Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membersihkan Kandang Kelinci Agar Steril dan Tidak Bau

 

cara membersihkan kandang kelinci

Duniahobiku.com - Supaya kandang kelinci tidak jadi sarang bibit penyakit dan mengeluarkan aroma tidak sedap kandang harus dibersihkan secara teratur. Kandang yang kotor akan membuat kelinci mudah terserang penyakit. Tentunya anda berharap kelinci kesayangan anda selalu sehat dan lincah. Artikel kali ini akan mengulas tentang bagaimana cara membersihkan kandang kelinci agar bersih dan tidak bau.

Manfaat Membersihkan Kandang Kelinci

Membersihkan kandang kelinci secara teratur adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan kelinci anda. Ada beberapa manfaat penting dari membersihkan kandang kelinci secara teratur, antara lain:

Mencegah penyakit: Membersihkan kandang kelinci secara teratur akan membantu mengurangi risiko penyakit pada kelinci anda, terutama jika anda membersihkan kandang dengan benar dan menggunakan produk pembersih yang sesuai.

Menjaga kebersihan: Membersihkan kandang kelinci secara teratur akan membantu menjaga kebersihan kandang dan membuat lingkungan hidup kelinci anda lebih sehat.

Mencegah bau tidak sedap: Membersihkan kandang kelinci secara teratur akan membantu mencegah bau tidak sedap yang disebabkan oleh sisa makanan, kotoran, atau urin dari kelinci.

Menjaga kenyamanan kelinci: Membersihkan kandang kelinci secara teratur akan membantu menjaga kenyamanan kelinci anda dan memberikan tempat yang sehat dan nyaman untuk mereka hidup.

Menjaga kesehatan kelinci: Membersihkan kandang kelinci secara teratur akan membantu menjaga kesehatan kelinci anda dan mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor.

Cara Membersihkan Kandang kelinci

Kandang kelinci harus dibersihkan setidaknya satu kali dalam seminggu. Namun, jika anda memiliki banyak kelinci atau kandang kelinci yang besar, anda mungkin perlu membersihkan kandang tersebut lebih sering. Selain itu, jika kelinci anda mudah terserang penyakit atau memiliki kondisi kesehatan yang kurang baik, anda mungkin perlu membersihkan kandang kelinci lebih sering untuk menjaga kebersihan dan mengurangi risiko penyakit. Minimal dua hari sekali agar kotoran dan urin kelinci tidak menumpuk. Membersihkan kandang kelinci tidak boleh asal siram saja ada hal-hal yang harus diperhatikan saat membersihkan kandang kelinci. Berikut langkah-langkah dalam membersihkan kandang kelinci :

1.     Siapkan Larutan Pembersih

Siapkan larutan pembersih atau desifektan yang aman untuk hewan. Untuk membersihkan kandang kelinci, anda bisa menggunakan larutan air dan sabun yang lembut. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh sabun cair atau sabun cuci piring yang lembut dengan 1 liter air hangat. Campurkan larutan tersebut dan gunakan untuk menyapu permukaan kandang kelinci. Setelah itu, bilas kandang dengan air bersih dan keringkan dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan produk pembersih atau desifektan untuk membersihkan kandang. Pastikan untuk membaca label produk tersebut dan mematuhi petunjuk penggunaan yang diberikan. Umumnya pelarutan desifektan yang disarankan adalah 1:10 (misalnya 10 ml desifektan dilarutkan dalam 1 liter air bersih). Jangan menggunakan produk pembersih yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kelinci anda, seperti amonia atau bleach.

Selain itu, anda bisa menggunakan larutan air dan bahan alami seperti lemon atau white vinegar untuk membersihkan kandang kelinci. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh lemon atau white vinegar dengan 1 liter air hangat, lalu gunakan untuk menyapu permukaan kandang kelinci.

2.    Keluarkan Kelinci Dari Kandang

Sebelum disemprot dengan larutan pembersih kelinci dikeluarkan terlebih dahulu dari kandang. Kelinci mungkin akan merasa tidak nyaman atau terganggu saat anda membersihkan kandang, terutama jika anda menggunakan produk pembersih yang berbau kuat atau bahan-bahan kimia lainnya. Pastikan juga untuk membuat tempat yang aman dan nyaman untuk kelinci anda sementara anda membersihkan kandang.

3.    Mencuci Kandang

Seteleh kelinci dikeluarkan dan diamankan sementara kandang siap dibersihkan secara total. Bersihkan semua sisa makanan, sampah, tempat pakan dan minum dan kotoran yang ada di dalam kandang dengan menggunakan sikat atau spatula. Utamakan tempat yang biasa digunakan kelinci untuk pup dan pipis karena tempat itu bisa jadi sumber penyakit. Pastikan tidak ada sisa makanan atau kotoran didalam kandang. Setelah itu, bersihkan permukaan kandang dengan air dan sabun atau produk pembersih yang telah anda siapkan sebelumnya. Bilas kandang dengan air bersih setelah itu dan keringkan dengan baik.

4.    Semprotkan Desifektan

Desinfektan adalah zat atau produk yang digunakan untuk membunuh atau menghilangkan kuman, bakteri, dan mikroorganisme lainnya yang dapat menyebabkan penyakit. Desinfektan biasanya digunakan untuk membersihkan permukaan atau peralatan yang terkontaminasi dengan mikroorganisme patogen (penyebab penyakit atau kandang hewan peliharaan. Desifektan yang umum digunakan para pemilik hewan adalah Rodalan dan Antisep. Masukkan desifektan yang sudah dilarutkan dengan air bersih kedalam alat semprot (sprayer) lalu semprotkan secara merata ke semua bagian kandang. Jika dirasa perlu lakukan penyemprotan berulang kebagian pup dan pipis kelinci agar lebih steril.

5.    Menjemur Kandang

Setelah kandang disemprot desifektan biarkan kandang terkena angin dan taruh kandang dibawah sinar matahari langsung. Saat mencuci kandang sebaiknya dilakukan dipagi hari saat cuaca sedang cerah agar kandnag lebih cepat kering. Bila cuaca mendung pengeringan bisa dibantu dengan mengelap bagian kandang yang basah dan disemprot dengan kipas angin, hair dryer atau hot gun. Setelah kandang benar-benar kering kelinci bisa dimasukkan kembali kedalam kandang.

Semoga artikel tentang cara membersihkan kandang kelinci dapat bermanfaat buat anda semua. Kandang yang bersih akan membuat kelinci menjadi lebih sehat dan terhindari dari berbagai penyakit yang sering menyerang kelinci.