Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Teh Hijau Untuk Kanker, Tertarik mencobanya?

 manfaat teh hijau untuk kanker

Duniahobiku.com - Apa saja manfaat teh hijau untuk kanker? Teh hijau merupakan minuman favorit di berbagai negara Asia seperti Jepang, China, Taiwan, Thailand, dan beberapa bagian di Asia Tenggara.  Menurut beberapa penelitian masyarakat di negara  yang meminum teh hijau secara rutin memiliki resiko yang lebih kecil terhadap penyakit kanker.

Teh hijau merupakan salah satu jenis tanaman teh yang sudah digunakan sejak dulu oleh berbagai bangsa di dunia terutama China dan Jepang. Teh merupakan jenis minuman yang paling kuno dan paling populer diseluruh dunia. Ada 2 jenis yang paling terkenal di dunia yaitu teh hiijau dan teh hitam. Di Amerika Serikat dan negara Eropa teh hitam merupakan jenis teh yang umum dikonsumsi. lain halnya dengan teh hijau yang begitu populer di Jepang dan di China.

Masyarakat Jepang dan China memang menggunakan manfaat teh sebagai salah satu cara terapi penyembuhan penyakit yang mereka derita. Maka tidak heran jika banyak produk produk minuman yang terbuat dari teh berasal dari negeri tirai bambu dan negeri sakura tersebut.

Waktu Panen Teh

Teh terbuat dari daun tanaman yang bernama camellia sinensis. Teh hijau terbaik dipanen saat pagi hari antara jam 5 pagi hingga 10 pagi. Setelah dipanen daun teh mulai layu dan mengoksidasi. Selama oksidasi inilah bahan kimia dalam daun dipecah oleh enzim yang mengakibatkan perubahan warna pada daun dan aroma yang khas yang dimiliki oleh teh tersebut.

Proses ini dapat dihentikan dengan pemanasan yang menginaktivasi enzim. Jumlah oksidasi dan lainnya menentukan jenis teh yang dihasilkan. Secara umum tahapan pengolahan teh hijau terdiri atas pelayuan, penggulungan, pengeringan, sortasi dan grading serta pengemasan

Kandungan Teh Hijau

Teh sendiri memiliki kandungan seperti polifenol, alkaloid, asam amino, karbohidrat, protein, klorofil, senyawa organik volatil, flouride, alumunium, mineral dan elemen lainnya yang terdapat dalam teh. Kandungan polifenol merupakan sebuah zat kimia tanaman yang banyak dimiliki oleh teh termasuk teh hijau.

Begitu banyak proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada produk teh hijau. Bahan kimia yang ada didalam teh hijau seperti EGCG memiliki radikal bebas yang dapat melindungi sel dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh spesies oksigen reaktif. Epigallocatechin gallate atau disingkat sebagai ECGC merupakan senyawa tumbuhan yang terdapat di dalam teh hijau.

Polifenol dalam teh hijau juga dapat menghambat terjadinya tumor dan mampu melawan kanker dengan cara apoptosis yakni sel kanker bunuh diri dengan sendirinya sehingga sel kanker yang ada didalam tubuh menjadi hancur dan dapat menghambat penyebaran sel tersebut ke dalam seluruh tubuh.

Daun teh hijau memiliki kandungan bioaktif yang didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang bekerja sebagai penangkal radikal bebas dan menghambat segala jenis bakteri serta virus penyebab penyakit termasuk bakteri dan senyawa lain yang dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit kanker.

Kandungan teh hijau yang tinggi yakni polifenol juga berperan sebagai katekin yang bertanggung jawab untuk mengatasi masalah kesehatan. Kandungan katekin yang sangat tinggi dan banyak dalam teh hijau menjadikan teh hijau menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk dijadikan sebagai pengobatan untuk melawan kanker.  Teh hijau terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang paling tinggi diantara teh lainnya dengan kandungan katekin sebesar 10,04% dan epigalokatekin galat sebesar 3,28%.

Kandungan EGCG dalam teh hijau mampu menghentikan perkembangan sel sel kanker yang terbentuk didalam tubuh yang penyebarannya tidak bisa dikendalikan. Penyebaran sel kanker secara masif akan semakin berbahaya dan bisa membuat kondisi kesehatan  semakin memburuk bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kandungan EGCG dan antioksidan yang tinggi dalam teh hijau terbukti mampu untuk mencegah perkembangan sel kanker sehingga jika anda memiliki riwayat penyakit kanker dan ingin menuntaskannya secara alami anda bisa mengggunakan teh hijau sebagai terapi.

Kandungan antioksidan yang ada dalam teh hijau terbukti mencegah adanya kanker didalam tubuh dengan beberapa cara seperti :

Antioksidan bekerja secara efektif menurunkan kadar protein yang terbukti sangat dibutuhkan oleh sel kanker untuk pertumbuhannya sehingga sel kanker akan mati karena kekurangan protein dan akan berhenti berkembang.

EGCG juga mampu meningkatkan kadar protein yang penting lainnya untuk membuat sel kanker menjadi sulit untuk berkembang biak. Hal ini akan mencegah sel kanker berkembang lebih cepat.

Kandungan EGCG yang terdapat dalam teh hijau juga mampu mencegah pembentukan pembuluh darah baru pada tumor. Ketika pembuluh darah baru mulai terbentuk dan tumbuh dalam tumor atau dikenal dengan nama angiogenesis yang memungkinkan sel sel kanker untuk tumbuh lebih cepat dan menyebar ke area lain dan menyediakan nutrisi yang sangat dibutuhkan beserta oksigen.

Dengan kandungan inilah sel kanker dapat dicegah perkembangannya dan menghindari terjadi pembentukan pembuluh darah pada tumor yang menyebabkan menjadi lebih parah.

Itulah manfaat teh hijau untuk kanker yang terbukti mampu membunuh dan melawan sel kanker secara alami. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan meminum teh hijau secara teratur dengan dosis yang  tepat akan membuat tubuh anda semakin sehat dan prima.