung

Teh Kombucha mengandung asam lambung yang dapat membantu mengatasi kembung dan perut kembung.

5.       Menurunkan tekanan darah tinggi

Teh Kombucha mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Rutin meminum Kombucha ternyata juga berkhasiat bagi penderita susah tidur.

Meskipun teh Kombucha memiliki banyak manfaat kesehatan, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang cocok mengonsumsi teh ini. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau mengonsumsi obat-obatan, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi teh Kombucha.

Harga Minuman Kombucha

Harga minuman Kombucha bervariasi tergantung pada tempat dan merek yang Anda beli. Namun, umumnya, Anda dapat membeli minuman Kombucha di toko kelontong atau toko kesehatan dengan harga sekitar Rp25.000-Rp50.000 per botol. Anda juga bisa membeli bahan-bahan dan membuat sendiri minuman Kombucha di rumah, yang akan lebih murah daripada membeli yang sudah jadi. Teh Kombucha bisa bertahan selama 6 bulan jika diletakkan dalam lemari pendingin. Pada suhu ruang minuman Kombucha hanya mampu bertahan selama 7 hari.

minuman teh kombucha
gambar minuman teh kombucha

Waktu Terbaik Minum Kombucha

Kapan sebaiknya minum teh Kombucha? Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh beberapa orang saat pertama kali ingin meminum teh Kombucha. Waktu terbaik untuk minum Kombucha tergantung pada kebutuhan kesehatan Anda dan preferensi pribadi. Beberapa orang menyukai minum Kombucha sebagai pengganti kopi atau teh pagi hari, sementara yang lain lebih suka minum Kombucha sebagai minuman sehat sebelum atau sesudah makan. Namun, secara umum, disarankan untuk minum Kombucha pada waktu siang hari atau sore hari, karena ini adalah waktu ketika tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi dan energi.

Khasiat Kombucha akan terasa saat kita meminumnya secara teratur. Dosis yang dianjurkan sekira 2 gelas perhari atau sekitar 400-600 ml. Namun bagi yang belum terbiasa cukup meminum 3x100 ml/hari. Dalam waktu sekitar 2-4 minggu anda sudah bisa merasakan khasiat teh Kombucha. Untuk mendapatkan hasil maksimal teh ini sebaiknya diminum dalam keadaan perut kosong. Bagi penderita maag disarankan untuk minum sesudah makan atau mencampur Kombucha dengan air putih.

Jika Anda ingin mengonsumsi Kombucha untuk tujuan kesehatan tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat.

Efek samping Meminum Kombucha

Beberapa orang yang baru pertama meminum teh Kombucha mungkin mengalami sindrom detoksifikasi seperti pusing, diare, badan terasa panas dan berkeringat. Hal ini terjadi karena tubuh sedang mengeluarkan toksin-toksin atau racun dari dalam tubuh. Kondisi ini normal dan baik. Untuk awal sebaiknya minum teh Kombucha dalam dosis kecil (50-100 ml) kemudian jumlahnya bisa ditingkatkan secara bertahap. Meminum air putih sangat dianjurkan untuk membantu memperlancar proses pembuangan toksin. Namun bagi penderita alergi teh dan ibu yang sedang hamil muda teh Kombucha tidak dianjurkan.

Semoga artikel tentang Cara Membuat Teh Kombucha Yang Benar dapat bermanfaat dan membantu anda menyiapkan minum sehat untuk anda dan keluarga.