Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mancing Ikan Wader Di Sungai Biar Dapat Banyak

 cara mancing ikan wader

Duniahobiku.com - Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sering kita temukan di sungai, danau, rawa, waduk dan bahkan saluran air/selokan dipinggiran sawah. Bentuknya menyerupai ikan tawes dan ikan emas kecil namun ukurannya hanya sekitar 10-17 cm saja. Ikan ini termasuk ikan yang rakus sehingga sangat cocok bagi pemancing pemula yang tidak sabaran menunggu hasil pancingan. Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mancing ikan wader dan umpan apa saja yang digunakan.

Ikan wader memiliki banyak nama daerah seperti ikan lunjar pari, ikan bada, ikan paray dan ikan pantau. Ikan ini diperkirakan ada sekitar 100 jenis dan tersebar di seluruh dunia dalam beberapa kelompok genus. Meskipun bentuknya kecil namun rasa dagingnya gurih dan lezat sehingga sering olahan makanan lezat. Untuk menikmati teksturnya yang kriuk dan gurih kita bisa memesannya di market place atau pasar tradisional. Namun jika ingin memancingnya sendiri tentunya akan lebih seru sekaligus mengisi waktu luang.

Cara Memancing Ikan Wader Di Sungai

Tehnik dan cara memancing ikan wader sebenarnya sangat sederhana, intinya jika umpan pancing anda sudah dimakan ikan wader maka jangan berpindah-pindah tempat karena sudah dipastikan di sana akan banyak ikan wader lainnya karena pada dasarnya habitat ikan wader hidup bergerombol. Meskipun ikan ini mudah berkembang namun belum banyak yang tertarik untuk budidayaikan wader. Umumnya mereka lebih menyukai memancingnya di sungai atau rawa. Berikut beberapa langkah/cara mancing ikan wader :

1.  Siapkan Perlengkapan Pancing

Tehnik pertama untuk memancing ikan wader adalah anda harus mempersiapkan alat memancingnya berupa joran dan alat lainnya namun tanpa menggunakan pelampung, pilihlah joran yang ujungnya kecil agar saat umpan dimakan ikan wader akan mudah terlihat. Joran tegek cocok diterapkan saat mancing ikan wader karena lebih praktis. Namun menggunakan joran reel juga boleh selama mata pancing yang digunakan berukuran kecil agar ikan wader mudah tertangkap pancing.

2.  Siapkan Umpan Ikan Wader

Untuk umpan jitu ikan wader anda bisa menggunakan 4 jenis umpan yaitu :

Dengan menggunakan roti basah yang dikasih sedikit air, lalu ditumbuk dengan tambahan daun ketela muda hingga halus dan dirasa lengket. Setelah itu buat bulatan kecil sebagai umpan.

Menggunakan gandum dengan tambahan air sedikit dan garam atau penyedap rasa, kemudian jadikan menjadi adonan digoreng seperti bakwan, tetapi jangan terlalu berminyak dan jangan terlalu matang.

Tempe yang diulek dengan mi instan kemudian diberi bumbu penyedap rasa, setelah itu beri sedikit minyak goreng. Lalu buat seperti adonan kue. Bentuk umpan sesuai keinginan dan umpan siap digunakan.

Bukan hanya tempe yang bisa digunakan sebagai umpan ikan wader, tahu pun bisa di gunakan. Tahu yang akan digunakan terlebih dahulu ditaruh keatas kertas koran agar bisa menyerap air yang ada dalam tahu. Setelah tahu mulai agak kering umpan siap digunakan. Caranya sangat mudah tinggal ambil sedikit tahu lalu kaitkan ke mata kail dan lemparkan ke spot yang potensial.

3. Siapkan Daun Ketela

Siapkan juga daun ketela yang diikat, fungsinya saat disungai nanti daun ketela tersebut kita lempar untuk supaya ikan wader berkumpul. Teknik ini banyak digunakan pemancing agar ikan berkumpul di satu tempat. Ada banyak “bom ikan” yang bisa digunakan seperti nasi, roti, pakan ikan, dll tergantung jenis ikan target.

4. Pemilihan Spot Pemancingan

Untuk pemilihan tempat spot memancing ikan wader adalah cari tempat yang airnya jernih dan agak dalam. Kemudian ikat dan lempar daun ketela tadi di sungai yang tujuannya agar ikan wader berkumpul di daerah itu.

5.  Melempar Umpan Ke Spot

Langkah berikutnya anda tinggal lemparkan umpan yang anda buat tadi ke spot memancing dan tunggu hingga umpan disambar ikan wader. Ikan ini cukup mudah dipancing sehingga anda bisa memperoleh ikan yang cukup banyak walaupun ukurannya kecil-kecil. Apalagi jika waduk dan sungai memiliki ikan wader dalam jumlah berlimpah.

ikan wader
gambar ikan wader

Itulah Cara Memancing Ikan Wader Di Sungai Dan Umpan Jitunya, semoga bisa membantu anda para pemancing ikan yang sedang mencari informasi tentang Cara Memancing Ikan Wader agar bisa mendapatkan hasil lebih banyak.