Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Vlog, Hobinya Anak Jaman Sekarang

 membuat vlog

Duniahobiku.com - Pada tahu dong apa itu vlog? Vlog adalah singkatan dari kata video blog yang artinya membuat blog melalui video dan diupload ke youtube. Waw, menarik bukan? Memang belum banyak yang membuat vlog karena membutuhkan alat pendukung seperti kamera, laptop dan kuota interet untuk mengupload ke youtube. Tapi jika kalian ingin mencoba bisa menggunakan handphone sebagai alat untuk latihan, jika kalian sudah mendapatkan feelnya baru deh mulai dengan kamera atau handycam agar terlihat lebih professional kaya di tv gitu.

Apa aja sih yang dibahas dalam vlog

Banyaaak, kalian bisa membuat skenario seperti sinetron, komedi, tutorial, tips & triks, jurnal harian atau menjadi reporter kuliner bersama teman sepermainan. Pokoknya kegiatan ini seru banget jika kalian bisa membuat video blog dan dilihat banyak orang. Dan lebih senangnya lagi jika channel youtube kalian sudah mempunyai banyak subscriber, kalian siap-siap aja untuk menerima endorse dari berbagai ol’shop atau brand ternama. Terkadang ada juga tempat hiburan atau restoran meminta untuk diliput dengan memberikan diskon khusus sampai membebaskan biaya alias gratis. Maka jangan heran jika vlog masuk dalam kategori hobi paling menyenangkan.

You Tube adalah media bagi para Vlogger memposting videonya

Apa yang harus dilakukan agar vlog disukai orang?

Buatlah vlog senatural mungkin, namun sebelumnya kalian harus membuat tim vlog kalian. Dan pastikan tim kalian konsisten untuk membuat vlog, jangan sampai ditengah jalanan nanti ada yang tidak satu visi misi lagi. Wah, jangan sampai hal itu terjadi yah. Maka dari itu kalian harus menentukan siapa saja teman yang bisa diajak kerjasama dalam tim agar semua kompak. Jika kalian sudah membentuk tim, kalian harus membuat daftar list judul video yang akan dibuat. Video yang kalian buat juga harus mempunyai ciri khas sobat sebagai pembeda dari vlog yang sudah ada. Dan yang terpenting totalitas dalam membuat vlog harus diusahakan, selain itu dalam satu tim pastikan ada satu atau dua orang yang bisa mengedit video untuk menambahkan backsound, teks, atau animasi agar vlog kalian lebih menarik dan tidak kalah dari vlog yang sudah terkenal.

Berapa biaya yang dihabiskan untuk membuat sebuah vlog?

Untuk biaya tim, tidak bisa ditentukan, namun pastinya banyaknya biaya bisa kalian ukur dari segi kualitas vlog kalian. Jika kalian ingin membuat vlog dengan resolusi gambar seperti di tv, kalian harus siap merogoh kocek lebih dalam lagi karena kamera yang digunakan untuk mengambil gambar merupakan kamera khusus untuk membuat video yang sudah dilengkapi dengan microfone agar suara kalian lebih terdengar. Jika vlog kalian membahas tentang kuliner, kalian juga harus memperhitungkan budget untuk membeli makanan dan minumannya. Atau jika ingin berhemat, kalian bisa membuat vlog yang membahas kegiatan sehari-hari namun harus diperhatikan kegiatan yang kalian tampilkan tidak membuat orang bosan saat menontonnya.

Semakin bagus video kualitas dan materi video maka semakin tinggi juga jumlah viewers-nya

Intinya jika kegiatan vlog ini sudah menjadi hobi, pastinya kalian akan rela untuk menghabiskan uang jajan untuk menyalurkan hobi kalian, selagi bermanfaat untuk sesama dan positif kenapa tidak dilakukan sobat? Karena hasil tidak akan menghianati proses.